Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Semeru, Ranu Kumbolo Yang Mempesona

Sekarang banyak wisatawan lokal dan asing datang berbondong – bondong untuk melihat atau hanya penasaran dengan keindahan gunung semeru tersebut. Gunung semeru merupakan gunung paling tertinggi di pulau jawa, dengan keindahan alam yang masih alami, menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh pencinta alam yang ingin mendaki gunung Mahameru yang mempesona.

Didalam perjalanan menuju gunung semuru, anda akan menjumpai sebuah danau yang sangat indah dan oleh masyarakat setempat memberinya nama dengan sebutan Danau Ranu Kumbolo, airnya yang bersih dan juga jernih dijadikan tempat transit para pendaki yang ingin menuju ke gunung semeru begitupun dari arah sebaliknya, air nya yang bersih itulah yang dijadikan para pendaki sebagai air minum dan juga dijadikan titik berkumpulnya para pendaki untuk mendirikan tenda dipinggiran danau yang sangat mempesona tersebut.

Danau Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau air tawar yang terletak diantara pegunungan tengger dan dilereng gunung semeru  yang masih kawasan kabupaten lumajang. Danau Ranu Kumbolo di Kaki Gunung Semeru ini memiliki luas sekitar 15 hektar ini terletak pada ketinggian 2.400 mdpl, ternyata danau ini sangat bermanfaat untuk para pendaki puncak gunung semeru, debit airnya yang tidak pernah kurang ini, tentu sangat berguna bagi pendaki yng ingin berkemah dipinggiran danau ranu kumbolo yang sangat eksotis.

Sumber Gambar : Wisataterbaik.com

Apalagi pada waktu malam hari suasana di Ranu Kumbolo sangat dingin, kabutnya yang tebal dan juga kita bisa melihat gugusan bintang bima sakti yang sangat indah dan menawan sekali. Jadi Anda harus membawa persediaan jaket bila tidak ingin kedingin disana dan perlengkapan lainnya.

Tapi tidak cuma disitu saja disebelah danau Ranu Kumbolo, ada sebuah bukit yang diberi nama Bukit Cinta, yang mitosnya, saat kita melewati tanjakan Bukit Cinta kita tidak boleh menoleh, kalau kita tidak ingin putus dengan orang kita sukai.

Nah ada beberapa larangan agar danau Ranu Kumbolo tetap terjaga kelestariannya, diantaranya :

  • Tidak boleh berenang di danau
  • Tidak boleh mencemari danau dengan bahan kimia, seperti sabun, shampo, dan bahan kimia lain
  • Tidak boleh buang air kecil ataupun besar di danau
  • Tidak boleh membuang sampah di sekitar danau
  • Sampah harus di bawa turun kembali
  • Dan lain-lain

Dan untuk mencapai ke Ranu Kumbolo para pendaki gunung semeru harus melalui jalan setapak dan Anda bisa beristirahat dibeberapa pos yang sudah disediakan oleh masyarakat setempat kurang lebih 4 pos tempat untuk beristirahat. Untuk pendaki gunung mahameru ada beberapa yang harus diperhatikan salah satunya adalah Identitas diri.

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi dipulau jawa, dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl. Dan dinginnya bisa mencapai 5 derajat celcius pada waktu malam hari jika cuacanya cerah, tapi lain lagi bila hujan, mungkin bisa mencapai minus cuacanya di Ranu Kumbolo.

Untuk para pendaki atau yang ingin bercamping di Ranu Kumbolo dibutuhkan persiapan ekstra, karena disekeliling kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini tertutup es contohnya saja tenda milik para pendaki  dan juga tumbuh-tumbuhan yang ada di ranu kumbolo. Maka sebelum berangkat melakukan pendakian ke gunung mahameru ada beberapa yang harus anda persiapkan seperti peralatan-peralatan jaket tebal, terutama yang tahan air, juga kaos kaki, sarung tangan, kerpus / penutup kepala dan telinga, dan juga tidak lupa membawa sleeping bag dan juga tenda yang terbuat dari parasit yang sewaktu waktu ingin bermalam didanau Ranu Kumbolo.

Akses Dan Persiapan Ke Ranu Kumbolo

Bagi para pendaki yang dari luar kota bagian timur yang ingin menuju ke Ranu Kumbolo anda bisa turun di terminal Probolinggo atau Lumajang dengan menaiki bus jurusan kencong atau ambulu dan turun di kota atau klojen, mengapa demikian? Karena anda dapat lebih cepat untuk ke Senduro.

Dari klojen anda naik angkot menuju ke senduro lalu anda bisa turun di pasar senduro. Di situ Anda bisa menyewa jeep hardtoop hingga pos Ranu pani desa terakhir di kaki semeru. Di sini terdapat pos pemeriksaan, terdapat juga warung dan pondok penginapan dengan tarif yang sangat terjangkau untuk kantong kita.

Satu lagi yang perlu anda ketahui bahwa pendaki harus melakukan registrasi dahulu sebelum mendaki di pos Ranu Pani. Hal ini dimaksudkan untuk keamanan dan juga tindakan penyelamatan jika terjadi sesuatu terhadap pendaki pada waktu di perjalanan menuju Gunung Mahameru seperti identitas diri seperti dibawah ini salah satunya adalah, Fottokopi KTP 3 buah dan Surat keterangan Sehat dari Dokter.

Nah, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda yang punya keinginan untuk camping ke Ranu Kumbolo di Kaki Gunung Semeru. Happy travelling !!

Artikel By : wisataterbaik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 + 20 =