Mengenal Apa Itu Suaka Margasatwa dan Contohnya di Indonesia

Posted on

Sebagai salah satu upaya dari pemerintah dalam memberikan perlindungan bagi hewan yang terancam punah yakni dengan membangun yang namanya suaka margasatwa / tempat melindungi hewan langka. Hal ini dilakukan lantaran hingga sejauh ini masih banyak sekali manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan hewan demi kepentingan pribadi, tanpa memikirkan kelangsungan hidup habitat tersebut. Agar Anda lebih paham mengenai suaka hewan langka ini, maka bisa simak informasi lebih lengkapnya di artikel berikut.

Pengertian Suaka Margasatwa

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, bahwa istilah tersebut umumnya merupakan suatu tempat pemeliharaan hewan-hewan langka demi tujuan pengembangan atau budidaya. Tempat ini sendiri memiliki ciri khas yakni berupa keanekaragaman dan keunikan jenis satwa yang memerlukan perlindungan atau pembinaan bagi kelangsungan hidup dalam habitatnya. Adapun wilayah yang sering dijadikan sebagai tempat hidup margasatwa ini juga memiliki nilai khas bagi ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta dikatakan sebagai kekayaan dan kebanggaan nasional.

Sumber Gambar : Wisataterbaik.com

Terlepas dari fungsi utamanya sebagai tempat melindungi hewan-hewan langka, tempat margasatwa ini sendiri juga memiliki banyak sekali manfaat di antaranya yakni sebagai berikut.

  • Merupakan tempat khusus yang menjamin kehidupan merdeka bagi satwa-satwa tertentu yang langka.
  • Memberikan perlindungan kepada hewan-hewan yang terancam hampir punah.
  • Sebagai tempat perkembangbiakan hewan yang terancam punah.
  • Dapat dijadikan sebagai tempat atau rumah bagi para satwa agar terlindungi dari perburuan liar oleh manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab.
  • Memudahkan dalam mengontrol spesies hewan dengan diberikan pembatasan ruang yang sudah ditentukan.
  • Bisa dijadikan sebagai sarana wisata, pendidikan, ilmu pengetahuan dan penelitian.
  • Menjadi daya tarik wisata bagi kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Contoh Tempat Margasatwa yang Ada di Indonesia

Apabila tadi kita sudah membahas sedikit mengenai pengertian dan manfaat tempat margasatwa, maka kini saatnya bagi Anda untuk tahu beberapa contoh dari tempat margasatwa tersebut yang ada di Indonesia berikut ini.

Taman Nasional Ujung Kulon

Seperti yang kita ketahui, bahwa Taman Nasional Ujung Kulon menjadi salah satu tempat margasatwa yang begitu populer di wilayah Indonesia maupun di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan, di dalamnya terdapat margasatwa berupa badak bercula satu yang menjadi ikonik dari tempat margasatwa yang berlokasi di Kabupaten Pandeglang Banten ini. Meski demikian, di tempat margasatwa ini Anda juga bisa melihat hewan-hewan lain yang dilindungi di antaranya yakni seperti macan tutul, kijang, rusa, banteng dan lain-lain.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan contoh tempat margasatwa yang berada di Aceh dan Sumatera Utara yang mendapatkan perhatian khusus dari Indonesia dan dunia. Di tempat ini, Anda nantinya akan menemukan spesies hewan langka seperti harimau, kera, badak dan gajah. Selain itu, di tempat margasatwa ini juga terdapat beberapa ekor macan tutul dan spesies burung endemik yang hidup liar di hutan gunung ini.

Taman Nasional Way Kambas

Berlokasi di Lampung Timur, Taman Nasional Way Kambas ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya tempat margasatwa yang populer di Indonesia. Dimana, Anda akan menemukan berbagai gajah yang di tangkar dan dikembangbiakkan untuk meningkatkan populasinya yang semakin menipis. Bukan hanya gajah, beberapa satwa lain yang turut dilindungi di tempat margasatwa ini agar habitatnya tetap terjaga yakni ada harimau Sumatera, badak Sumatera dan rusa.

Jadi, itulah tadi pembahasan seputar suaka margasatwa yang bisa Anda ketahui dari mulai pengertian sampai dengan contoh-contohnya yang ada di Indonesia.

Artikel by : wisataterbaik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *