Wisata Petra, Yordania: Keajaiban Dunia Kuno yang Memikat Hati

Posted on

Petra, Yordania, sering kali disebut sebagai “Kota yang Hilang” atau “Kota Mawar Merah” karena warna batuan yang digunakan dalam konstruksinya. Petra adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Baru, yang diakui atas keindahan arsitektur dan sejarahnya yang kaya. Terletak di Yordania selatan, Petra adalah situs arkeologi yang memukau dengan sisa-sisa peradaban Nabatean yang dulu pernah menguasai kawasan ini.

Keunikan Petra terletak pada cara pembangunannya. Sebagian besar bangunan dan monumen diukir langsung dari batu pasir merah yang mengelilingi lembah tersebut. Petra didirikan sekitar abad ke-4 SM sebagai ibu kota Kerajaan Nabatean. Para Nabatean terkenal sebagai pedagang yang ulung, dan Petra berfungsi sebagai pusat perdagangan yang strategis, menghubungkan Timur Tengah dengan jalur perdagangan di Asia, Afrika, dan Eropa.

Salah satu fitur yang paling ikonik di Petra adalah Al-Khazneh atau “The Treasury”. Monumen ini sering dianggap sebagai simbol Petra dan terkenal karena tampilannya yang megah dengan ukiran-ukiran rumit di fasadnya. Selain Al-Khazneh, Petra juga memiliki banyak situs menarik lainnya seperti Biara (Ad-Deir), Makam Kerajaan, dan Teater Romawi.

Petra bukan hanya sekadar situs arkeologi, tetapi juga merupakan sebuah perjalanan sejarah yang membawa pengunjung kembali ke masa lalu, memperlihatkan kehebatan teknik bangunan kuno dan kemampuan masyarakat Nabatean dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Lokasi Wisata

Petra terletak di Yordania selatan, sekitar 240 kilometer di selatan ibu kota Amman, dan sekitar 120 kilometer di utara Laut Merah. Situs ini berada di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Ma’an Governorate, dekat dengan kota modern Wadi Musa. Wadi Musa adalah pintu gerbang utama menuju Petra, dan di sinilah sebagian besar fasilitas wisata seperti hotel, restoran, dan pusat informasi wisata berada.

Untuk mencapai Petra, wisatawan dapat memilih beberapa rute. Dari Amman, tersedia perjalanan darat yang memakan waktu sekitar 3-4 jam dengan menggunakan mobil atau bus. Alternatif lainnya adalah melalui Aqaba, kota pelabuhan di Laut Merah, yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan darat. Bagi yang ingin pengalaman lebih, terdapat juga opsi perjalanan melalui udara dengan penerbangan domestik dari Amman ke bandara kecil di dekat Petra.

Lokasi Petra yang strategis di tengah pegunungan dan lembah membuatnya menjadi situs yang mudah diakses namun tetap terisolasi, memberikan nuansa misterius dan memikat bagi para pengunjung. Lingkungan alam yang mengelilingi Petra juga menambah pesona tersendiri, dengan pemandangan gurun yang dramatis dan formasi batuan yang menakjubkan.

Jam Buka Wisata

Petra memiliki jam operasional yang cukup fleksibel, memungkinkan wisatawan untuk menjelajahi situs ini sepanjang hari. Situs ini biasanya buka setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 6 sore pada musim panas (April hingga Oktober) dan dari pukul 6 pagi hingga 4 sore pada musim dingin (November hingga Maret). Namun, jam buka dapat sedikit bervariasi tergantung pada kondisi cuaca dan kebijakan pengelola.

Mengunjungi Petra di pagi hari sangat disarankan karena suhu udara yang lebih sejuk dan situs yang belum terlalu ramai. Selain itu, pagi hari adalah waktu yang ideal untuk mengambil foto dengan pencahayaan alami yang menakjubkan. Bagi yang ingin mengalami Petra dalam suasana yang berbeda, terdapat juga acara Petra by Night yang diadakan tiga kali seminggu (Senin, Rabu, dan Kamis). Acara ini berlangsung dari pukul 8.30 malam hingga 10.30 malam, di mana pengunjung dapat melihat Al-Khazneh diterangi oleh cahaya lilin, menciptakan suasana magis dan romantis.

Wisatawan disarankan untuk memeriksa jam operasional dan acara khusus terlebih dahulu sebelum berkunjung, karena ada kemungkinan perubahan jadwal atau penutupan sementara untuk pemeliharaan. Informasi terbaru biasanya tersedia di pusat informasi wisata atau melalui situs web resmi Petra.

Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke Petra, pengunjung perlu membeli tiket yang tersedia dalam beberapa pilihan, tergantung pada lama kunjungan dan asal negara pengunjung. Harga tiket masuk bisa bervariasi, namun umumnya terdapat tiga kategori utama:

  1. Tiket Satu Hari:
    • Wisatawan Internasional: sekitar 50 Jordanian Dinar (JD) per orang.
    • Wisatawan Yordania: lebih murah, sekitar 1 JD per orang.
  2. Tiket Dua Hari:
    • Wisatawan Internasional: sekitar 55 JD per orang.
  3. Tiket Tiga Hari:
    • Wisatawan Internasional: sekitar 60 JD per orang.

Selain itu, untuk acara khusus seperti Petra by Night, tiket dijual terpisah seharga sekitar 17 JD per orang. Tiket ini dapat dibeli di pintu masuk utama atau melalui agen perjalanan yang terakreditasi. Disarankan untuk membeli tiket secara online terlebih dahulu untuk menghindari antrian panjang dan memastikan ketersediaan, terutama selama musim liburan atau acara khusus.

Pengunjung juga dapat memilih untuk menyewa pemandu wisata lokal yang dapat memberikan informasi mendalam tentang sejarah dan cerita di balik setiap situs di Petra. Biaya tambahan untuk pemandu ini bervariasi tergantung pada durasi dan rute tur.

Bagi pelancong yang ingin lebih berhemat, tersedia juga Jordan Pass yang mencakup tiket masuk ke Petra bersama dengan lebih dari 40 situs wisata lainnya di Yordania. Jordan Pass ini juga dapat menghemat biaya visa masuk ke Yordania jika dibeli sebelum kedatangan.

Fasilitas yang Tersedia

Petra sebagai destinasi wisata utama di Yordania menawarkan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Beberapa fasilitas penting yang tersedia di Petra antara lain:

  1. Pusat Informasi Wisata: Pusat informasi wisata utama terletak di pintu masuk Petra. Di sini, pengunjung dapat memperoleh peta, brosur, dan informasi tentang situs-situs yang ada di Petra. Staf yang ramah dan berpengetahuan siap membantu menjawab pertanyaan dan memberikan rekomendasi.
  2. Toko Suvenir dan Kafe: Terdapat beberapa toko suvenir dan kafe di sekitar pintu masuk dan di dalam area Petra. Pengunjung dapat membeli berbagai cinderamata seperti kerajinan tangan, perhiasan, dan pakaian tradisional. Kafe-kafe ini menawarkan makanan ringan, minuman, dan tempat istirahat yang nyaman setelah berkeliling situs.
  3. Area Parkir: Area parkir yang luas tersedia di dekat pintu masuk utama, memberikan kemudahan bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi atau bus tur.
  4. Transportasi di Dalam Situs: Untuk menjelajahi Petra, pengunjung dapat memilih berjalan kaki atau menyewa transportasi seperti kuda, unta, atau kereta kuda yang tersedia di pintu masuk dan beberapa titik di dalam situs. Ini sangat membantu bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau ingin menghemat tenaga.
  5. Fasilitas Kesehatan: Klinik medis kecil dan pos pertolongan pertama tersedia di dekat pintu masuk utama untuk menangani keadaan darurat dan memberikan perawatan medis dasar.
  6. Toilet Umum: Tersedia beberapa toilet umum yang bersih dan terawat baik di sekitar pintu masuk dan di dalam area Petra, memastikan kenyamanan bagi pengunjung.
  7. Area Istirahat: Di beberapa titik strategis, terdapat area istirahat dengan tempat duduk dan teduhan, memungkinkan pengunjung untuk beristirahat sejenak dan menikmati pemandangan sekitar.
  8. Penginapan: Meski tidak ada penginapan langsung di dalam situs Petra, kota Wadi Musa yang berdekatan menawarkan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari hotel berbintang hingga guesthouse dan hostel yang lebih terjangkau.
  9. Tur Terpandu: Pengunjung dapat menyewa pemandu lokal yang berlisensi untuk mendapatkan pengalaman yang lebih informatif dan menyeluruh. Pemandu ini tidak hanya menceritakan sejarah dan arsitektur Petra tetapi juga berbagi cerita dan legenda yang menambah daya tarik tempat ini.
  10. Program Edukasi dan Kegiatan Khusus: Petra sering kali mengadakan program edukasi, lokakarya, dan kegiatan khusus seperti Petra by Night yang memberikan pengalaman berbeda dan lebih mendalam tentang situs ini.

Ragam Wahana dan Aktivitas Wisata yang Disediakan

Petra menawarkan berbagai aktivitas dan wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung, memastikan pengalaman yang kaya dan beragam. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Petra:

  1. Tur Sejarah dan Arkeologi: Menjelajahi situs-situs utama seperti Al-Khazneh (The Treasury), Ad-Deir (The Monastery), Makam Kerajaan, dan Teater Romawi adalah wajib. Pengunjung dapat mempelajari sejarah dan arsitektur luar biasa dari peradaban Nabatean melalui tur terpandu atau panduan audio.
  2. Petra by Night: Salah satu pengalaman paling magis adalah melihat Al-Khazneh diterangi oleh cahaya lilin pada malam hari. Acara ini diadakan tiga kali seminggu dan menciptakan suasana yang memukau dengan musik tradisional Bedouin yang dimainkan di latar belakang.
  3. Pendakian dan Jelajah Alam: Petra dikelilingi oleh pegunungan dan lembah yang menawarkan berbagai jalur pendakian. Beberapa rute populer termasuk pendakian ke High Place of Sacrifice dan Petra Overlook Trail yang memberikan pemandangan spektakuler.
  4. Berkuda dan Berkendara Unta: Menikmati perjalanan dengan kuda atau unta adalah cara tradisional dan menyenangkan untuk menjelajahi Petra. Pengunjung dapat menyewa kuda atau unta di pintu masuk dan berkeliling situs dengan gaya yang otentik.
  5. Fotografi: Petra adalah surga bagi para fotografer. Setiap sudut situs ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, baik itu ukiran batu yang rumit, warna batu pasir yang berubah-ubah sepanjang hari, atau lanskap gurun yang luas.
  6. Berbelanja di Pasar Lokal: Di sekitar pintu masuk dan di dalam situs, terdapat beberapa pasar lokal yang menjual berbagai barang seperti perhiasan, kerajinan tangan, dan produk tradisional. Berbelanja di sini memberikan kesempatan untuk mendapatkan oleh-oleh unik sambil mendukung ekonomi lokal.
  7. Wisata Kuliner: Mencicipi masakan lokal di restoran dan kafe sekitar Petra adalah pengalaman tersendiri. Hidangan khas seperti mansaf (hidangan daging domba dengan nasi dan yoghurt) dan falafel harus dicoba.
  8. Kegiatan Budaya: Beberapa program dan pertunjukan budaya sering diadakan di sekitar Petra. Ini termasuk pertunjukan musik tradisional, tarian Bedouin, dan pameran seni lokal.
  9. Tur Fotografi Khusus: Bagi para penggemar fotografi, terdapat tur khusus yang dipandu oleh fotografer profesional yang membantu mengarahkan dan mengambil gambar terbaik di Petra, terutama saat matahari terbit dan terbenam.
  10. Program Relaksasi dan Meditasi: Beberapa penyedia jasa di sekitar Petra menawarkan program relaksasi seperti yoga dan meditasi di tengah lanskap alam yang tenang, memberikan pengalaman yang menenangkan dan memulihkan.

Penginapan yang Tersedia / Alternatif Penginapan

Wadi Musa, kota terdekat dengan Petra, menawarkan berbagai pilihan akomodasi yang dapat disesuaikan dengan anggaran dan preferensi pengunjung. Berikut adalah beberapa jenis penginapan yang tersedia:

  1. Hotel Berbintang: Untuk pengalaman yang lebih mewah, tersedia beberapa hotel berbintang di Wadi Musa yang menawarkan fasilitas lengkap seperti kolam renang, spa, restoran mewah, dan layanan kamar. Beberapa hotel terkenal diantaranya adalah Mövenpick Resort Petra, Petra Marriott Hotel, dan Petra Guest House Hotel.
  2. Guesthouse dan Bed & Breakfast: Bagi yang mencari suasana yang lebih hangat dan personal, guesthouse dan B&B di Wadi Musa adalah pilihan yang tepat. Penginapan ini menawarkan kenyamanan dengan harga yang lebih terjangkau, sering kali dengan sarapan lokal yang lezat. Contoh penginapan ini adalah Rocky Mountain Hotel dan Petra Moon Hotel.
  3. Hostel: Untuk backpacker dan wisatawan dengan anggaran terbatas, beberapa hostel di Wadi Musa menyediakan tempat tidur dormitory yang ekonomis dengan fasilitas dasar seperti dapur bersama dan ruang sosial. Hostel ini juga menjadi tempat yang baik untuk bertemu sesama pelancong.
  4. Perkemahan: Bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman berbeda, terdapat beberapa perkemahan tradisional Bedouin di sekitar Petra. Perkemahan ini menawarkan tenda yang nyaman dengan pemandangan gurun yang menakjubkan, serta pengalaman budaya yang otentik. Beberapa perkemahan yang populer adalah Seven Wonders Bedouin Camp dan Little Petra Bedouin Camp.
  5. Alternatif Penginapan: Selain pilihan di atas, terdapat juga beberapa rumah sewa dan apartemen di Wadi Musa yang dapat disewa untuk jangka pendek. Ini cocok bagi keluarga atau kelompok yang memerlukan lebih banyak ruang dan privasi.

Semua jenis akomodasi ini biasanya dapat dipesan secara online melalui platform pemesanan hotel atau langsung melalui situs web penginapan. Pengunjung disarankan untuk memesan akomodasi jauh-jauh hari, terutama selama musim puncak wisata, untuk memastikan ketersediaan dan mendapatkan harga terbaik.

Indahnya Wisata Memikat Hati Wisatawan

Petra adalah salah satu situs wisata paling memukau di dunia, yang memikat hati wisatawan dari berbagai belahan dunia. Keindahan Petra terletak pada banyak aspek yang berbeda, mulai dari sejarahnya yang kaya, arsitektur yang luar biasa, hingga pemandangan alam yang menakjubkan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Petra begitu memikat:

  1. Arsitektur yang Menakjubkan: Salah satu daya tarik utama Petra adalah arsitektur Nabatean yang luar biasa. Al-Khazneh, atau The Treasury, adalah contoh terbaik dari keahlian ukiran batu Nabatean. Dengan fasad yang diukir dengan indah dari batu pasir merah, Al-Khazneh menampilkan detail yang rumit dan proporsi yang sempurna. Keajaiban arsitektur lainnya termasuk Biara (Ad-Deir), Makam Kerajaan, dan Teater Romawi, semuanya menunjukkan keterampilan luar biasa dalam teknik konstruksi dan seni ukir batu.
  2. Sejarah yang Kaya: Petra memiliki sejarah yang panjang dan kaya, dimulai dari zaman Nabatean hingga Romawi dan Bizantium. Sebagai pusat perdagangan yang penting, Petra memainkan peran kunci dalam menghubungkan Timur Tengah dengan jalur perdagangan di Asia, Afrika, dan Eropa. Berjalan melalui jalan-jalan Petra adalah seperti melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, memberikan wawasan tentang kehidupan dan kebudayaan peradaban kuno.
  3. Pemandangan Alam yang Indah: Petra terletak di antara pegunungan dan lembah yang dramatis, menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Formasi batu pasir yang unik dengan warna-warna yang berubah-ubah sepanjang hari menciptakan latar belakang yang mempesona untuk situs arkeologi ini. Jalur pendakian yang mengelilingi Petra juga memberikan kesempatan untuk menikmati pemandangan panorama yang spektakuler dari ketinggian.
  4. Pengalaman Budaya yang Otentik: Mengunjungi Petra juga memberikan kesempatan untuk merasakan budaya Bedouin yang otentik. Para pemandu lokal dan pedagang menawarkan wawasan tentang tradisi dan kehidupan sehari-hari masyarakat Bedouin. Selain itu, acara Petra by Night dan pertunjukan budaya lainnya memberikan pengalaman yang mendalam tentang seni dan musik tradisional.
  5. Petualangan dan Eksplorasi: Petra adalah tempat yang sempurna bagi para pencari petualangan. Dengan berbagai jalur pendakian dan eksplorasi gua, pengunjung dapat menjelajahi setiap sudut situs ini. Pendakian ke tempat-tempat seperti High Place of Sacrifice dan Petra Overlook Trail menawarkan tantangan fisik sekaligus pemandangan yang menakjubkan sebagai hadiah.
  6. Fotografi yang Luar Biasa: Petra adalah surga bagi para fotografer. Setiap sudut situs ini menawarkan peluang fotografi yang luar biasa, baik itu ukiran batu yang indah, lanskap gurun yang luas, atau momen magis saat matahari terbit dan terbenam. Petra by Night juga memberikan kesempatan unik untuk menangkap keindahan Al-Khazneh yang diterangi oleh cahaya lilin.
  7. Atmosfer yang Mistis: Ada sesuatu yang sangat mistis dan magis tentang Petra. Kombinasi dari arsitektur kuno, sejarah yang kaya, dan pemandangan alam yang menakjubkan menciptakan suasana yang unik dan memikat. Banyak pengunjung merasa seperti terhubung dengan masa lalu dan merasakan kehadiran peradaban yang telah lama hilang.
  8. Aksesibilitas dan Fasilitas: Meskipun Petra adalah situs kuno yang terletak di pegunungan, aksesibilitasnya cukup baik dengan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung. Kota Wadi Musa yang berdekatan menawarkan berbagai pilihan akomodasi dan layanan wisata yang memudahkan kunjungan ke Petra.

Kesimpulan

Petra, Yordania, adalah salah satu destinasi wisata paling menakjubkan di dunia, menawarkan kombinasi unik dari sejarah yang kaya, arsitektur yang luar biasa, dan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari ukiran batu Nabatean yang rumit hingga pemandangan panorama yang memukau, setiap aspek Petra memikat hati wisatawan dan meninggalkan kesan mendalam.

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, aksesibilitas yang baik, dan beragam aktivitas yang dapat dinikmati, Petra adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang tertarik dengan sejarah, budaya, dan petualangan. Keajaiban Petra tidak hanya terletak pada keindahan fisiknya, tetapi juga pada pengalaman emosional dan spiritual yang ditawarkannya, membuat setiap kunjungan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =