10 Tempat Wisata Di Klaten Yang Memikat Hati

Posted on

Klaten, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, memiliki beragam tempat wisata yang menawarkan pesona alam dan budaya yang memikat hati para pengunjung. Diapit oleh Yogyakarta dan Surakarta, Klaten menjadi destinasi wisata yang kaya akan keindahan alam serta nilai sejarah dan budaya yang kental. Dari candi-candi bersejarah hingga mata air alami yang menyegarkan, Klaten memiliki daya tarik tersendiri yang patut untuk dijelajahi. Berikut adalah daftar hits tempat wisata di Klaten yang memikat hati para wisatawan.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan, yang juga dikenal sebagai Candi Roro Jonggrang, adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO yang terletak di perbatasan Klaten dan Sleman. Candi Hindu terbesar di Indonesia ini dibangun pada abad ke-9 dan didedikasikan untuk Trimurti, yaitu tiga dewa utama dalam agama Hindu: Brahma, Wisnu, dan Siwa.

Informasi Menarik:
  • Sejarah: Dibangun oleh Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya, candi ini merupakan contoh arsitektur Hindu yang megah dan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.
  • Arsitektur: Candi ini terdiri dari delapan kuil utama dan lebih dari 250 candi kecil di sekitarnya. Kuil utama di tengah setinggi 47 meter dan didedikasikan untuk Dewa Siwa.
  • Legenda Roro Jonggrang: Menurut legenda, candi ini dibangun dalam semalam oleh Bandung Bondowoso sebagai syarat untuk menikahi Roro Jonggrang, yang kemudian menipunya dengan menciptakan kesan bahwa fajar telah tiba, menghentikan pekerjaan Bandung Bondowoso.
  • Kegiatan Wisata: Wisatawan dapat menikmati pertunjukan Ramayana Ballet yang digelar di kompleks candi, yang mengisahkan cerita epik Ramayana dengan latar belakang megah Candi Prambanan.

2. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah destinasi wisata air yang terkenal dengan kolam alami yang jernih dan pemandangan bawah air yang menakjubkan. Terletak di Desa Ponggok, kecamatan Polanharjo, tempat ini menjadi favorit bagi para penyelam amatir dan fotografer bawah air.

Informasi Menarik:
  • Keunikan: Airnya yang jernih dan tenang membuat tempat ini sempurna untuk snorkeling dan diving, meski tanpa pengalaman menyelam profesional.
  • Foto Bawah Air: Umbul Ponggok dikenal dengan spot-spot fotonya yang unik di bawah air, seperti sepeda motor, becak, dan kursi yang sengaja diletakkan di dasar kolam untuk foto underwater.
  • Ekosistem: Kolam ini dihuni oleh berbagai jenis ikan yang dapat dilihat dengan jelas karena kejernihan airnya.
  • Fasilitas: Tersedia berbagai fasilitas penunjang seperti tempat penyewaan alat snorkeling dan diving, serta area untuk bersantai dan menikmati pemandangan sekitar.

3. Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak di desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi ini terdiri dari dua kompleks utama, yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul, yang dibangun pada masa kerajaan Mataram Kuno.

Informasi Menarik:
  • Arsitektur: Candi Plaosan dikenal dengan keindahan arsitekturnya yang merupakan perpaduan antara budaya Hindu dan Buddha, yang terlihat dari relief dan stupa yang ada di sekitar candi.
  • Sejarah: Dibangun oleh Rakai Pikatan dan istrinya Pramodhawardhani, candi ini dianggap sebagai simbol cinta dan persatuan antara dua agama besar di Indonesia, yaitu Hindu dan Buddha.
  • Kegiatan Wisata: Pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur candi dan suasana yang tenang serta damai, menjadikannya tempat yang sempurna untuk meditasi dan fotografi.

4. Bukit Cinta Watu Prahu

Bukit Cinta Watu Prahu menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dari ketinggian. Terletak di Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, tempat ini menjadi spot favorit bagi para pencinta alam dan fotografi.

Informasi Menarik:
  • Pemandangan: Dari puncak bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan sawah, perbukitan, dan langit biru yang mempesona.
  • Aktivitas: Tempat ini cocok untuk hiking, camping, dan piknik bersama keluarga dan teman-teman.
  • Spot Foto: Banyak spot foto menarik yang tersedia, seperti gardu pandang dan berbagai instalasi seni yang kreatif, menjadikan tempat ini populer di kalangan pengguna media sosial.

5. Deles Indah

Deles Indah merupakan sebuah objek wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi, menawarkan pemandangan alam yang asri dan udara yang sejuk. Terletak di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, tempat ini menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam.

Informasi Menarik:
  • Keindahan Alam: Dengan pemandangan langsung ke Gunung Merapi, Deles Indah menawarkan pemandangan hutan pinus, perkebunan, dan aliran sungai yang jernih.
  • Air Terjun: Di area ini juga terdapat beberapa air terjun yang indah seperti Air Terjun Talangsono dan Air Terjun Jambu.
  • Fasilitas: Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti area camping, pendopo untuk bersantai, dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman.

6. Umbul Cokro Tulung

Umbul Cokro Tulung adalah sebuah kolam renang alami yang menawarkan kejernihan air yang luar biasa dan suasana yang nyaman untuk rekreasi keluarga. Terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, tempat ini menjadi destinasi favorit untuk berenang dan bermain air.

Informasi Menarik:
  • Air Alami: Air di Umbul Cokro Tulung berasal dari mata air alami yang mengalir sepanjang tahun, menjadikan airnya selalu jernih dan segar.
  • Aktivitas Air: Selain berenang, pengunjung juga dapat menikmati wahana seperti water slide dan river tubing.
  • Fasilitas: Tersedia berbagai fasilitas seperti area bermain anak, gazebo, dan tempat makan yang membuat pengalaman berwisata semakin lengkap.

7. Rowo Jombor

Rowo Jombor adalah sebuah danau buatan yang terletak di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat. Tempat ini menawarkan pemandangan danau yang indah dan berbagai aktivitas rekreasi air.

Informasi Menarik:
  • Keindahan Danau: Dengan luas sekitar 198 hektar, Rowo Jombor menjadi tempat yang ideal untuk menikmati pemandangan alam dan sunset yang memukau.
  • Kegiatan: Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti memancing, naik perahu, dan bersepeda air.
  • Kuliner Apung: Di danau ini terdapat warung-warung apung yang menyajikan berbagai makanan khas, menjadikan pengalaman wisata semakin unik dan menarik.

8. Kali Pusur

Kali Pusur adalah sungai yang menawarkan pengalaman arung jeram yang menantang dan menyenangkan. Terletak di Kecamatan Polanharjo, tempat ini menjadi destinasi favorit bagi para pencinta olahraga air.

Informasi Menarik:
  • Arung Jeram: Kali Pusur memiliki arus yang cukup deras dan menantang, cocok untuk kegiatan arung jeram baik bagi pemula maupun profesional.
  • Keindahan Alam: Selain arung jeram, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar sungai yang masih alami dan asri.
  • Keamanan: Tersedia pemandu dan perlengkapan keselamatan yang memadai untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung selama beraktivitas.

9. Museum Gula Gondang Winangoen

Museum Gula Gondang Winangoen adalah museum yang terletak di area Pabrik Gula Gondang Winangoen, Kecamatan Jogonalan. Museum ini menyajikan sejarah industri gula di Indonesia dengan koleksi yang sangat informatif.

Informasi Menarik:
  • Sejarah: Museum ini memberikan gambaran tentang perkembangan industri gula di Indonesia, mulai dari masa kolonial hingga masa kini.
  • Koleksi: Terdapat berbagai koleksi seperti mesin-mesin pengolah tebu, alat-alat pertanian, dan dokumentasi sejarah industri gula.
  • Wisata Edukasi: Tempat ini cocok untuk wisata edukasi, memberikan pengetahuan baru bagi pengunjung tentang sejarah dan proses pembuatan gula.

10. Bukit Sidoguro

Bukit Sidoguro menawarkan pemandangan alam yang indah dari ketinggian, serta suasana yang tenang dan damai. Terletak di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, tempat ini menjadi destinasi favorit untuk menikmati keindahan alam dan berfoto.

Informasi Menarik:
  • Pemandangan: Dari puncak Bukit Sidoguro, pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau serta pemandangan Rowo Jombor dari ketinggian.
  • Spot Foto: Tersedia banyak spot foto yang instagramable, seperti gardu pandang dan berbagai instalasi seni yang kreatif.
  • Aktivitas: Tempat ini cocok untuk hiking, piknik, dan menikmati sunset yang memukau dari ketinggian.

Klaten memang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik dan memikat hati. Dari keindahan alam, situs bersejarah, hingga kegiatan rekreasi yang menyenangkan, semuanya bisa ditemukan di kabupaten ini. Setiap tempat wisata di Klaten menawarkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan, menjadikan Klaten sebagai destinasi yang patut dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai penjuru. Jadi, siapkan waktu dan jadwal perjalanan Anda untuk menjelajahi keindahan Klaten yang luar biasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 1 =