Hits wisata kota Palembang

Posted on

Palembang, kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan, memiliki pesona wisata yang tak kalah menarik dari kota-kota besar lainnya di Indonesia. Dikenal sebagai Kota Pempek, Palembang menyimpan sejarah panjang sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya yang megah pada abad ke-7 hingga ke-13. Hal ini menjadikan Palembang kaya akan situs-situs sejarah dan budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Selain sejarahnya yang kental, Palembang juga memiliki kekayaan alam yang luar biasa, dengan sungai Musi yang membelah kota ini dan menjadi urat nadi kehidupan masyarakat setempat. Keindahan alam yang memukau ini dipadukan dengan beragam tempat wisata modern yang menjadikan Palembang destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Di Palembang, wisatawan bisa menemukan berbagai macam tempat wisata mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga wisata kuliner. Dengan infrastruktur yang terus berkembang, akses menuju tempat-tempat wisata di Palembang semakin mudah dijangkau. Untuk menjelajahi keindahan kota ini, wisatawan bisa memanfaatkan berbagai moda transportasi seperti bus, taksi, dan angkutan online yang siap mengantarkan ke berbagai destinasi menarik di Palembang.

Lokasi Wisata di Palembang

  1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi
    Terletak di pusat kota, Jembatan Ampera menjadi ikon kota Palembang yang menghubungkan Seberang Ilir dan Seberang Ulu yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Sungai Musi sendiri merupakan sungai terpanjang di Sumatera Selatan dengan panjang sekitar 750 km. Di sekitar Jembatan Ampera, terdapat berbagai restoran dan kafe yang menawarkan pemandangan sungai yang indah, terutama saat malam hari.
  2. Benteng Kuto Besak
    Benteng Kuto Besak adalah benteng peninggalan Kesultanan Palembang yang berdiri megah di tepi Sungai Musi. Benteng ini menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Palembang melawan penjajah. Di sekitar benteng, wisatawan bisa menikmati pemandangan sungai serta aktivitas masyarakat setempat.
  3. Masjid Agung Palembang
    Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I, atau lebih dikenal dengan Masjid Agung Palembang, merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia. Didirikan pada abad ke-18, masjid ini menggabungkan arsitektur lokal dengan gaya Eropa dan China, mencerminkan keberagaman budaya yang ada di Palembang.
  4. Pulau Kemaro
    Pulau Kemaro adalah sebuah delta di Sungai Musi yang terkenal dengan legenda cinta tragis antara putri Palembang dan pangeran China. Di pulau ini terdapat kelenteng Buddha dan pagoda setinggi sembilan lantai yang menjadi daya tarik utama. Pulau ini sering dijadikan lokasi perayaan Cap Go Meh setiap tahunnya.
  5. Taman Purbakala Sriwijaya
    Taman Purbakala Sriwijaya terletak di Karanganyar, Gandus, merupakan situs arkeologi yang menampilkan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Di sini, wisatawan bisa melihat replika candi, prasasti, serta berbagai artefak bersejarah yang menggambarkan kejayaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim terbesar di Asia Tenggara pada masanya.

Jam Buka Wisata di Palembang

Setiap tempat wisata di Palembang memiliki jam operasional yang berbeda-beda. Berikut adalah rincian jam buka beberapa tempat wisata populer di Palembang:

  1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi
    Karena merupakan infrastruktur umum, Jembatan Ampera dan kawasan sekitar Sungai Musi bisa dikunjungi kapan saja, baik siang maupun malam. Namun, untuk menikmati pemandangan terbaik, waktu terbaik adalah saat matahari terbenam dan malam hari ketika lampu-lampu di sekitar jembatan menyala.
  2. Benteng Kuto Besak
    Benteng Kuto Besak biasanya buka untuk umum mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari atau sore menjelang matahari terbenam untuk mendapatkan pemandangan yang lebih spektakuler.
  3. Masjid Agung Palembang
    Masjid Agung Palembang buka untuk umum mulai pukul 04.00 WIB untuk sholat subuh hingga pukul 21.00 WIB. Namun, waktu terbaik untuk berkunjung adalah di luar jam-jam sholat untuk menghindari keramaian dan mendapatkan kesempatan lebih luas untuk mengeksplorasi arsitektur masjid.
  4. Pulau Kemaro
    Pulau Kemaro bisa dikunjungi mulai pagi hingga sore hari, biasanya antara pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Untuk mengunjungi pulau ini, wisatawan harus menggunakan perahu dari dermaga di sekitar Sungai Musi.
  5. Taman Purbakala Sriwijaya
    Taman Purbakala Sriwijaya buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari saat cuaca masih sejuk dan belum terlalu ramai oleh pengunjung.

Tiket Masuk Wisata di Palembang

Harga tiket masuk untuk setiap tempat wisata di Palembang bervariasi. Berikut adalah rincian harga tiket masuk untuk beberapa tempat wisata populer:

  1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi
    Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi Jembatan Ampera dan kawasan sekitar Sungai Musi. Namun, jika ingin menikmati wisata perahu di Sungai Musi, biaya sewa perahu bervariasi mulai dari Rp50.000 hingga Rp150.000 per perahu tergantung jenis perahu dan durasi perjalanan.
  2. Benteng Kuto Besak
    Tiket masuk ke Benteng Kuto Besak biasanya dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per orang. Harga tiket bisa berubah tergantung pada event atau acara tertentu yang diadakan di area benteng.
  3. Masjid Agung Palembang
    Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi Masjid Agung Palembang. Wisatawan dapat masuk secara gratis, namun diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban selama berada di area masjid.
  4. Pulau Kemaro
    Tiket masuk ke Pulau Kemaro adalah gratis, namun biaya transportasi perahu menuju pulau bervariasi. Harga sewa perahu biasanya berkisar antara Rp50.000 hingga Rp100.000 per orang, tergantung dari jumlah penumpang dan jenis perahu yang digunakan.
  5. Taman Purbakala Sriwijaya
    Tiket masuk ke Taman Purbakala Sriwijaya dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang. Biaya ini digunakan untuk perawatan dan pengembangan situs bersejarah ini agar tetap terjaga keasliannya.

Fasilitas yang Tersedia di Tempat Wisata Palembang

Palembang menawarkan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan wisatawan selama berkunjung. Berikut adalah fasilitas yang tersedia di beberapa tempat wisata populer di Palembang:

  1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi
    • Restoran dan Kafe: Di sekitar Jembatan Ampera, terdapat banyak restoran dan kafe yang menawarkan berbagai menu makanan, mulai dari masakan lokal hingga internasional. Tempat-tempat ini menjadi lokasi ideal untuk menikmati pemandangan Sungai Musi sambil bersantap.
    • Dermaga Perahu: Dermaga di sekitar Sungai Musi menyediakan berbagai jenis perahu yang dapat disewa untuk berkeliling sungai. Terdapat pilihan perahu tradisional hingga modern dengan berbagai kapasitas penumpang.
    • Taman dan Area Rekreasi: Di sepanjang tepi Sungai Musi, terdapat taman dan area rekreasi yang dilengkapi dengan bangku, area bermain anak, dan jalur jogging. Tempat ini cocok untuk bersantai bersama keluarga dan teman.
  2. Benteng Kuto Besak
    • Museum dan Galeri: Di dalam benteng terdapat museum yang menampilkan berbagai koleksi bersejarah terkait Kesultanan Palembang dan perjuangan rakyat Palembang melawan penjajah. Galeri ini memberikan informasi mendetail tentang sejarah benteng dan peristiwa penting yang terjadi di sekitarnya.
    • Area Parkir: Benteng Kuto Besak menyediakan area parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan empat. Fasilitas parkir ini memudahkan wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi.
    • Pusat Informasi: Pusat informasi di sekitar benteng menyediakan berbagai informasi tentang sejarah benteng, peta kawasan, dan panduan wisata lainnya. Staf yang ramah siap membantu menjawab pertanyaan wisatawan.
  3. Masjid Agung Palembang
    • Perpustakaan dan Ruang Baca: Masjid Agung Palembang dilengkapi dengan perpustakaan dan ruang baca yang menyimpan berbagai koleksi buku agama Islam dan literatur lainnya. Tempat ini cocok bagi wisatawan yang ingin belajar lebih dalam tentang Islam dan sejarah masjid.
    • Tempat Wudhu dan Toilet: Fasilitas tempat wudhu dan toilet yang bersih dan nyaman tersedia di beberapa titik di sekitar masjid. Hal ini memudahkan jamaah dan wisatawan yang berkunjung.
    • Ruang Serbaguna: Masjid ini memiliki ruang serbaguna yang sering digunakan untuk berbagai acara keagamaan, seminar, dan kegiatan sosial. Wisatawan dapat mengikuti kegiatan yang diadakan di ruang ini.
  4. Pulau Kemaro
    • Kelenteng dan Pagoda: Di pulau ini terdapat kelenteng Buddha dan pagoda setinggi sembilan lantai yang menjadi daya tarik utama. Kelenteng ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk sembahyang dan kegiatan keagamaan.
    • Taman dan Area Piknik: Pulau Kemaro memiliki taman yang indah dan area piknik yang luas. Wisatawan dapat membawa bekal dan menikmati makan siang di bawah pepohonan yang rindang.
    • Fasilitas Perahu: Terdapat perahu yang siap mengantar dan menjemput wisatawan dari dermaga di Sungai Musi ke Pulau Kemaro. Fasilitas ini memudahkan akses ke pulau yang terletak di tengah sungai.
  5. Taman Purbakala Sriwijaya
    • Museum dan Pameran: Di taman ini terdapat museum yang menampilkan artefak-artefak peninggalan Kerajaan Sriwijaya, seperti prasasti, arca, dan benda-benda bersejarah lainnya. Pameran ini memberikan gambaran tentang kejayaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim terbesar.
    • Jalur Trekking dan Edukasi: Taman Purbakala Sriwijaya memiliki jalur trekking yang mengajak wisatawan untuk menjelajahi situs arkeologi dan menikmati keindahan alam sekitar. Terdapat juga papan informasi yang memberikan penjelasan tentang situs-situs yang dilewati.
    • Fasilitas Edukasi dan Workshop: Taman ini sering mengadakan kegiatan edukasi dan workshop tentang sejarah dan kebudayaan Sriwijaya. Wisatawan dapat mengikuti kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan pengalaman.

Ragam Wahana dan Aktivitas Wisata yang Disediakan

Beragam wahana dan aktivitas wisata yang tersedia di Palembang memberikan pengalaman yang unik dan menyenangkan bagi setiap pengunjung. Berikut adalah rincian mengenai berbagai wahana dan aktivitas wisata yang dapat dinikmati di kota ini:

  1. Wisata Sungai Musi
    • Perahu Wisata: Berkeliling Sungai Musi dengan perahu wisata adalah salah satu aktivitas favorit. Wisatawan dapat memilih perahu tradisional atau modern untuk menjelajahi keindahan sungai, menikmati pemandangan kota, dan mendengar cerita sejarah dari pemandu wisata.
    • Kuliner Terapung: Di beberapa titik di sepanjang Sungai Musi, terdapat restoran terapung yang menyajikan aneka kuliner lokal. Wisatawan dapat menikmati makanan khas Palembang seperti pempek, tekwan, dan model sambil menikmati suasana sungai.
    • Festival Sungai: Palembang sering mengadakan berbagai festival di Sungai Musi, seperti Festival Perahu Hias dan Lomba Dayung. Festival-festival ini menjadi daya tarik tersendiri dan memberikan pengalaman budaya yang unik.
  2. Wisata Sejarah di Benteng Kuto Besak
    • Tur Sejarah: Benteng Kuto Besak menawarkan tur sejarah yang mengajak wisatawan untuk menelusuri jejak perjuangan rakyat Palembang melawan penjajah. Tur ini dipandu oleh guide yang berpengetahuan luas tentang sejarah benteng dan kota Palembang.
    • Pameran Senjata Tradisional: Di dalam benteng terdapat pameran senjata tradisional yang digunakan oleh para pejuang Palembang. Wisatawan dapat melihat berbagai jenis senjata dan mempelajari teknik-teknik pertarungan yang digunakan pada masa itu.
    • Reenactment Perang: Kadang-kadang, benteng ini mengadakan pertunjukan reenactment perang yang menggambarkan pertempuran besar dalam sejarah Palembang. Pertunjukan ini sangat menarik dan edukatif.
  3. Aktivitas Religi di Masjid Agung Palembang
    • Tur Arsitektur: Masjid Agung Palembang menawarkan tur arsitektur yang menjelaskan detail-detail unik dari bangunan masjid. Wisatawan dapat mempelajari sejarah pembangunan masjid dan keunikan gaya arsitekturnya.
    • Kelas Al-Quran: Masjid ini sering mengadakan kelas-kelas Al-Quran bagi anak-anak dan dewasa. Wisatawan yang berminat dapat mengikuti kelas ini untuk memperdalam pengetahuan agama.
    • Festival Keagamaan: Masjid Agung Palembang sering menjadi pusat perayaan berbagai festival keagamaan seperti Maulid Nabi, Isra Mi’raj, dan Idul Fitri. Wisatawan dapat merasakan suasana religius dan kebersamaan dalam perayaan ini.
  4. Petualangan di Pulau Kemaro
    • Wisata Mistis: Pulau Kemaro terkenal dengan legenda cinta tragis yang mengelilinginya. Wisatawan dapat mengikuti tur wisata mistis yang mengisahkan cerita-cerita legenda dan kepercayaan masyarakat setempat.
    • Fotografi Alam: Dengan keindahan alam dan arsitektur pagoda yang megah, Pulau Kemaro menjadi tempat yang ideal untuk fotografi. Wisatawan dapat mengabadikan momen indah di berbagai sudut pulau.
    • Workshop Budaya: Pulau ini juga sering mengadakan workshop budaya, seperti pembuatan lampion dan seni kaligrafi China. Wisatawan dapat belajar dan membawa pulang hasil karya mereka sebagai kenang-kenangan.
  5. Edukasi dan Rekreasi di Taman Purbakala Sriwijaya
    • Eksplorasi Situs Arkeologi: Wisatawan dapat menjelajahi situs-situs arkeologi yang ada di taman ini. Dengan panduan dari pemandu wisata, mereka dapat mempelajari sejarah dan fungsi dari setiap situs yang ada.
    • Replika Kapal Sriwijaya: Taman ini memiliki replika kapal Sriwijaya yang digunakan untuk menjelajahi dan berdagang di masa lalu. Wisatawan dapat naik ke atas replika kapal dan mempelajari teknik navigasi kuno.
    • Pertunjukan Seni dan Budaya: Taman Purbakala Sriwijaya sering mengadakan pertunjukan seni dan budaya seperti tarian tradisional dan musik gamelan. Wisatawan dapat menikmati pertunjukan ini sambil belajar tentang kebudayaan lokal.

Penginapan yang Tersedia di Palembang

Palembang menawarkan berbagai pilihan penginapan yang sesuai dengan berbagai kebutuhan dan anggaran wisatawan. Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan di Palembang:

  1. Hotel Bintang Lima
    • Aryaduta Palembang: Hotel ini menawarkan fasilitas mewah dengan pemandangan kota yang menakjubkan. Lokasinya yang strategis di pusat kota memudahkan akses ke berbagai tempat wisata. Fasilitas yang tersedia meliputi kolam renang, spa, dan restoran internasional.
    • The Zuri Hotel Palembang: Hotel bintang lima yang modern ini menawarkan kenyamanan dengan fasilitas lengkap seperti gym, kolam renang rooftop, dan restoran dengan menu internasional. Lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan dan kuliner.
  2. Hotel Bintang Tiga
    • Hotel Santika Radial Palembang: Menyediakan kenyamanan dengan harga terjangkau, hotel ini dilengkapi dengan kolam renang, restoran, dan ruang pertemuan. Lokasinya yang strategis memudahkan akses ke tempat-tempat wisata utama di Palembang.
    • Beston Hotel Palembang: Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, spa, dan pusat kebugaran. Lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan dan kuliner.
  3. Penginapan Budget
    • Red Planet Palembang: Hotel budget ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan harga terjangkau. Fasilitas yang tersedia meliputi WiFi gratis, AC, dan layanan kamar. Lokasinya dekat dengan berbagai tempat makan dan transportasi umum.
    • Amaris Hotel Palembang: Menawarkan kamar-kamar sederhana dengan harga yang terjangkau, hotel ini dilengkapi dengan WiFi gratis, sarapan gratis, dan area parkir. Lokasinya yang strategis memudahkan akses ke berbagai destinasi wisata di Palembang.
  4. Guest House dan Homestay
    • Graha Sriwijaya Homestay: Menawarkan pengalaman menginap yang homey, homestay ini dilengkapi dengan fasilitas seperti dapur bersama, ruang tamu, dan area parkir. Lokasinya yang tenang membuatnya cocok untuk keluarga atau kelompok wisatawan.
    • De’Premium Guest House: Guest house ini menawarkan kamar-kamar nyaman dengan fasilitas seperti WiFi gratis, layanan kamar, dan sarapan gratis. Lokasinya yang strategis memudahkan akses ke berbagai tempat wisata dan kuliner di Palembang.

Indahnya Wisata Memikat Hati Wisatawan

Keindahan wisata Palembang mampu memikat hati wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Berikut adalah beberapa aspek yang membuat wisata di Palembang begitu memikat:

  1. Keindahan Alam
    • Panorama Sungai Musi: Sungai Musi menjadi daya tarik utama dengan panorama alam yang menakjubkan. Pemandangan matahari terbenam di sungai ini menjadi momen yang sangat dinanti oleh wisatawan. Ditambah dengan gemerlap lampu Jembatan Ampera pada malam hari, suasana romantis tercipta sempurna.
    • Pulau Kemaro: Pulau kecil ini menawarkan pemandangan yang eksotis dengan pagoda dan kelenteng yang megah. Keindahan alam pulau ini berpadu harmonis dengan keunikan budaya, menjadikannya destinasi yang tak terlupakan.
  2. Kekayaan Budaya dan Sejarah
    • Warisan Kerajaan Sriwijaya: Sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya yang pernah berjaya, Palembang memiliki banyak situs bersejarah yang menarik. Taman Purbakala Sriwijaya dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II menyimpan koleksi artefak yang memperkaya pengetahuan wisatawan tentang sejarah panjang kota ini.
    • Tradisi dan Festival: Berbagai festival budaya dan keagamaan di Palembang memberikan pengalaman unik bagi wisatawan. Festival Perahu Hias, Cap Go Meh di Pulau Kemaro, dan perayaan Hari Kemerdekaan di Benteng Kuto Besak adalah beberapa contoh acara yang menarik perhatian wisatawan.
  3. Wisata Kuliner
    • Pempek dan Kuliner Khas Palembang: Palembang terkenal dengan kuliner khasnya seperti pempek, tekwan, model, dan kue-kue tradisional. Wisatawan bisa menikmati berbagai makanan lezat di restoran dan warung makan yang tersebar di seluruh kota.
    • Wisata Kuliner Terapung: Menikmati makanan di restoran terapung di Sungai Musi memberikan pengalaman kuliner yang berbeda. Suasana sungai yang tenang dan pemandangan indah membuat makan menjadi lebih nikmat.
  4. Fasilitas dan Akomodasi yang Memadai
    • Fasilitas Wisata yang Lengkap: Palembang menyediakan fasilitas wisata yang lengkap dan memadai, mulai dari transportasi, penginapan, hingga pusat informasi wisata. Wisatawan dapat dengan mudah mengakses berbagai tempat wisata dan mendapatkan informasi yang diperlukan.
    • Penginapan yang Nyaman: Berbagai pilihan penginapan mulai dari hotel mewah hingga guest house membuat wisatawan dapat memilih akomodasi sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Pelayanan yang ramah dan fasilitas yang lengkap menjadikan pengalaman menginap lebih menyenangkan.
  5. Keramahan Penduduk Lokal
    • Sikap Ramah dan Bersahabat: Penduduk Palembang dikenal dengan keramahan dan sikap bersahabat terhadap wisatawan. Mereka selalu siap membantu dan memberikan informasi yang dibutuhkan dengan senyum dan sikap yang ramah.
    • Kehangatan Budaya Lokal: Wisatawan dapat merasakan kehangatan budaya lokal melalui interaksi dengan penduduk setempat. Belajar membuat pempek, mengikuti kelas tari tradisional, atau sekadar berbincang dengan penduduk lokal menambah nilai pengalaman wisata di Palembang.

Kesimpulan

Palembang adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam, kekayaan budaya, dan sejarah yang memikat. Dengan berbagai fasilitas yang memadai, akomodasi yang nyaman, serta keramahan penduduk lokal, kota ini siap menyambut wisatawan dengan tangan terbuka. Keunikan dan pesona Palembang tidak hanya terletak pada tempat-tempat wisatanya, tetapi juga pada pengalaman budaya dan kuliner yang ditawarkan. Dengan begitu banyak yang bisa dilihat dan dilakukan, tidak mengherankan jika Palembang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Mari berkunjung ke Palembang dan rasakan sendiri keindahannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + eighteen =