Fenomena Alam di Taman Wisata Nasional Danau Sentarum

Danau Sentarum – adalah sebuah kawasan wisata yang secara Nasional telah ditetapkan sebagai ekosistem lahan basah, meliputi hutan rawa air tawar dan hutan tropis di wilayah Kalimantan Barat, danau ini terletak di sebuah cekungan sungai Kapuas, tepatnya sekitar 700 km dari muara yang menuju laut Cina Selatan.

Sumber Gambar : Wikipedia

Pulau Kalimantan memang dikenal segabai wilayah yang masih sangat hijau, hutan yang masih lebat dan sungai sungai bersih telah menjadikan pemandangan indah yang senantiasa menghiasi daratan Pulau Borneo ini. Taman wisata nasional Danau Sentarum merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi di Kalimantan Barat.

Fenomena alam yang unik di Wisata Danau Sentarum ini adalah kawasan hutan di penuhi beberapa tumbuhan khas asli sentarum yaitu tembesu/ tengkawang, jelutung, ramin, meranti, keruing, dan kayu ulin. Sistem perairan dari danau air tawar dan hutan tergenang ini menjadikan Danau Sentarum tidak seperti danau-danau lainnya. Airnya bewarna hitam kemerah-merahan karena mengandung tannin yang berasal dari hutan gambut di sekitarnya.

Danau Sentarum sebagai danau musiman yang kaya potensi sumber daya alam, danau ini juga menjadi tempat pemukiman masyarakat dari berbagai suku di Kapuas Hulu, masyarakat yang tinggal di tempat ini berasal dari Suku Dayak Iban, Sontas, Punan, Sebaruk, dan beberapa suku lainnya

Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui tentang kawasan wisata Danau Sentarum ini, selain sebagai tempat wisata juga merupakan kawasan konservasi ekosistem sebagai daerah hamparan banjir  terluas di Indonesia. Jika anda seorang fotografer ataupun, petualang, atau wisatawan yang menyukai alam maka sudah selayaknya anda mencoba untuk berkunjung ke Danau Sentarum.

Sekilas tentang Taman Nasional Danau Sentarum yang mungkin anda jadikan sebagai tujuan berwisata.

Artikel by : wisataterbaik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × four =