Air Terjun Kedung Kandang: Surga Tersembunyi di Desa Wisata Nglanggeran

Posted on

Air Terjun Kedung Kandang adalah salah satu permata tersembunyi di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Terletak di tengah persawahan yang hijau dan subur, air terjun ini menawarkan keindahan alam yang masih alami dan asri. Wisata ini cocok untuk Anda yang mencari ketenangan dan kedamaian, jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Dengan air terjun berundak yang memukau, Kedung Kandang menjadi destinasi yang harus dikunjungi bagi para pecinta alam dan petualang sejati.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun berundak yang terdiri dari enam tingkat. Air terjun ini terletak di kawasan Desa Wisata Nglanggeran, yang juga terkenal dengan Gunung Api Purba Nglanggeran. Kedung Kandang menyajikan pemandangan yang spektakuler, terutama saat musim hujan ketika debit air meningkat dan mengalir deras melalui setiap undakan, menciptakan panorama yang menakjubkan.

Air terjun ini berada di tengah sawah terasering yang subur, yang membuat pemandangan di sekitar air terjun semakin indah. Suara gemericik air yang jatuh, dipadu dengan kicauan burung dan semilir angin sawah, menciptakan suasana yang tenang dan damai. Pengunjung dapat merasakan kesejukan air terjun sambil menikmati keindahan alam sekitar yang masih sangat alami.

Lokasi Wisata dan Transportasi

Air Terjun Kedung Kandang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berikut adalah rincian lengkap tentang lokasi dan bagaimana cara menuju ke sana:

Lokasi

  • Alamat: Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
  • Koordinat GPS: -7.8321, 110.5321

Rute dan Transportasi

  1. Dari Yogyakarta Kota:
    • Mobil Pribadi/Motor: Perjalanan menuju Air Terjun Kedung Kandang dari pusat kota Yogyakarta memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak sekitar 30 km. Anda dapat mengikuti jalur Yogyakarta – Wonosari. Setelah sampai di pertigaan Patuk, ambil arah menuju Desa Nglanggeran.
    • Transportasi Umum: Anda dapat menggunakan bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta dengan tujuan Wonosari. Turun di pertigaan Patuk, kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek atau menyewa kendaraan menuju Desa Nglanggeran.
  2. Dari Wonosari:
    • Mobil Pribadi/Motor: Dari Wonosari, ambil jalur menuju arah Nglanggeran. Ikuti petunjuk arah yang menuju Desa Nglanggeran dan ikuti jalur utama hingga mencapai kawasan wisata.
    • Transportasi Umum: Naik bus kecil atau angkot dari Terminal Wonosari menuju arah Nglanggeran. Setelah sampai di Desa Nglanggeran, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek.
  3. Transportasi Alternatif:
    • Sewa Kendaraan: Terdapat banyak jasa penyewaan kendaraan di Yogyakarta yang menawarkan penyewaan mobil atau motor. Ini adalah opsi yang fleksibel dan nyaman untuk perjalanan menuju Air Terjun Kedung Kandang.
    • Ojek Online: Anda juga bisa memesan ojek online dari aplikasi ride-hailing yang tersedia di Yogyakarta untuk perjalanan langsung ke Desa Nglanggeran.

Jam Buka Wisata

Air Terjun Kedung Kandang terbuka untuk umum setiap hari, mulai dari pukul 06.00 pagi hingga 18.00 sore. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah pada pagi hari atau sore hari ketika cuaca tidak terlalu panas dan cahaya matahari menciptakan efek pencahayaan yang indah di sekitar air terjun.

Disarankan untuk menghindari kunjungan saat musim hujan yang sangat deras, karena debit air yang tinggi dapat membuat aliran air terjun menjadi deras dan berbahaya. Selain itu, kondisi jalan menuju air terjun juga bisa menjadi licin dan sulit dilalui saat hujan lebat.

Tiket Masuk Wisata

Biaya masuk ke kawasan Air Terjun Kedung Kandang relatif terjangkau. Berikut adalah rincian biaya yang diperlukan untuk memasuki kawasan wisata ini:

  • Tiket Masuk: Rp 10.000 per orang
  • Biaya Parkir: Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil

Harga tiket masuk ini sudah termasuk akses ke beberapa fasilitas dasar yang tersedia di kawasan wisata, seperti area parkir, toilet umum, dan petunjuk arah. Pengunjung disarankan untuk membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, karena fasilitas pembayaran elektronik mungkin tidak tersedia di lokasi ini.

Keindahan yang Disajikan & Fasilitas yang Tersedia

Keindahan Alam

  1. Air Terjun Berundak: Kedung Kandang terkenal dengan air terjun berundaknya yang indah. Terdapat enam undakan yang menciptakan panorama air terjun yang unik dan menawan. Setiap undakan memiliki ketinggian yang berbeda, menciptakan efek visual yang memukau saat air mengalir deras dari atas ke bawah.
  2. Sawah Terasering: Keindahan air terjun ini semakin lengkap dengan latar belakang sawah terasering yang hijau dan subur. Pengunjung bisa menikmati pemandangan hamparan sawah yang ditata rapi, menciptakan kontras yang indah dengan aliran air terjun.
  3. Suasana Tenang dan Alami: Lokasi air terjun yang berada di tengah alam membuat suasana di sekitar sangat tenang dan alami. Pengunjung bisa menikmati suara gemericik air, kicauan burung, dan angin yang sepoi-sepoi, menciptakan suasana yang menenangkan dan menyegarkan pikiran.

Fasilitas yang Tersedia

  1. Area Parkir: Tersedia area parkir yang cukup luas dan aman bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Area parkir dikelola dengan baik oleh penduduk setempat, sehingga pengunjung bisa merasa tenang saat meninggalkan kendaraan mereka.
  2. Warung Makan: Di sekitar kawasan wisata terdapat beberapa warung makan yang menjual makanan dan minuman ringan. Pengunjung bisa menikmati hidangan lokal sambil beristirahat setelah menikmati keindahan air terjun.
  3. Toilet Umum: Fasilitas toilet umum tersedia di dekat area parkir dan area warung makan. Meskipun sederhana, toilet ini cukup bersih dan terawat, sehingga pengunjung bisa menggunakannya dengan nyaman.
  4. Tempat Istirahat: Beberapa gazebo dan tempat duduk tersedia di sekitar kawasan wisata. Pengunjung bisa beristirahat dan menikmati pemandangan alam sambil duduk di tempat yang teduh.

Penginapan yang Tersedia & Perkiraan Biaya

Untuk penginapan, terdapat beberapa pilihan akomodasi di sekitar kawasan Desa Wisata Nglanggeran yang bisa dipilih oleh pengunjung:

  1. Homestay: Beberapa penduduk setempat menyediakan homestay dengan fasilitas yang cukup nyaman. Homestay ini menawarkan pengalaman menginap yang lebih akrab dengan budaya lokal. Harga sewa homestay berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000 per malam, tergantung pada fasilitas yang ditawarkan.
  2. Guest House: Alternatif lain adalah guest house yang tersedia di Desa Nglanggeran atau desa-desa sekitar. Guest house biasanya menawarkan fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan homestay, seperti AC, televisi, dan sarapan pagi. Harga sewa guest house berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per malam.
  3. Hotel di Gunungkidul: Bagi yang menginginkan penginapan dengan fasilitas lebih lengkap, bisa memilih hotel yang terletak di daerah Gunungkidul. Meskipun jaraknya sedikit lebih jauh, hotel-hotel ini menawarkan kenyamanan dan pelayanan yang lebih baik. Harga sewa hotel berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 per malam.

Kesimpulan Berwisata ke Air Terjun Kedung Kandang

Berwisata ke Air Terjun Kedung Kandang adalah pengalaman yang tak terlupakan. Keindahan alam yang memukau, suasana yang tenang, dan keramahan penduduk setempat menjadikan air terjun ini sebagai destinasi yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Meskipun fasilitas yang tersedia masih sederhana, keindahan alam Kedung Kandang mampu mengobati segala kekurangan yang ada. Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata air terjun yang berbeda dan belum banyak terjamah, Air Terjun Kedung Kandang adalah pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 14 =