Wisata Hits Paris Nuansa Romantis

Posted on

Paris, ibukota Prancis, sering kali disebut sebagai Kota Cinta dan merupakan destinasi impian bagi banyak orang. Kota ini terkenal dengan suasana romantisnya yang memikat, arsitektur megah, seni yang kaya, dan kuliner yang menggugah selera. Paris menawarkan berbagai macam pengalaman wisata yang tak terlupakan, mulai dari mengunjungi menara Eiffel yang ikonik, menjelajahi museum-museum kelas dunia, hingga menikmati santapan malam romantis di tepi Sungai Seine. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa destinasi wisata hits di Paris yang memberikan nuansa romantis dan akan membuat perjalanan Anda ke kota ini semakin istimewa.

Paris adalah kota yang tidak pernah kehilangan pesonanya. Setiap sudut kota ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan kisah sejarah yang menarik. Berjalan-jalan di sepanjang jalan berbatu, menikmati kopi di kafe-kafe pinggir jalan, atau sekadar duduk di taman yang indah sambil menikmati suasana kota, semuanya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Paris juga dikenal sebagai pusat mode dunia, sehingga berbelanja di butik-butik mewah di Champs-Élysées atau di kawasan Le Marais akan menambah kesan glamor pada perjalanan Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Paris untuk merasakan nuansa romantisnya. Setiap tempat memiliki keunikan tersendiri dan menawarkan pengalaman yang berbeda. Mulai dari menara Eiffel yang megah, Notre-Dame yang bersejarah, hingga Montmartre yang artistik, semuanya akan membawa Anda pada perjalanan romantis yang penuh kenangan indah.

Menara Eiffel

Menara Eiffel adalah salah satu landmark paling terkenal di dunia dan menjadi simbol utama Paris. Dibangun oleh Gustave Eiffel untuk Pameran Dunia 1889, menara ini setinggi 324 meter dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari atas kota Paris.

Menara Eiffel adalah tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Paris. Menara ini memiliki tiga lantai yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, masing-masing menawarkan pemandangan yang berbeda dan unik. Di lantai pertama, Anda dapat menemukan museum kecil yang menjelaskan sejarah menara, serta restoran 58 Tour Eiffel yang menawarkan pengalaman makan dengan pemandangan menakjubkan. Lantai kedua juga memiliki restoran terkenal, Le Jules Verne, yang menyajikan masakan Prancis modern. Puncak menara, yang dapat diakses dengan lift, memberikan pemandangan panoramik yang luar biasa dari seluruh kota.

Menara Eiffel terletak di Champ de Mars, 5 Avenue Anatole France, 75007 Paris, Prancis. Untuk mencapai menara ini, Anda memiliki beberapa pilihan transportasi:

  • Metro: Naik metro jalur 6 dan turun di stasiun Bir-Hakeim atau jalur 9 dan turun di stasiun Trocadéro.
  • RER: Naik kereta RER jalur C dan turun di stasiun Champ de Mars-Tour Eiffel.
  • Bus: Naik bus nomor 42, 69, 82, atau 87 yang berhenti di dekat menara.
  • Taksi atau rideshare: Anda juga dapat menggunakan taksi atau layanan rideshare seperti Uber untuk mencapai menara Eiffel.

Menara Eiffel buka setiap hari sepanjang tahun. Jam operasionalnya adalah sebagai berikut:

  • Musim panas (pertengahan Juni hingga awal September): 09.00 – 00.45 (penjualan tiket terakhir pukul 23.00 untuk tangga dan 23.45 untuk lift).
  • Musim dingin (awal September hingga pertengahan Juni): 09.30 – 23.45 (penjualan tiket terakhir pukul 22.30 untuk tangga dan 23.00 untuk lift).

Harga tiket untuk mengunjungi menara Eiffel bervariasi tergantung pada lantai yang ingin Anda kunjungi dan apakah Anda menggunakan tangga atau lift. Berikut adalah harga tiket terbaru:

  • Lantai 2 dengan tangga: Dewasa €10.20, anak-anak (4-11 tahun) €2.50.
  • Lantai 2 dengan lift: Dewasa €16.60, anak-anak €4.10.
  • Puncak dengan lift: Dewasa €25.90, anak-anak €6.50.

Menara Eiffel menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari seluruh kota Paris. Pada malam hari, menara ini diterangi oleh ribuan lampu yang memberikan nuansa romantis. Fasilitas yang tersedia di menara ini antara lain restoran, toko suvenir, dan area observasi. Anda juga dapat menikmati berbagai kegiatan seperti tur berpemandu dan makan malam romantis di restoran.

Paris menawarkan berbagai macam pilihan akomodasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Beberapa hotel yang dekat dengan menara Eiffel dan menawarkan pemandangan menara yang indah antara lain:

  • Shangri-La Hotel Paris: Hotel mewah yang menawarkan pemandangan langsung ke menara Eiffel. Harga mulai dari €1000 per malam.
  • Pullman Paris Tour Eiffel: Hotel modern yang berlokasi sangat dekat dengan menara. Harga mulai dari €250 per malam.
  • Mercure Paris Centre Tour Eiffel: Hotel yang menawarkan kenyamanan dengan harga yang lebih terjangkau. Harga mulai dari €150 per malam.

Katedral Notre-Dame

Katedral Notre-Dame adalah salah satu bangunan gotik paling terkenal di dunia dan menjadi salah satu ikon utama Paris. Katedral ini dibangun pada abad ke-12 dan terkenal dengan arsitektur yang megah serta sejarah yang kaya.

Katedral Notre-Dame adalah tempat yang sangat bersejarah dan memiliki arsitektur gotik yang menakjubkan. Bagian dalam katedral dihiasi dengan kaca patri yang indah, patung-patung yang detail, dan organ pipa besar. Meskipun katedral ini mengalami kebakaran hebat pada tahun 2019, restorasi sedang dilakukan untuk mengembalikan kemegahannya. Anda dapat mengunjungi bagian dalam katedral dan naik ke menara untuk menikmati pemandangan kota Paris.

Katedral Notre-Dame terletak di Île de la Cité, sebuah pulau kecil di tengah Sungai Seine. Alamat lengkapnya adalah 6 Parvis Notre-Dame – Pl. Jean-Paul II, 75004 Paris, Prancis. Untuk mencapai katedral ini, Anda dapat menggunakan:

  • Metro: Naik metro jalur 4 dan turun di stasiun Cité atau jalur 1 dan 11 dan turun di stasiun Hôtel de Ville.
  • RER: Naik kereta RER jalur B dan turun di stasiun Saint-Michel Notre-Dame.
  • Bus: Naik bus nomor 21, 38, 47, 85, atau 96 yang berhenti di dekat katedral.
  • Taksi atau rideshare: Taksi dan layanan rideshare seperti Uber juga tersedia untuk mengantar Anda ke katedral.

Katedral Notre-Dame biasanya buka setiap hari sepanjang tahun. Namun, jam operasionalnya dapat berubah terutama setelah kebakaran 2019. Sebelum berkunjung, disarankan untuk memeriksa situs web resmi katedral untuk informasi terkini tentang jam buka.

Masuk ke dalam katedral Notre-Dame adalah gratis, tetapi jika Anda ingin naik ke menara, Anda perlu membeli tiket. Harga tiket untuk naik ke menara adalah sekitar €10 untuk dewasa, sementara anak-anak di bawah 18 tahun biasanya gratis.

Katedral Notre-Dame menawarkan keindahan arsitektur gotik yang menakjubkan, dengan detail-detail yang rumit dan kaca patri yang memukau. Fasilitas yang tersedia termasuk area doa, toko suvenir, dan museum kecil yang menampilkan artefak-artefak bersejarah. Anda juga dapat mengikuti tur berpemandu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang sejarah dan arsitektur katedral.

Ada banyak pilihan akomodasi di sekitar Katedral Notre-Dame, mulai dari hotel mewah hingga penginapan yang lebih terjangkau. Beberapa rekomendasi termasuk:

  • Hôtel Les Rives de Notre-Dame: Hotel butik yang menawarkan pemandangan langsung ke katedral. Harga mulai dari €300 per malam.
  • Hôtel le Notre Dame Saint Michel: Hotel bergaya dengan dekorasi yang unik. Harga mulai dari €200 per malam.
  • Hôtel de Lutèce: Penginapan yang nyaman dengan harga yang lebih terjangkau. Harga mulai dari €150 per malam.

Montmartre

Montmartre adalah kawasan artistik yang terkenal dengan suasana bohemian dan pemandangan indah. Terletak di atas bukit, Montmartre menawarkan pemandangan spektakuler dari seluruh kota Paris dan merupakan rumah bagi banyak seniman terkenal.

Montmartre adalah tempat yang penuh dengan sejarah dan budaya. Anda dapat mengunjungi Basilika Sacré-Cœur yang megah, berjalan-jalan di sepanjang jalan berbatu yang dipenuhi kafe dan butik, serta mengunjungi Place du Tertre yang terkenal dengan para senimannya. Montmartre juga memiliki banyak museum kecil yang menarik, seperti Musée de Montmartre dan Espace Dalí, yang menampilkan karya-karya Salvador Dalí.

Montmartre terletak di arrondissement ke-18 Paris. Untuk mencapai Montmartre, Anda memiliki beberapa pilihan transportasi:

  • Metro: Naik metro jalur 2 dan turun di stasiun Anvers atau jalur 12 dan turun di stasiun Abbesses.
  • Funiculaire de Montmartre: Alternatif lain adalah naik Funiculaire de Montmartre, kereta gantung yang akan membawa Anda dari kaki bukit ke dekat Basilika Sacré-Cœur.
  • Bus: Naik bus nomor 30, 31, 54, atau 80 yang berhenti di dekat Montmartre.
  • Taksi atau rideshare: Taksi dan layanan rideshare seperti Uber juga tersedia.

Montmartre adalah kawasan terbuka yang bisa dikunjungi kapan saja, tetapi beberapa atraksi dan tempat seperti Basilika Sacré-Cœur memiliki jam operasional tertentu. Basilika Sacré-Cœur buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 22.30.

Mengunjungi Montmartre tidak dikenakan biaya masuk, tetapi beberapa tempat wisata di dalam kawasan ini mungkin memerlukan tiket masuk. Misalnya, masuk ke dalam Basilika Sacré-Cœur gratis, namun jika Anda ingin naik ke kubah untuk melihat pemandangan kota, Anda perlu membayar sekitar €6 untuk dewasa.

Montmartre menawarkan keindahan arsitektur dan suasana yang unik. Jalan-jalan berbatu, kafe-kafe yang ramai, dan pemandangan spektakuler dari atas bukit menjadikan Montmartre sebagai tempat yang sangat romantis. Fasilitas yang tersedia meliputi restoran, kafe, butik, dan museum kecil. Anda juga dapat menikmati berbagai pertunjukan jalanan oleh seniman lokal.

Montmartre memiliki banyak pilihan penginapan, mulai dari hotel mewah hingga hostel yang lebih terjangkau. Beberapa rekomendasi penginapan termasuk:

  • Hôtel Particulier Montmartre: Hotel butik yang elegan dengan taman pribadi. Harga mulai dari €400 per malam.
  • Terrass” Hotel: Hotel mewah dengan pemandangan indah ke kota Paris. Harga mulai dari €250 per malam.
  • Le Village Montmartre by Hiphophostels: Hostel yang nyaman dan terjangkau. Harga mulai dari €30 per malam untuk tempat tidur di kamar bersama.

Sungai Seine

Sungai Seine adalah jantung dari Paris dan menawarkan berbagai aktivitas romantis yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Berjalan-jalan di sepanjang tepi sungai, menikmati pelayaran dengan kapal, atau sekadar duduk di taman tepi sungai adalah beberapa cara untuk menikmati keindahan Paris dari perspektif yang berbeda.

Sungai Seine mengalir melalui pusat kota Paris dan membagi kota ini menjadi dua bagian, Rive Droite (tepi kanan) dan Rive Gauche (tepi kiri). Tepi sungai yang indah dilengkapi dengan jalan setapak, taman, dan jembatan ikonik seperti Pont Neuf dan Pont Alexandre III. Salah satu cara terbaik untuk menikmati Seine adalah dengan mengikuti pelayaran romantis di sungai, baik pada siang hari maupun malam hari.

Sungai Seine membentang sepanjang kota Paris dan mudah diakses dari berbagai lokasi. Anda dapat mencapai tepi sungai dengan menggunakan:

  • Metro: Berhenti di stasiun yang dekat dengan sungai seperti Pont Neuf, Châtelet, atau Saint-Michel.
  • RER: Naik kereta RER jalur C dan turun di stasiun St-Michel Notre-Dame atau Musée d’Orsay.
  • Bus: Banyak bus yang berhenti di dekat sungai, termasuk bus nomor 24, 27, 72, dan lainnya.
  • Taksi atau rideshare: Taksi dan layanan rideshare seperti Uber juga tersedia.

Tepi Sungai Seine terbuka sepanjang waktu dan dapat dinikmati kapan saja. Pelayaran sungai biasanya beroperasi dari pagi hingga malam hari, dengan jadwal yang bervariasi tergantung pada perusahaan pelayaran.

Mengunjungi tepi Sungai Seine gratis, namun jika Anda ingin mengikuti pelayaran sungai, biaya tiket biasanya berkisar antara €15 hingga €25 per orang, tergantung pada durasi dan jenis pelayaran yang dipilih.

Sungai Seine menawarkan pemandangan indah dari berbagai landmark Paris seperti menara Eiffel, Katedral Notre-Dame, dan Louvre. Fasilitas yang tersedia termasuk taman tepi sungai, kafe, dan restoran. Anda juga dapat menemukan berbagai kios suvenir dan penjual buku bekas di sepanjang tepi sungai.

Banyak hotel di Paris yang menawarkan pemandangan langsung ke Sungai Seine, beberapa di antaranya termasuk:

  • Hôtel Plaza Athénée: Hotel mewah yang menawarkan pemandangan menakjubkan ke sungai. Harga mulai dari €1000 per malam.
  • Hôtel du Quai Voltaire: Hotel bergaya klasik dengan pemandangan indah. Harga mulai dari €200 per malam.
  • Hôtel Le Notre Dame Saint Michel: Hotel yang menawarkan pemandangan langsung ke Katedral Notre-Dame dan Sungai Seine. Harga mulai dari €200 per malam.

Palais Garnier

Palais Garnier adalah gedung opera yang megah dan salah satu ikon arsitektur Paris. Dibangun pada abad ke-19, gedung ini terkenal dengan interiornya yang mewah dan akustik yang sempurna.

Palais Garnier adalah salah satu gedung opera paling terkenal di dunia dan menjadi inspirasi bagi novel “The Phantom of the Opera” karya Gaston Leroux. Interior gedung ini dihiasi dengan marmer, emas, dan lukisan langit-langit karya Marc Chagall. Anda dapat mengikuti tur berpemandu untuk menjelajahi berbagai bagian gedung, termasuk aula utama, tangga besar, dan kotak kerajaan.

Palais Garnier terletak di arrondissement ke-9 Paris, tepatnya di Place de l’Opéra, 75009 Paris, Prancis. Untuk mencapai gedung ini, Anda dapat menggunakan:

  • Metro: Naik metro jalur 3, 7, atau 8 dan turun di stasiun Opéra.
  • RER: Naik kereta RER jalur A dan turun di stasiun Auber.
  • Bus: Naik bus nomor 20, 21, 27, 29, 42, 52, 66, 68, atau 95 yang berhenti di dekat Palais Garnier.
  • Taksi atau rideshare: Taksi dan layanan rideshare seperti Uber juga tersedia.

Palais Garnier biasanya buka setiap hari, tetapi jam operasionalnya dapat bervariasi tergantung pada jadwal pertunjukan dan acara khusus. Disarankan untuk memeriksa situs web resmi Palais Garnier untuk informasi terbaru tentang jam buka.

Harga tiket masuk untuk tur berpemandu di Palais Garnier adalah sekitar €14 untuk dewasa dan €10 untuk anak-anak. Jika Anda ingin menonton pertunjukan opera atau balet, harga tiket bervariasi tergantung pada pertunjukan dan lokasi tempat duduk.

Palais Garnier menawarkan keindahan arsitektur yang luar biasa dengan interior yang mewah dan detail yang indah. Fasilitas yang tersedia termasuk restoran dan kafe di dalam gedung, toko suvenir, dan area pameran. Anda juga dapat menikmati berbagai pertunjukan seni yang menakjubkan di sini.

Ada banyak pilihan penginapan di sekitar Palais Garnier, mulai dari hotel mewah hingga penginapan yang lebih terjangkau. Beberapa rekomendasi termasuk:

  • InterContinental Paris Le Grand: Hotel mewah yang berlokasi sangat dekat dengan Palais Garnier. Harga mulai dari €500 per malam.
  • Hôtel Scribe Paris Opera by Sofitel: Hotel bergaya klasik dengan pelayanan prima. Harga mulai dari €300 per malam.
  • Hotel Saint-Petersbourg Opera: Penginapan yang nyaman dengan harga yang lebih terjangkau. Harga mulai dari €150 per malam.

Taman Luxembourg

Taman Luxembourg adalah salah satu taman paling indah dan terkenal di Paris. Terletak di arondissement ke-6, taman ini menawarkan berbagai aktivitas dan pemandangan yang menenangkan.

Taman Luxembourg adalah tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan santai, piknik, atau sekadar duduk dan menikmati suasana. Taman ini memiliki berbagai fasilitas seperti kolam besar di tengah taman, patung-patung klasik, dan area bermain anak. Anda juga dapat menemukan Istana Luxembourg, yang sekarang menjadi tempat Senat Prancis, di dalam taman ini.

Taman Luxembourg terletak di arrondissement ke-6 Paris, dengan alamat Rue de Médicis – Rue de Vaugirard, 75006 Paris, Prancis. Untuk mencapai taman ini, Anda dapat menggunakan:

  • Metro: Naik metro jalur 4 dan turun di stasiun Saint-Sulpice atau jalur 10 dan turun di stasiun Mabillon.
  • RER: Naik kereta RER jalur B dan turun di stasiun Luxembourg.
  • Bus: Naik bus nomor 38, 82, atau 84 yang berhenti di dekat taman.
  • Taksi atau rideshare: Taksi dan layanan rideshare seperti Uber juga tersedia.

Taman Luxembourg buka setiap hari, tetapi jam operasionalnya dapat bervariasi tergantung pada musim. Biasanya, taman ini buka dari pagi hingga senja. Pastikan untuk memeriksa jam buka terkini sebelum berkunjung.

Mengunjungi Taman Luxembourg tidak dikenakan biaya masuk, sehingga Anda dapat menikmati keindahan taman ini secara gratis.

Taman Luxembourg menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan berbagai jenis bunga, pohon, dan patung. Fasilitas yang tersedia termasuk kursi dan bangku untuk duduk, kolam besar di tengah taman, area bermain anak, serta kafe dan kios makanan ringan. Taman ini juga sering menjadi lokasi pertunjukan musik dan acara budaya.

Ada banyak pilihan penginapan di sekitar Taman Luxembourg, beberapa di antaranya termasuk:

  • Hôtel Recamier: Hotel butik yang elegan dan nyaman. Harga mulai dari €250 per malam.
  • Hotel Luxembourg Parc: Hotel mewah dengan pemandangan indah ke taman. Harga mulai dari €300 per malam.
  • Hotel des Grands Hommes: Penginapan yang terjangkau dengan layanan yang baik. Harga mulai dari €150 per malam.

Kesimpulan

Paris, dengan segala pesonanya, menawarkan berbagai tempat wisata romantis yang dapat dinikmati oleh pasangan maupun individu yang mencari suasana yang indah dan mengesankan. Dari Menara Eiffel yang ikonik hingga taman-taman yang tenang seperti Taman Luxembourg, setiap sudut Paris memancarkan keanggunan dan romansa yang tiada duanya. Dengan fasilitas yang lengkap, akses transportasi yang mudah, dan berbagai pilihan penginapan, Paris benar-benar merupakan destinasi wisata yang sempurna untuk merasakan nuansa romantis yang abadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − eight =