Pantai Oeseli, Surga Bahari Di Pulau Rote

Posted on

Pulau Rote, yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Salah satu pantai yang menjadi daya tarik di pulau ini adalah Pantai Oeseli, yang terletak di Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya. Pantai ini merupakan pantai paling selatan yang berpenghuni di wilayah Indonesia. Di sebelah selatannya, hanya ada Pulau Ndana, yang tidak dihuni penduduk, melainkan hanya oleh pangkalan militer dari kesatuan Marinir TNI AL.

Pantai Oeseli memiliki pesona yang sangat memikat, dengan hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang jernih dan biru, serta batu-batu cadas yang bertumpuk di sekitar pantainya. Batu-batu cadas ini seolah-olah menjadi gerbang pintu masuk raksasa ke Pulau Rote. Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang menenangkan, sejuk, dan damai. Suara deburan ombak, angin yang bertiup, dan burung-burung yang berkicau menambah suasana alami dan asri di pantai ini.

Pantai Oeseli juga merupakan tempat yang cocok untuk melakukan berbagai aktivitas wisata, seperti berenang, berjemur, bersantai, berfoto, memancing, atau sekadar berjalan-jalan di pinggir pantai. Pengunjung juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dan terbenam di pantai ini, yang memberikan nuansa romantis dan magis. Selain itu, pengunjung juga bisa mengunjungi Pulau Ndana, yang berjarak sekitar 15 menit perjalanan dengan perahu dari Pantai Oeseli. Di pulau ini, pengunjung bisa melihat monumen Tugu Nol Kilometer Indonesia, yang menandakan titik paling selatan dari wilayah Indonesia.

Untuk mencapai Pantai Oeseli, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Dari Bandara El Tari Kupang, pengunjung bisa menggunakan pesawat kecil menuju Bandara Lekunik Rote, yang memakan waktu sekitar 30 menit. Kemudian, dari Bandara Lekunik Rote, pengunjung bisa menggunakan jasa travel atau ojek menuju Kota Ba’a, ibu kota Kabupaten Rote Ndao, yang memakan waktu sekitar 45 menit. Dari Kota Ba’a, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Oeseli, yang memakan waktu sekitar 2 jam. Jalan menuju pantai ini masih belum beraspal dan berbatu, sehingga pengunjung harus berhati-hati.

Meskipun perjalanan menuju Pantai Oeseli cukup melelahkan, namun semua itu akan terbayar dengan keindahan dan ketenangan yang ditawarkan oleh pantai ini. Pantai Oeseli merupakan surga tersembunyi di ujung Pulau Rote, yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Pantai ini masih sangat alami, bersih, dan belum tercemar. Oleh karena itu, pengunjung diharapkan untuk menjaga kelestarian dan kebersihan pantai ini, dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak lingkungan, dan tidak mengganggu satwa liar yang ada di sekitar pantai. Dengan begitu, Pantai Oeseli akan tetap menjadi surga yang indah dan menawan di Pulau Rote.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *