Tarian Sebagai Sambutan Selamat Datang di Pulau Dewata

Untuk menyambut kedatangan para tamu dan undangan mereka sebagai tuan rumah sangat antusias, para penari cantik dengan ekspresi penuh pesona yang di hiasi dengan taburan bunga bunga wangi. Tari pendet namanya, sebuah tarian yang digunakan pada acara ibadah di pura di tujukan sebagai penyambutan terhadap dewa yang turun ke dunia.

Tari ini merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di saat ibadah, konon di kisahkan tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius.

Sumber Gambar : Wikipedia

Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara, yang berbeda dengan tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, dewasa maupun gadis.

Tarian ini diajarkan sekedar dengan mengikuti gerakan dan jarang dilakukan di banjar-banjar, para gadis muda mengikuti gerakan dari para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik.

Seni tari ini memiliki pola gerak yang lebih dinamis daripada seni tari yang lainnya. Jika kita sedang berkunjung ke pulau dewata, jangan lupa untuk nonton atau mencoba untuk ikut latihan tarian model ini, karena sangat mengesankan.

Artikel By : Wisataterbaik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 1 =