Kebun Buah Mangunan Jogja, Pesona Indah Di Atas Awan

Posted on

Kebun Buah Mangunan di Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata yang memikat hati banyak orang. Terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, kebun ini dikenal dengan sebutan “Negeri di Atas Awan”. Pemandangan yang memukau dari ketinggian, udara segar, dan suasana alam yang menenangkan menjadikan Kebun Buah Mangunan sebagai tempat yang sempurna untuk melepas penat dari hiruk-pikuk kota.

Kebun Buah Mangunan Jogja

Kebun ini memiliki luas sekitar 23,341 hektar dan berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Hamparan kabut yang menyelimuti lembah sungai Oyo di pagi hari memberikan kesan seolah-olah Anda berada di atas awan, sebuah pengalaman yang sangat magis dan jarang ditemukan di tempat lain.

Di Kebun Buah Mangunan, Anda dapat menemukan berbagai jenis pohon buah, seperti durian, mangga, rambutan, dan jeruk. Kebun ini tidak hanya menjadi tempat wisata tetapi juga menjadi pusat edukasi bagi mereka yang tertarik dengan dunia pertanian dan hortikultura. Program edukasi yang diselenggarakan meliputi teknik budidaya tanaman, pemeliharaan tanaman buah, serta pengolahan hasil pertanian.

Kebun Buah Mangunan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang membuat kunjungan Anda semakin nyaman dan menyenangkan. Beberapa fasilitas tersebut antara lain area parkir yang luas, toilet bersih, tempat istirahat, serta warung makan yang menyediakan aneka kuliner khas Jogja. Selain itu, ada juga beberapa wahana dan aktivitas menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari berbagai usia.

Lokasi Wisata

Kebun Buah Mangunan terletak di Dusun Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Kebun Buah Mangunan adalah sekitar 25 kilometer, yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Untuk mencapai Kebun Buah Mangunan, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Rute yang paling umum digunakan adalah melalui Jalan Imogiri Timur atau Jalan Imogiri Barat. Jika Anda memilih rute melalui Jalan Imogiri Timur, Anda akan melewati Pasar Imogiri dan kemudian mengikuti petunjuk arah ke Kebun Buah Mangunan. Sedangkan jika melalui Jalan Imogiri Barat, Anda akan melewati Hutan Pinus Mangunan sebelum sampai di kebun buah ini.

Bagi Anda yang menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus atau angkutan umum menuju terminal Giwangan. Dari terminal ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau taksi online. Walaupun perjalanan dengan transportasi umum sedikit lebih rumit, pengalaman menikmati pemandangan selama perjalanan tentu akan menjadi pengalaman tersendiri yang tidak kalah menarik.

Jam Buka Wisata

Kebun Buah Mangunan dibuka setiap hari untuk umum, dengan jam operasional yang cukup fleksibel. Tempat ini mulai buka pada pukul 05.00 WIB dan tutup pada pukul 18.00 WIB. Waktu operasional yang panjang ini memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk menikmati keindahan alam Kebun Buah Mangunan dari pagi hingga sore hari.

Pagi hari adalah waktu yang sangat direkomendasikan untuk mengunjungi kebun ini, terutama bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit. Pemandangan dari atas bukit saat matahari terbit, dengan kabut yang menyelimuti lembah di bawahnya, merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengunjung. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang lebih awal untuk mendapatkan spot terbaik dan menikmati suasana pagi yang tenang dan damai.

Selain pagi hari, sore hari juga merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi Kebun Buah Mangunan. Saat matahari mulai terbenam, langit akan dihiasi dengan warna-warna indah yang menciptakan pemandangan yang spektakuler. Ini adalah waktu yang sempurna untuk bersantai, berfoto, atau sekadar menikmati suasana alam yang mempesona.

Tiket Masuk Wisata

Untuk memasuki area Kebun Buah Mangunan, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk. Harga tiket masuk ke Kebun Buah Mangunan sangat terjangkau, membuatnya menjadi destinasi wisata yang ramah di kantong. Berikut adalah rincian harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan:

  • Hari Biasa (Senin-Jumat): Rp 5.000 per orang
  • Akhir Pekan (Sabtu-Minggu) dan Hari Libur Nasional: Rp 10.000 per orang

Selain tiket masuk, ada juga biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp 2.000, sedangkan untuk mobil adalah Rp 5.000. Bagi pengunjung yang membawa bus atau kendaraan besar lainnya, biaya parkirnya adalah Rp 10.000.

Harga tiket dan biaya parkir yang terjangkau ini membuat Kebun Buah Mangunan menjadi destinasi yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Dengan membayar tiket masuk, pengunjung sudah dapat menikmati berbagai fasilitas dan pemandangan indah yang disediakan di dalam area kebun.

Fasilitas yang Tersedia

Kebun Buah Mangunan menyediakan berbagai fasilitas yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di Kebun Buah Mangunan:

  1. Area Parkir Luas: Tersedia area parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Area parkir ini berada di dekat pintu masuk utama, sehingga memudahkan akses bagi para pengunjung.
  2. Toilet Umum: Terdapat beberapa toilet umum yang tersebar di area kebun. Toilet-toilet ini dijaga kebersihannya dan dilengkapi dengan air bersih, sehingga pengunjung dapat menggunakannya dengan nyaman.
  3. Tempat Istirahat: Di berbagai sudut kebun, terdapat tempat istirahat berupa gazebo atau bangku-bangku yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar.
  4. Warung Makan dan Kafe: Untuk memenuhi kebutuhan kuliner para pengunjung, di area kebun terdapat beberapa warung makan dan kafe yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Menu yang disajikan bervariasi, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, serta minuman segar.
  5. Pusat Informasi: Di pintu masuk utama, terdapat pusat informasi yang siap memberikan informasi lengkap tentang Kebun Buah Mangunan. Pengunjung dapat mendapatkan peta lokasi, informasi tentang jenis-jenis buah yang ada di kebun, serta jadwal kegiatan edukasi dan wisata.
  6. Spot Foto: Kebun Buah Mangunan menyediakan berbagai spot foto yang instagramable. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah, kebun buah yang rapi, serta berbagai instalasi seni yang menarik.
  7. Area Piknik: Tersedia area piknik yang dilengkapi dengan meja dan kursi, sehingga pengunjung dapat menikmati makanan yang mereka bawa sambil menikmati keindahan alam sekitar.
  8. Taman Bermain Anak: Untuk pengunjung yang membawa anak-anak, Kebun Buah Mangunan menyediakan taman bermain yang aman dan menyenangkan. Taman bermain ini dilengkapi dengan berbagai permainan seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit.
  9. Jalur Trekking: Bagi pengunjung yang suka berpetualang, terdapat jalur trekking yang dapat dijelajahi. Jalur ini membawa pengunjung melintasi berbagai area kebun dan menawarkan pemandangan yang memukau sepanjang perjalanan.
  10. Pusat Oleh-Oleh: Sebelum pulang, pengunjung dapat mampir ke pusat oleh-oleh yang menjual berbagai produk lokal, seperti buah segar, makanan olahan, serta kerajinan tangan.

Ragam Wahana dan Aktivitas Wisata yang Disediakan

Kebun Buah Mangunan menawarkan berbagai wahana dan aktivitas wisata yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Jalur Trekking dan Hiking: Kebun Buah Mangunan memiliki beberapa jalur trekking dan hiking yang dapat dijelajahi oleh pengunjung. Jalur-jalur ini dirancang untuk membawa pengunjung melintasi berbagai area kebun, dengan pemandangan yang indah dan udara yang segar. Aktivitas ini sangat cocok bagi mereka yang suka berpetualang dan menikmati alam.
  2. Spot Fotografi: Kebun Buah Mangunan terkenal dengan spot-spot fotonya yang instagramable. Salah satu spot yang paling populer adalah pemandangan dari puncak bukit saat matahari terbit atau terbenam. Selain itu, terdapat juga beberapa instalasi seni dan taman bunga yang menjadi latar belakang foto yang sempurna.
  3. Petik Buah: Salah satu aktivitas yang paling dinantikan oleh pengunjung adalah petik buah. Kebun Buah Mangunan menawarkan pengalaman petik buah langsung dari pohonnya, seperti durian, mangga, rambutan, dan jeruk. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan pengetahuan tentang cara budidaya dan pemeliharaan tanaman buah.
  4. Camping: Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam di alam terbuka, Kebun Buah Mangunan menyediakan area camping. Pengunjung dapat membawa peralatan camping sendiri atau menyewa peralatan yang disediakan oleh pengelola. Camping di sini memberikan pengalaman unik karena pengunjung dapat menikmati malam yang tenang di tengah alam serta pemandangan langit malam yang indah.
  5. Outbound dan Team Building: Kebun Buah Mangunan juga menawarkan berbagai aktivitas outbound dan team building yang cocok untuk grup atau perusahaan. Aktivitas ini meliputi permainan tali, flying fox, dan berbagai permainan kerjasama tim yang dirancang untuk mempererat hubungan antar anggota grup.
  6. Wisata Edukasi: Bagi pengunjung yang tertarik dengan dunia pertanian, Kebun Buah Mangunan menyediakan program wisata edukasi. Program ini meliputi kegiatan seperti belajar teknik budidaya tanaman, pemeliharaan tanaman buah, serta pengolahan hasil pertanian. Wisata edukasi ini sangat bermanfaat bagi pelajar, mahasiswa, atau siapa saja yang ingin menambah pengetahuan tentang hortikultura.
  7. Menikmati Kuliner Khas: Di Kebun Buah Mangunan, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Yogyakarta yang dijual di warung-warung makan. Beberapa makanan yang wajib dicoba antara lain gudeg, bakpia, dan wedang uwuh. Sambil menikmati makanan, pengunjung dapat bersantai di gazebo atau tempat istirahat yang tersedia.
  8. Taman Bermain Anak: Untuk pengunjung yang membawa anak-anak, Kebun Buah Mangunan menyediakan taman bermain yang dilengkapi dengan berbagai permainan seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Taman bermain ini dirancang agar anak-anak dapat bermain dengan aman dan nyaman.

Penginapan yang Tersedia / Alternatif Penginapan

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk menikmati keindahan Kebun Buah Mangunan, terdapat beberapa pilihan penginapan di sekitar area kebun. Berikut adalah beberapa pilihan penginapan yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Homestay Mangunan: Terdapat beberapa homestay yang dikelola oleh penduduk lokal di Desa Mangunan. Homestay ini menawarkan pengalaman menginap yang sederhana namun nyaman. Anda dapat merasakan suasana pedesaan yang asri dan berinteraksi langsung dengan penduduk setempat.
  2. Villa dan Guest House: Di sekitar Kebun Buah Mangunan, terdapat beberapa villa dan guest house yang menawarkan fasilitas yang lebih lengkap. Villa dan guest house ini biasanya dilengkapi dengan kamar tidur yang nyaman, dapur, ruang tamu, serta pemandangan alam yang indah. Beberapa villa juga memiliki kolam renang dan area barbeque yang dapat digunakan oleh tamu.
  3. Hotel di Bantul: Jika Anda mencari akomodasi dengan fasilitas yang lebih lengkap, Anda dapat memilih untuk menginap di hotel yang berada di Bantul. Hotel-hotel ini menawarkan berbagai tipe kamar, mulai dari yang standar hingga suite, serta fasilitas seperti restoran, kolam renang, dan layanan spa.
  4. Camping Ground: Bagi pengunjung yang suka dengan aktivitas outdoor, camping ground yang ada di Kebun Buah Mangunan dapat menjadi pilihan yang menarik. Anda dapat bermalam di tenda sambil menikmati suasana malam yang tenang di tengah alam. Camping ground ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti toilet, tempat mandi, dan area untuk memasak.
  5. Resort di Sekitar Imogiri: Di sekitar Imogiri, terdapat beberapa resort yang menawarkan pengalaman menginap yang mewah dengan fasilitas lengkap. Resort ini biasanya memiliki kamar-kamar yang luas, restoran dengan menu internasional, spa, serta aktivitas rekreasi seperti berkuda dan bersepeda.

Indahannya Wisata Memikat Hati Wisatawan

Kebun Buah Mangunan tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga berbagai pengalaman yang memikat hati wisatawan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Kebun Buah Mangunan menjadi destinasi wisata yang sangat mempesona:

  1. Pemandangan Alam yang Menakjubkan: Salah satu daya tarik utama Kebun Buah Mangunan adalah pemandangan alamnya yang menakjubkan. Dari puncak bukit, pengunjung dapat melihat hamparan hijau kebun buah, sungai Oyo yang berkelok-kelok, serta perbukitan yang memanjang di kejauhan. Pemandangan ini menjadi semakin indah saat matahari terbit atau terbenam, menciptakan suasana yang sangat romantis dan mempesona.
  2. Suasana yang Tenang dan Damai: Kebun Buah Mangunan menawarkan suasana yang tenang dan damai, jauh dari kebisingan kota. Udara yang segar dan lingkungan yang alami membuat tempat ini sangat cocok untuk melepaskan stres dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman.
  3. Spot Fotografi yang Instagramable: Kebun Buah Mangunan memiliki banyak spot foto yang sangat instagramable. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah, kebun buah yang rapi, serta instalasi seni yang menarik. Setiap sudut di kebun ini bisa menjadi latar belakang foto yang sempurna.
  4. Berbagai Aktivitas Menarik: Kebun Buah Mangunan menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Mulai dari trekking dan hiking, petik buah, camping, outbound, hingga wisata edukasi. Aktivitas-aktivitas ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan pengalaman yang berharga.
  5. Kuliner Khas yang Lezat: Di Kebun Buah Mangunan, pengunjung dapat menikmati berbagai kuliner khas Yogyakarta yang lezat. Warung-warung makan di area kebun menyajikan makanan yang menggugah selera, seperti gudeg, bakpia, dan wedang uwuh. Sambil menikmati makanan, pengunjung dapat bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah.
  6. Edukasi Pertanian: Kebun Buah Mangunan juga menjadi tempat yang ideal untuk belajar tentang pertanian dan hortikultura. Program wisata edukasi yang diselenggarakan memberikan pengetahuan tentang teknik budidaya tanaman, pemeliharaan tanaman buah, serta pengolahan hasil pertanian. Ini sangat bermanfaat bagi pelajar, mahasiswa, atau siapa saja yang tertarik dengan dunia pertanian.
  7. Keramahan Penduduk Lokal: Penduduk lokal di Desa Mangunan sangat ramah dan bersahabat. Mereka dengan senang hati menyambut pengunjung dan berbagi cerita serta pengetahuan tentang desa mereka. Keramahan penduduk lokal ini menambah kenyamanan dan kehangatan selama berkunjung ke Kebun Buah Mangunan.
  8. Lokasi Strategis dan Mudah Dijangkau: Kebun Buah Mangunan memiliki lokasi yang strategis dan mudah dijangkau dari pusat kota Yogyakarta. Jarak yang tidak terlalu jauh membuat tempat ini menjadi destinasi yang ideal untuk kunjungan sehari atau akhir pekan.
  9. Keanekaragaman Flora dan Fauna: Selain kebun buah, area di sekitar Kebun Buah Mangunan juga memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang menarik. Pengunjung dapat melihat berbagai jenis tanaman dan hewan yang hidup di habitat alami mereka. Ini menambah nilai edukatif dan estetika dari kunjungan ke kebun ini.
  10. Fasilitas Lengkap: Kebun Buah Mangunan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat kunjungan pengunjung semakin nyaman. Mulai dari area parkir yang luas, toilet bersih, tempat istirahat, warung makan, hingga pusat informasi. Semua fasilitas ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dan memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan.

Kesimpulan

Kebun Buah Mangunan Jogja adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa, berbagai aktivitas menarik, serta fasilitas yang lengkap. Dengan pemandangan yang memukau, suasana yang tenang, serta keramahan penduduk lokal, tempat ini menjadi pilihan yang sempurna untuk melepaskan penat dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman. Berbagai wahana dan aktivitas yang disediakan juga menjadikan Kebun Buah Mangunan sebagai tempat yang ideal untuk belajar dan berpetualang. Jika Anda berencana mengunjungi Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Kebun Buah Mangunan, pesona indah di atas awan yang akan memikat hati Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 4 =