Indahnya Kawah Putih Ciwidey Telah Menggaet Banyak Wisatawan

Kawah Putih Ciwidey – merupakan salah satu tempat wisata di bandung yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari luar daerah, Kawah Putih merupakan tempat wisata popular di Bandung, kawah ini berada di sebelah selatan kota Bandung, menurut beberapa ahli sejarah terbentuknya kawah putih ciwidey ini akibat dari letusan gunung patuha yang akirnya membentuk sebuah danau dengan kawah kapur yang berkepulan asap, akirnya kawah putih menjadi salah satu objek wisata terkenal di Bandung.

Sumber Gambar : Wikipedia

Jika di tempuh dari kota bandung kurang lebih berjarak sekitar 50 KM menuju ke arah selatan, sesuai dengan namanya yaitu tanah yang ada di sekitar kawah berwarna putih akibat dari pencampuran unsur kapur dan belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau di sekeliling Kawah Putih juga mempunyai kecenderungan warna putih yang bercampur dengan sedikit kehijauan dan dapat mengalami perubahan warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung yang di pengaruhi oleh suhu  dan cuaca.

Ciwidey  adalah nama salah satu kecamatan di lereng gunung patuha yang berada di kota Bandung Jawa Barat. Tidak lama setelah terbentuknya  Kawah berwarna putih, kawasan ini telah menjadi satu eksotika pemandangan alam yang dapat di nikmati, sehingga telah ditetapkan sebagai kawasan pariwisata, wisata kawah putih ini berada pada ketinggian +2090 m dpl, jadi termasuk dataran yang sangat tinggi, tepatnya berada dibawah puncak tertinggi tertinggi Gunung Patuha.

Sejarah kawah putih ciwidey menurut beberapa literature yang paling banyak diyakini yaitu terciptanya kawah putih setelah terjadinya letusan besar pada gunung patuha pada masa abad ke 10, yang kemudian menewasankan sangat banyak pemukim, pada masa berikutnya lokasi ini di nyatakan sebagai lokasi yang berbahaya dan rawan bencana.

Setelah itu di tahun 1837 ada seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha, selain ingin memecahkan fenomena yang telah lama di yakini oleh masyarakat bahwa di puncak gunung patuha adalah tempat yang sangat berbahaya, beliau juga ingin melakukan penelitian secara ilmiah.

Akirnya Dr. Franz Wilhelm Junghuhn telah berhasil mencapai puncak Gunung Patuha, dari puncak gunung patuha Dr. Franz melihat sebuah danau berwarna putih dengan kadar belerang yang tinggi. Sejak itu, keberadaan Kawah Putih menjadi terkenal, yang kemudian pada tahun 1987 pemerintah kota bandung mulai mengembangkan Kawah Putih Ciwidey sebagai tempat wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 20 =