Wisata Candi Cangkuang dan kampung Pulo Garut

Posted on

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo adalah dua destinasi wisata yang terletak di Garut, Jawa Barat, yang menawarkan pesona sejarah dan budaya yang kental. Wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga kekayaan budaya dan sejarah yang menarik untuk dijelajahi. Candi Cangkuang merupakan sebuah candi Hindu yang diperkirakan dibangun pada abad ke-8, sementara Kampung Pulo adalah sebuah desa adat yang masih mempertahankan tradisi dan budaya leluhur hingga saat ini.

Candi Cangkuang berada di tengah danau yang dikelilingi oleh pemandangan pegunungan yang memukau. Keberadaan candi ini pertama kali ditemukan oleh arkeolog Belanda pada tahun 1966. Candi ini menjadi salah satu peninggalan sejarah yang penting karena merupakan satu-satunya candi Hindu di tatar Sunda yang masih tersisa.

Di sisi lain, Kampung Pulo adalah sebuah komunitas kecil yang terdiri dari enam rumah dan satu mushola. Meskipun kecil, kampung ini memiliki daya tarik tersendiri karena masyarakatnya masih memegang teguh tradisi yang diturunkan dari nenek moyang mereka. Setiap rumah di Kampung Pulo dihuni oleh satu keluarga yang semuanya adalah keturunan dari pendiri kampung tersebut.

Lokasi Wisata

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau dari pusat kota Garut, sekitar 17 kilometer ke arah utara. Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini dapat menggunakan berbagai jenis transportasi, baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Untuk mencapai Candi Cangkuang, wisatawan harus menyeberangi Situ Cangkuang dengan menggunakan rakit bambu yang sudah disediakan oleh pengelola wisata. Perjalanan menyeberangi danau ini memberikan pengalaman yang unik dan menambah keseruan tersendiri bagi para pengunjung.

Kampung Pulo sendiri terletak tidak jauh dari Candi Cangkuang. Setelah menyeberangi danau, pengunjung hanya perlu berjalan kaki beberapa menit untuk mencapai kampung adat ini. Meskipun jaraknya dekat, perjalanan menuju Kampung Pulo menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang segar, sehingga perjalanan singkat ini menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Jam Buka Wisata

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo dibuka setiap hari untuk umum, termasuk hari libur nasional. Jam operasionalnya adalah mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Waktu buka yang panjang ini memberikan fleksibilitas bagi wisatawan untuk merencanakan kunjungan mereka sesuai dengan jadwal masing-masing.

Penting untuk dicatat bahwa waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi hari atau sore hari. Selain cuacanya yang lebih sejuk, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pemandangan dengan pencahayaan alami yang sempurna. Jika datang pada siang hari, pastikan untuk membawa perlengkapan pelindung seperti topi dan sunblock karena sinar matahari bisa cukup terik.

Selain itu, selama bulan-bulan tertentu, terutama saat liburan sekolah dan akhir pekan, tempat ini bisa sangat ramai oleh pengunjung. Oleh karena itu, disarankan untuk datang lebih awal untuk menghindari keramaian dan menikmati suasana dengan lebih tenang.

Tiket Masuk Wisata

Untuk menikmati keindahan Candi Cangkuang dan Kampung Pulo, wisatawan dikenakan biaya tiket masuk. Tiket masuk untuk dewasa adalah Rp20.000, sementara untuk anak-anak adalah Rp10.000. Tiket ini sudah termasuk biaya menyeberangi danau dengan rakit.

Selain tiket masuk, ada beberapa biaya tambahan yang mungkin perlu diperhatikan. Misalnya, biaya parkir kendaraan yang bervariasi tergantung jenis kendaraan. Untuk sepeda motor, biaya parkir sekitar Rp5.000, sedangkan untuk mobil sekitar Rp10.000. Jika menggunakan jasa pemandu wisata lokal, biasanya dikenakan biaya tambahan sekitar Rp50.000 hingga Rp100.000 tergantung dari panjangnya tur dan jumlah peserta.

Harga tiket dan biaya tambahan ini relatif terjangkau mengingat pengalaman dan keindahan yang ditawarkan oleh tempat ini. Dana yang terkumpul dari tiket masuk juga digunakan untuk pemeliharaan dan konservasi situs, sehingga membantu menjaga keindahan dan kelestarian Candi Cangkuang dan Kampung Pulo.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di Candi Cangkuang dan Kampung Pulo cukup memadai untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas utama yang dapat dinikmati:

  1. Area Parkir Area parkir yang luas dan aman tersedia bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Area parkir ini terletak tidak jauh dari pintu masuk utama, sehingga memudahkan akses menuju lokasi wisata.
  2. Rakit Bambu Untuk menyeberangi Situ Cangkuang, tersedia rakit bambu yang dikelola dengan baik. Rakit ini dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan seperti jaket pelampung, sehingga menjamin keamanan pengunjung selama menyeberangi danau.
  3. Pemandu Wisata Bagi wisatawan yang ingin mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai sejarah dan budaya tempat ini, tersedia jasa pemandu wisata lokal. Pemandu ini sangat berpengetahuan dan ramah, siap menjelaskan dengan rinci setiap aspek dari Candi Cangkuang dan Kampung Pulo.
  4. Warung dan Kios Souvenir Di sekitar area wisata, terdapat warung yang menjual makanan dan minuman ringan. Selain itu, ada juga kios souvenir yang menawarkan berbagai oleh-oleh khas Garut seperti dodol, kerajinan tangan, dan lain-lain.
  5. Toilet Umum Fasilitas toilet umum yang bersih dan terawat tersedia di beberapa titik di sekitar lokasi wisata. Toilet ini mudah diakses dan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.
  6. Area Istirahat Terdapat area istirahat yang dilengkapi dengan bangku dan meja di sekitar lokasi wisata. Area ini cocok untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan sekitar.
  7. Informasi dan Pusat Layanan Pengunjung Di pintu masuk utama, terdapat pusat informasi yang siap memberikan berbagai informasi yang diperlukan oleh pengunjung. Di sini juga terdapat layanan medis darurat yang siap membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  8. Tempat Ibadah Bagi pengunjung yang ingin beribadah, tersedia mushola yang terawat dengan baik. Mushola ini terletak di dekat area parkir dan mudah diakses oleh pengunjung.
  9. Aksesibilitas untuk Penyandang Disabilitas Beberapa fasilitas di Candi Cangkuang dan Kampung Pulo dirancang untuk memudahkan akses bagi penyandang disabilitas. Terdapat jalur khusus dan bantuan bagi mereka yang membutuhkan.

Dengan fasilitas yang lengkap ini, pengunjung dapat menikmati liburan dengan nyaman dan aman di Candi Cangkuang dan Kampung Pulo.

Ragam Wahana dan Aktivitas Wisata yang Disediakan

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di tempat ini:

  1. Menjelajahi Candi Cangkuang Wisatawan dapat menjelajahi Candi Cangkuang dan mempelajari sejarah serta arsitektur candi ini. Terdapat berbagai relief dan patung yang menceritakan kisah-kisah dari masa lampau yang menarik untuk disimak.
  2. Menyeberangi Situ Cangkuang Menyeberangi danau dengan rakit bambu adalah salah satu daya tarik utama di sini. Pengalaman ini tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi juga memberikan sensasi tersendiri yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.
  3. Mengunjungi Kampung Pulo Di Kampung Pulo, wisatawan dapat melihat langsung kehidupan masyarakat adat yang masih mempertahankan tradisi leluhur mereka. Pengunjung dapat belajar tentang adat istiadat, tata cara hidup, dan berbagai upacara adat yang masih dijalankan hingga saat ini.
  4. Fotografi Tempat ini menawarkan banyak spot fotografi yang indah, mulai dari pemandangan danau dan pegunungan, hingga arsitektur candi dan rumah adat di Kampung Pulo. Pengunjung dapat mengabadikan momen-momen indah selama berada di sini.
  5. Berinteraksi dengan Penduduk Lokal Wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan penduduk lokal yang ramah dan terbuka. Interaksi ini memberikan kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.
  6. Berbelanja Oleh-oleh Di kios souvenir, wisatawan dapat membeli berbagai oleh-oleh khas Garut. Ini termasuk dodol, kerajinan tangan, dan produk-produk lokal lainnya yang unik dan menarik.
  7. Mencicipi Kuliner Lokal Di warung-warung sekitar area wisata, pengunjung dapat mencicipi berbagai kuliner lokal yang lezat. Beberapa makanan yang populer antara lain nasi liwet, pepes ikan, dan aneka jajanan tradisional.
  8. Menikmati Pemandangan Alam Selain situs sejarah dan budaya, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam di sekitar Candi Cangkuang dan Kampung Pulo. Pemandangan pegunungan, danau, dan alam sekitar yang hijau memberikan suasana yang menenangkan dan menyegarkan.
  9. Mengikuti Acara Adat Jika beruntung, wisatawan dapat menyaksikan atau bahkan ikut serta dalam berbagai acara adat yang digelar di Kampung Pulo. Acara-acara ini biasanya diadakan pada hari-hari tertentu dan memberikan pengalaman budaya yang tak terlupakan.

Dengan berbagai aktivitas menarik ini, Candi Cangkuang dan Kampung Pulo menjadi destinasi wisata yang menawarkan pengalaman yang kaya dan beragam bagi setiap pengunjung.

Penginapan yang Tersedia / Alternatif Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Candi Cangkuang dan Kampung Pulo, tersedia berbagai pilihan penginapan di sekitar area wisata. Berikut adalah beberapa opsi penginapan yang bisa dipertimbangkan:

  1. Homestay Lokal Beberapa penduduk setempat menawarkan homestay yang nyaman dan terjangkau. Menginap di homestay memberikan kesempatan untuk lebih dekat dengan budaya lokal dan merasakan suasana kampung yang autentik.
  2. Hotel dan Penginapan di Garut Di pusat kota Garut, terdapat banyak pilihan hotel dan penginapan dengan berbagai kelas dan fasilitas. Beberapa hotel yang populer antara lain Hotel Santika Garut, Kamojang Green Hotel, dan Favehotel Cimanuk Garut. Hotel-hotel ini menawarkan kenyamanan modern dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, restoran, dan layanan kamar.
  3. Villa dan Resort Bagi yang mencari penginapan dengan nuansa alam yang lebih tenang, villa dan resort di sekitar Garut bisa menjadi pilihan. Villa dan resort ini biasanya menawarkan pemandangan alam yang indah dan suasana yang lebih privat. Contohnya adalah Kampung Sumber Alam Resort dan Mulih Ka Desa Resort.
  4. Guest House Guest house merupakan alternatif penginapan yang nyaman dan terjangkau. Beberapa guest house di Garut menawarkan kamar yang bersih dan pelayanan yang ramah. Contoh guest house yang bisa dipilih adalah Banyu Alam Guest House dan Sabda Alam Guest House.
  5. Camping Ground Bagi yang menyukai petualangan dan ingin lebih dekat dengan alam, camping ground di sekitar Garut bisa menjadi pilihan. Wisatawan dapat mendirikan tenda dan menikmati suasana alam yang asri. Beberapa tempat camping ground juga menyediakan fasilitas dasar seperti toilet dan area untuk memasak.

Dengan berbagai pilihan penginapan ini, wisatawan dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Penginapan yang beragam ini memastikan setiap pengunjung dapat menikmati liburan dengan nyaman dan menyenangkan.

Indahannya Wisata Memikat Hati Wisatawan

Keindahan wisata Candi Cangkuang dan Kampung Pulo mampu memikat hati setiap wisatawan yang berkunjung. Berikut adalah beberapa aspek yang membuat tempat ini begitu memukau:

  1. Pemandangan Alam yang Menakjubkan Candi Cangkuang terletak di tengah danau yang dikelilingi oleh pegunungan dan hutan hijau. Pemandangan ini memberikan suasana yang tenang dan damai. Udara yang segar dan suara alam yang menenangkan membuat setiap pengunjung merasa rileks dan terbebas dari hiruk-pikuk kehidupan kota.
  2. Nilai Sejarah yang Tinggi Candi Cangkuang adalah salah satu peninggalan sejarah yang berharga dari masa lalu. Dengan arsitektur yang indah dan relief yang penuh cerita, candi ini menawarkan perjalanan kembali ke masa lalu yang penuh dengan keajaiban dan misteri. Wisatawan dapat belajar tentang sejarah dan kebudayaan Hindu di Jawa Barat melalui candi ini.
  3. Keunikan Budaya Kampung Pulo Kampung Pulo adalah contoh sempurna dari komunitas adat yang masih mempertahankan tradisi leluhur. Masyarakat di sini hidup dengan aturan-aturan adat yang ketat, yang mencakup segala aspek kehidupan sehari-hari mereka. Melihat langsung bagaimana mereka menjalani hidup sesuai dengan tradisi kuno memberikan pengalaman budaya yang sangat berharga.
  4. Aktivitas Wisata yang Beragam Selain menikmati pemandangan dan belajar sejarah, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seru di Candi Cangkuang dan Kampung Pulo. Mulai dari menyeberangi danau dengan rakit bambu, berinteraksi dengan penduduk lokal, hingga mencicipi kuliner tradisional. Setiap aktivitas ini menambah keseruan dan keunikan liburan di tempat ini.
  5. Keramahan Penduduk Lokal Salah satu hal yang membuat wisata di Candi Cangkuang dan Kampung Pulo begitu istimewa adalah keramahan penduduk lokal. Mereka selalu siap menyambut dan membantu wisatawan dengan senyum dan keramahan. Interaksi dengan penduduk lokal memberikan sentuhan personal yang membuat kunjungan menjadi lebih hangat dan berkesan.
  6. Spot Fotografi yang Menawan Dengan latar belakang pegunungan, danau, dan arsitektur candi serta rumah adat, tempat ini menawarkan banyak spot fotografi yang indah. Wisatawan dapat mengabadikan momen-momen berharga dengan latar belakang yang menakjubkan, menciptakan kenangan yang tak terlupakan.
  7. Ketenangan dan Kedamaian Suasana di Candi Cangkuang dan Kampung Pulo sangat tenang dan damai. Jauh dari kebisingan kota, tempat ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk benar-benar bersantai dan menikmati ketenangan alam. Banyak pengunjung merasa kembali segar dan bersemangat setelah menghabiskan waktu di sini.

Dengan semua keindahan dan keunikan yang ditawarkan, tidak heran jika Candi Cangkuang dan Kampung Pulo menjadi destinasi wisata yang memikat hati banyak orang. Setiap aspek dari tempat ini, mulai dari pemandangan alam, nilai sejarah, budaya, hingga keramahan penduduk lokal, membuatnya menjadi tempat yang sangat istimewa dan layak untuk dikunjungi.

Kesimpulan

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo di Garut, Jawa Barat, adalah destinasi wisata yang menawarkan kombinasi sempurna antara keindahan alam, sejarah, dan budaya. Dari arsitektur candi yang megah dan pemandangan alam yang memukau, hingga kehidupan masyarakat adat yang unik dan tradisional, tempat ini memberikan pengalaman yang kaya dan beragam bagi setiap pengunjung.

Dengan fasilitas yang lengkap dan berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan, Candi Cangkuang dan Kampung Pulo menjadi pilihan ideal bagi mereka yang mencari liburan yang penuh dengan petualangan dan pengetahuan. Keindahan dan keunikan tempat ini tidak hanya memikat hati para wisatawan, tetapi juga meninggalkan kesan yang mendalam dan tak terlupakan.

Bagi siapa saja yang merencanakan perjalanan ke Garut, mengunjungi Candi Cangkuang dan Kampung Pulo adalah sebuah keharusan. Tempat ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan, tetapi juga membuka jendela ke masa lalu dan kehidupan tradisional yang kaya akan nilai dan kebijaksanaan. Dengan semua keistimewaan ini, Candi Cangkuang dan Kampung Pulo benar-benar merupakan permata tersembunyi di Garut yang menunggu untuk dijelajahi dan dihargai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − three =