Unik Wisata Pura Diatas Air Danau Beratan Bedugul Bali

Danau Beratan – merupakan sebuah lokasi wisata di Bali yang terletak di daerah puncak pegunungan, sejuknya udara di sekitar danau telah menjadi ciri khas keindahan alam di sekitar, lokasi taman wisata yang sangat luas dan air danaunya tenang mampu memberikan rasa nyaman pada setiap pengunjung.

Panorama alam di sekeliling danau sangat indah, seakan akan memperlihatkan bahwa Indonesia memiliki alam wisata yang patut di kagumi di dunia.

Pura di danau Beratan ini memiliki kisah bersejarah, dari pura Ulun Danu para pakar arkeologi data sejarah mengatakan bahwa pura tersebut masih berkaitan dengan kisah babad Mengwi, dalam babad Mengwi menjelaskan bahwa seorang pendiri kerajaan Mengwi adalah I Gusti Agung Putu telah mendirikan Pura di pinggir Danau Beratan yang kini dikenal sebagai Pura ulun Danu Beratan.

Sumber Gambar : Wikipedia

Pura Ulun Danu termasuk Pura terindah di Indonesia, dalam Lontar Babad Mengwi dikisahkan bahwa pendirian pura ini dilakukan sejak sebelum tahun 1556 Saka atau 1634 Masehi, atau sekitar satu tahun sebelum berdirinya Pura Taman Ayun, sebuah pura lain yang juga didirikan oleh I Gusti Agung Putu. Pendirian Pura Ulun Danu Beratan konon semakin membuat Kerajaan Mengwi dan rajanya lebih di hormati, sehingga I Gusti Agung Putu di juluki I Gusti Agung Sakti.

Satu hal yang unik disini yaitu letak sebuah Pura di tengah- tengah air. Pura ini merupakan salah satu tempat yang di sucikan di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Jika di tempuh dari Kuta kurang lebih berjarak 70 km. Bangunan pura dan stupa Budha di taman wisata Bedugul ini merupakan peninggalan bersejarah (jadi sangat kuno).

Danau beratan merupakan salah satu ikon Pulau Wisata Bali, seluruh Pura dan Stupa yang ada di Bali memang terawat dengan baik, baik dari keadaan fisiknya hingga lingkungan sekitarnya masih bersih dan tertata rapi, namun keindahan di danau beratan memiliki keunikan yang tidak kita temui di tempat wisata lain, adanya sebuah pura yang di yakini sebagai tempat suci ini berada di atas air danau.

Kawasan Wisata Bedugul merupakan kawasan wisata populer di Bali, perjalanan menuju Bedugul terlihat amat menyenangkan, sepanjang perjalanan dipenuhi keindahan alam pegunungan dengan jalan tanjakan dan berliku, kita bisa menikmati pemandangan kebun sayur dan lembah yang indah sepanjang di perjalanan.

Pura Ulun Danu merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu yang di yakini sebagai Dewi pemberi kesuburan, di sini sering dilakukan kegiatan unik & syakral yaitu prosesi upacara keagamaan. Jika sedang berlibur ke Bedugul Bali sebaiknya sempatkan untuk singgah di Kebun Raya Bedugul.

Artikel By : wisataterbaik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

14 − 6 =