Taman Purbakala Pugung Raharjo di Lampung Timur, Kaya Akan Peninggalan Sejarah

Tak hanya soal wisata pantai, air terjun maupun wisata alam, Lampung juga memiliki situs peninggalan masa lampau yang sangat berharga, yakni Taman Purbakala Pugung Raharjo. Cocok untuk tujuan study tour anak-anak didik Anda. Kenalkan mereka dengan berbagai peninggalan pra sejarah di situs ini.

Di situs Taman Purbakala Pugung Raharjo di Lampung Timur ini Anda akan temui berbagai peninggalan zaman purbakala. Sejak dari zaman megalitik, klasik, sampai peninggalan zaman Islam Nusantara zaman dahulu. Dalam komplek situs ini Anda akan disuguhi berbagai peninggalan seperti arca, punden berundak, batu mayat, altar batu, menhir, batu berlubang. Juga ada koleksi batu dan keramik yang berasal dari zaman dinasti Han, Dinasti Sung dan Dinasti Ming. Karena sarat dengna sejarah, maka lokasi wisata Lampung satu ini sangat direkomendasikan Anda jadikan tujuan wisata belajar anak-anak didik. Agar mereka mengenal benda-benda prasejarah tersebut.

Sumber Gambar : Wisataterbaik.com

Situs peninggalan purbakala ini lokasinya berada di desa Pugungraharjo, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Lokasi ini berada pada ketinggian 80 m dari permukaan laut. Lokasi ini lumayan jauh dari pusat Kota Bandar Lampung.

Dari Bandar Lampung jaraknya sekitar 44 Km, sedang dari Bakauheni jaraknya 97 Km, sedangkan dari Bandara Raden Intan II, jaraknya sekitar 38 Km. Jadi bagi Anda dari Jawa, disarankan memilih transportasi udara agar lebih cepat sampai ke situs ini.

Dari Bandar Lampung untuk dapat ke Pugung Raharjo sebenarnya sangat mudah. Anda bisa memilih dua jalur, yaitu melalui Jalan Tirtayasa ataupun melalui Kota Metro. Perjalanan melalui Jl. Tirtayasa dilanjutkan dengan menempuh Jalan Ir. Sutami untuk kemudian menuju arah Bandar Sribawono. Jalur kedua melalui Kota Metro tidak disarankan karena memutar dan lebih jauh.

Sementara itu jika Anda dari Bandara Raden Intan II, maka bisa menempuh Jalan Hayam Wuruk lalu ke Jalan Terusan Ryacudu kemudian beralih ke Jalan Ir. Sutami dan seterusnya sama dengan rute dari Bandar Lampung.

Sejarah dan Situs Penting Yang Ada di Taman Purbakala Pugung Raharjo

Situs Pugung Raharjo ini ditemukan pertama kali oleh penduduk transmigran setempat paa tahu 1957. Akhirnya 5 penebang yang menemukan situs tersebut, Barno, Raharjo, Sardi, Karjo dan Sawal melaporkan temuannya kepada Dinas Purbakala.

Pengungkapan tradisi megalitik di Sumatera sendiri sebenarnya telah jauh-jauh sebelumnya dilakukan oleh para pakar. Bahkan sejak sebelum Indonesia merdeka. Mereka antara lain Tombrink, Steinmetz, Ullman, Schnitger, Van der Hoop, dan Funke. Uniknya, Pugung Raharjo justru ditemukan oleh para transmigran ini, dan malah tidak dikenal oleh para peneliti tersebut. Selanjutnya penelitian terhadap situs Pugung Raharjo dilakukan oleh Lembaga Purbakala di bawah pimpinan Drs. Buchori.

Pada tahun 1973, bekerja sama dengan Pennsylvania Museum University, Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional melakukan pencatatan dan pendokumentasian kepurbakalaan Pugungraharjo dan hasilnya tertulis dalam Laporan Penelitian Sumatera.  Dari penelitian tersebut akhirnya disimpulkan bahwa kompleks megalitik Pugung Raharjo luasnya sekitar 25 ha.

Ada banyak benda bersejarah yang akan Anda lihat di situs ini. Misalnya yang menarik adalah adanya 13 punden berundak yang mirip pramida Mesir. Keunikan lainnya, di situs ini ditemukan peninggalan zaman megalitik (2500 SM), Hindu-Budha, hingga zaman Islam. Paling sedikit, ada 5 peninggalan penting yang harus Anda ketahui. Selebihnya Anda bisa berkunjung dan meminta bantuan petugas untuk menerangkannya.

Benteng Tanah di Taman Purbakala Pugung Raharjo di Lampung Timur.

Situs ini berupa gundukan tanah si bagian barat dan timur. Panjang benteng bagian barat 300 m, sedang benteng bagian timur panjangnya 1200 m. tinggi gungukan antar 2-3 meter. Di bagian bawah gundukan terdapat parit pertahanan sealam 3-5 meter. Ada jalan penghubung dengan bagian luar benteng di  beberapa bagiannya. Dalam area benteng ini kompleks batu mayat yang merupakan benda-bendar bersejarah. Antara lain batu altar, menhir dan sebuah batu bergores di sebidang tanah berbentuk bujur sangkar. Keunikan benteng ini adalah tidak tergenang air meskipun bentuknya adalah parit. Bahkan ketika banjir melanda sekitar situs ini beberapa tahun lalu, parit ini tidak tergenang banjir.Punden Berundak/Piramida Mini

Total ada 13 punden berundak di situs Pugung Raharjo. Punden terbesarnya ada di bagian timur dengan tiga undakan dan dikelilingi parit kecil. Di salah satu punden bagian timur yang berukuran 8×8 m inilah pernah ditemukan patung Bodhisatwa yang saat ini disimpan di Museum Situs Pugung Raharjo.

Batu berlubang di Taman Purbakala Pugung Raharjo di Lampung Timur.

Batu ini terletak di bagian timur situs, berlokasi dekat mata air. Batu ini terbuat dari batu kali yang berwarna hitam abu-abu. Terdapat empat lubang di bagian permukaannya. Total ada 19 batu berlubang di situs Pugung Raharjo ini.Kompleks Batu Kandang (Batu Mayat)

Kompleks Batu Mayat merupakan kumpulan batu besar yang tersusun berbentuk empat persegi dengan arah hadap timur dan barat. Di tengah kumpulan batu besar ini ada sebuah batu yang disebut dengan batu mayat.  Batu mayat ini berbentuk bulat panjang.  Pada kedua ujung batu terpahat relief phallus (lambang alat kelamin laki-laki).

Keramik yang tersebar di situs Pugung raharjo merupakan keramik sejak zaman abad ke-8 hingga 17 M. Adapun keramik asing yang ditemukan di situs ini berasal dari Dinasti Tang, Cing, Sung dan Ming. Hal itu membuktikan bahwa hubungan perdagangan dan pelayaran di abad 20 hingga abad 16 M sudah memasuki kawasan Way Sekampung.

Tarif Masuk ke Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo

Anda patut bersyukur bahwa tak ada tarif khusus yang dipatok untuk masuk lokasi situs ini. Seikhlasnya saja. Namun jika Anda menggunakan jasa guide atau meminta petugas untuk menemani dan menerangkan berbagai peninggalan yang Anda lihat, tentunya harus lebih besar dong trip seikhlasnya tersebut.

Demikianlah beberapa hal menarik dari Taman Purbakala Pugung Raharjo di Lampung Timur. Agendakanlah anak didik Anda untuk belajar sejarah sambil berwisata ke situs di Lampung Timur ini, agar mereka mengenal sejarah Lampung. Selamat berwisata!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × five =