Wisata Hits Korea Selatan: Jelajahi Keindahan dan Pesona Negeri Ginseng

Posted on

Korea Selatan, dengan segala pesonanya, telah menjadi tujuan wisata favorit bagi banyak wisatawan di seluruh dunia. Negeri yang dikenal dengan kemajuan teknologinya ini juga menyimpan banyak destinasi wisata yang memukau. Mulai dari keindahan alam, budaya, hingga hiburan modern yang ditawarkan, Korea Selatan memiliki segalanya. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi tujuh tempat wisata terpopuler yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Korea Selatan.

1. Gyeongbokgung Palace: Keagungan Istana Kerajaan Korea

Gyeongbokgung Palace adalah salah satu istana terbesar dan paling terkenal di Korea Selatan. Dibangun pada tahun 1395 oleh dinasti Joseon, istana ini adalah simbol dari kejayaan kerajaan Korea. Gyeongbokgung bukan hanya sekadar bangunan bersejarah, tetapi juga tempat di mana pengunjung bisa merasakan atmosfer zaman kerajaan dengan bangunan tradisional yang megah dan taman-taman yang indah.

Lokasi Wisata dan Transportasi:

Gyeongbokgung Palace terletak di pusat kota Seoul, tepatnya di Jongno-gu. Lokasinya sangat mudah dijangkau menggunakan berbagai macam transportasi. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan:

  • Subway: Naik Line 3 (Orange Line) dan turun di stasiun Gyeongbokgung (Exit 5).
  • Bus: Terdapat banyak jalur bus yang melewati istana ini, termasuk bus nomor 101, 102, dan 109.

Jam Buka Wisata:

Istana ini buka setiap hari kecuali hari Selasa, dengan jam operasional dari pukul 09.00 hingga 18.00. Pada musim panas, jam buka diperpanjang hingga pukul 19.00.

Tiket Masuk Wisata:

Untuk masuk ke Gyeongbokgung Palace, pengunjung perlu membayar tiket sebesar 3,000 KRW untuk dewasa dan 1,500 KRW untuk anak-anak. Terdapat juga tiket terusan untuk mengunjungi semua istana di Seoul dengan harga 10,000 KRW.

Keindahan dan Fasilitas:

Gyeongbokgung Palace menawarkan pemandangan indah dengan arsitektur tradisional Korea yang memukau. Di sini, pengunjung dapat menikmati upacara pergantian penjaga istana yang diadakan setiap hari. Fasilitas lain yang tersedia di area istana termasuk museum, pusat informasi, dan restoran tradisional.

Penginapan Terdekat dan Perkiraan Biaya:

Di sekitar Gyeongbokgung Palace, terdapat banyak pilihan penginapan mulai dari guesthouse hingga hotel bintang lima. Beberapa rekomendasi penginapan di area ini adalah:

  • Guesthouse: Harga mulai dari 50,000 KRW per malam.
  • Hotel bintang tiga: Harga mulai dari 100,000 KRW per malam.
  • Hotel bintang lima: Harga mulai dari 300,000 KRW per malam.

2. N Seoul Tower: Menikmati Panorama Seoul dari Ketinggian

N Seoul Tower, juga dikenal sebagai Namsan Tower, adalah salah satu ikon wisata Korea Selatan. Menara ini menawarkan pemandangan spektakuler kota Seoul dari ketinggian. Dibangun pada tahun 1969, N Seoul Tower tidak hanya berfungsi sebagai menara komunikasi tetapi juga sebagai destinasi wisata yang populer.

Lokasi Wisata dan Transportasi:

N Seoul Tower terletak di puncak Gunung Namsan di pusat kota Seoul. Ada beberapa cara untuk mencapai menara ini:

  • Cable Car: Naik kereta gantung dari stasiun Myeongdong.
  • Bus: Bus khusus Namsan yang berangkat dari stasiun Chungmuro (Line 3 dan Line 4).

Jam Buka Wisata:

Menara ini buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 23.00. Pada akhir pekan dan hari libur, jam operasional diperpanjang hingga pukul 24.00.

Tiket Masuk Wisata:

Untuk menikmati observatorium di N Seoul Tower, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar 10,000 KRW untuk dewasa dan 8,000 KRW untuk anak-anak. Terdapat juga paket khusus untuk menikmati pertunjukan dan restoran di menara ini.

Keindahan dan Fasilitas:

N Seoul Tower menawarkan pemandangan indah kota Seoul, terutama saat malam hari ketika lampu kota bersinar terang. Fasilitas yang tersedia di menara ini termasuk restoran, kafe, toko suvenir, dan observatorium. Pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan musik dan pertunjukan cahaya yang diadakan secara berkala.

Penginapan Terdekat dan Perkiraan Biaya:

Di sekitar N Seoul Tower, terdapat banyak pilihan penginapan yang nyaman. Beberapa rekomendasi penginapan adalah:

  • Guesthouse: Harga mulai dari 60,000 KRW per malam.
  • Hotel bintang tiga: Harga mulai dari 120,000 KRW per malam.
  • Hotel bintang lima: Harga mulai dari 350,000 KRW per malam.

3. Bukchon Hanok Village: Menelusuri Jejak Sejarah di Desa Tradisional Korea

Bukchon Hanok Village adalah sebuah desa tradisional yang terletak di antara Gyeongbokgung Palace dan Changdeokgung Palace. Desa ini dikenal dengan rumah-rumah tradisional Korea yang disebut Hanok, yang telah ada sejak 600 tahun yang lalu. Di Bukchon Hanok Village, pengunjung dapat merasakan suasana Korea di masa lalu dengan berjalan-jalan di antara rumah-rumah tradisional yang terjaga dengan baik.

Lokasi Wisata dan Transportasi:

Bukchon Hanok Village terletak di Jongno-gu, Seoul. Lokasi ini mudah dijangkau dengan:

  • Subway: Naik Line 3 dan turun di stasiun Anguk (Exit 2).
  • Bus: Bus nomor 7025, 1020, atau 151 melewati area ini.

Jam Buka Wisata:

Desa ini terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Namun, beberapa rumah Hanok yang dibuka untuk wisata biasanya memiliki jam operasional dari pukul 10.00 hingga 17.00.

Tiket Masuk Wisata:

Masuk ke Bukchon Hanok Village tidak dipungut biaya. Namun, beberapa rumah Hanok yang dibuka untuk tur wisata mungkin memungut biaya masuk sebesar 1,000 KRW hingga 5,000 KRW.

Keindahan dan Fasilitas:

Bukchon Hanok Village menawarkan pemandangan yang indah dengan deretan rumah tradisional yang terjaga rapi. Di sini, pengunjung dapat mengikuti tur berjalan kaki yang dipandu, atau hanya berjalan-jalan sendiri menikmati keindahan arsitektur Hanok. Fasilitas di desa ini termasuk kafe, toko suvenir, dan pusat informasi turis.

Penginapan Terdekat dan Perkiraan Biaya:

Pengunjung yang ingin merasakan pengalaman tinggal di Hanok dapat menginap di guesthouse Hanok yang tersedia di desa ini. Beberapa rekomendasi penginapan adalah:

  • Guesthouse Hanok: Harga mulai dari 80,000 KRW per malam.
  • Hotel bintang tiga di sekitar Bukchon: Harga mulai dari 100,000 KRW per malam.
  • Hotel bintang lima di sekitar Jongno: Harga mulai dari 300,000 KRW per malam.

4. Jeju Island: Pulau Surga di Selatan Korea

Jeju Island, atau Pulau Jeju, adalah destinasi wisata populer yang dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Terletak di selatan semenanjung Korea, pulau ini menawarkan berbagai atraksi wisata mulai dari pantai, gunung, hingga taman bunga yang menakjubkan. Jeju Island adalah tempat yang sempurna untuk wisatawan yang mencari pengalaman liburan alam yang mempesona.

Lokasi Wisata dan Transportasi:

Jeju Island dapat dicapai dengan penerbangan langsung dari berbagai kota besar di Korea Selatan, seperti Seoul, Busan, dan Daegu. Beberapa cara untuk menjelajahi pulau ini adalah:

  • Sewa Mobil: Menyewa mobil adalah cara terbaik untuk berkeliling pulau ini karena memberikan kebebasan dan fleksibilitas.
  • Bus Wisata: Terdapat layanan bus wisata yang menghubungkan berbagai destinasi populer di pulau ini.

Jam Buka Wisata:

Jeju Island adalah pulau yang terbuka sepanjang tahun. Namun, beberapa atraksi wisata di pulau ini mungkin memiliki jam buka yang berbeda-beda. Misalnya, Jeju Folk Village Museum buka dari pukul 08.30 hingga 18.00, sementara Seongsan Ilchulbong buka dari pukul 07.00 hingga 20.00.

Tiket Masuk Wisata:

Biaya masuk ke berbagai atraksi di Jeju Island bervariasi. Sebagai contoh:

  • Jeju Folk Village Museum: 11,000 KRW untuk dewasa.
  • Seongsan Ilchulbong: 2,000 KRW untuk dewasa.

Keindahan dan Fasilitas:

Jeju Island menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Beberapa tempat yang wajib dikunjungi termasuk Seongsan Ilchulbong (Sunrise Peak), Manjanggul Cave, dan Hallasan National Park. Fasilitas yang tersedia di pulau ini termasuk penginapan, restoran, toko suvenir, dan pusat informasi turis.

Penginapan Terdekat dan Perkiraan Biaya:

Jeju Island memiliki berbagai pilihan penginapan mulai dari guesthouse hingga resort mewah. Beberapa rekomendasi penginapan adalah:

  • Guesthouse: Harga mulai dari 40,000 KRW per malam.
  • Hotel bintang tiga: Harga mulai dari 100,000 KRW per malam.
  • Resort bintang lima: Harga mulai dari 400,000 KRW per malam.

5. Everland: Taman Hiburan Terbesar di Korea Selatan

Everland adalah taman hiburan terbesar di Korea Selatan yang menawarkan berbagai wahana dan atraksi untuk segala usia. Terletak di Yongin, sekitar satu jam perjalanan dari Seoul, Everland adalah destinasi wisata yang sempurna untuk keluarga dan penggemar taman hiburan.

Lokasi Wisata dan Transportasi:

Everland terletak di Yongin, Gyeonggi-do. Untuk mencapai taman hiburan ini, Anda bisa menggunakan:

  • Shuttle Bus: Tersedia shuttle bus dari berbagai titik di Seoul seperti stasiun Gangnam dan Jamsil.
  • Subway: Naik Line 2 (Green Line) ke stasiun Gangnam, kemudian lanjutkan dengan bus nomor 5002.

Jam Buka Wisata:

Everland buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00. Pada akhir pekan dan hari libur, jam operasional dapat diperpanjang.

Tiket Masuk Wisata:

Harga tiket masuk ke Everland adalah sekitar 56,000 KRW untuk dewasa dan 44,000 KRW untuk anak-anak. Terdapat juga paket tiket tahunan dan diskon khusus untuk grup.

Keindahan dan Fasilitas:

Everland menawarkan berbagai wahana menarik seperti T-Express (roller coaster kayu), Safari World, dan Caribbean Bay (taman air). Fasilitas yang tersedia di taman ini termasuk restoran, kafe, toko suvenir, dan area parkir yang luas.

Penginapan Terdekat dan Perkiraan Biaya:

Di sekitar Everland, terdapat beberapa pilihan penginapan mulai dari guesthouse hingga hotel. Beberapa rekomendasi penginapan adalah:

  • Guesthouse: Harga mulai dari 50,000 KRW per malam.
  • Hotel bintang tiga: Harga mulai dari 120,000 KRW per malam.
  • Resort bintang lima: Harga mulai dari 300,000 KRW per malam.

6. Lotte World: Surga Hiburan di Tengah Kota

Lotte World adalah taman hiburan indoor terbesar di dunia yang terletak di pusat kota Seoul. Taman hiburan ini menawarkan berbagai wahana dan atraksi menarik, serta kompleks perbelanjaan dan akomodasi. Lotte World adalah destinasi wisata yang sempurna untuk keluarga dan penggemar hiburan.

Lokasi Wisata dan Transportasi:

Lotte World terletak di Jamsil, Seoul. Lokasi ini mudah dijangkau dengan:

  • Subway: Naik Line 2 (Green Line) atau Line 8 (Pink Line) ke stasiun Jamsil (Exit 4).
  • Bus: Bus nomor 301, 341, dan 360 melewati area ini.

Jam Buka Wisata:

Lotte World buka setiap hari dari pukul 09.30 hingga 22.00. Pada akhir pekan dan hari libur, jam operasional dapat diperpanjang hingga pukul 23.00.

Tiket Masuk Wisata:

Harga tiket masuk ke Lotte World adalah sekitar 54,000 KRW untuk dewasa dan 47,000 KRW untuk anak-anak. Terdapat juga tiket terusan untuk masuk ke Lotte World Adventure dan Lotte World Tower.

Keindahan dan Fasilitas:

Lotte World menawarkan berbagai wahana menarik seperti Atlantis Adventure, Gyro Drop, dan Magic Island. Fasilitas yang tersedia di taman ini termasuk restoran, kafe, toko suvenir, dan pusat perbelanjaan.

Penginapan Terdekat dan Perkiraan Biaya:

Di sekitar Lotte World, terdapat banyak pilihan penginapan yang nyaman. Beberapa rekomendasi penginapan adalah:

  • Guesthouse: Harga mulai dari 60,000 KRW per malam.
  • Hotel bintang tiga: Harga mulai dari 130,000 KRW per malam.
  • Hotel bintang lima: Harga mulai dari 350,000 KRW per malam.

7. Nami Island: Pulau Romantis di Tengah Sungai Han

Nami Island adalah pulau kecil yang terletak di tengah Sungai Han dan dikenal sebagai destinasi wisata romantis. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, terutama selama musim gugur ketika daun-daun berubah warna menjadi merah dan kuning. Nami Island juga dikenal sebagai lokasi syuting drama Korea populer, “Winter Sonata”.

Lokasi Wisata dan Transportasi:

Nami Island terletak di Chuncheon, Gangwon-do. Untuk mencapai pulau ini, Anda bisa menggunakan:

  • Subway dan Shuttle Bus: Naik ITX dari stasiun Yongsan atau Cheongnyangni ke stasiun Gapyeong, kemudian lanjutkan dengan shuttle bus ke dermaga Nami Island.
  • Ferry: Dari dermaga Nami Island, naik ferry ke pulau ini dengan durasi perjalanan sekitar 10 menit.

Jam Buka Wisata:

Nami Island buka setiap hari dari pukul 07.30 hingga 21.30. Ferry beroperasi setiap 30 menit dari pukul 07.30 hingga 21.00.

Tiket Masuk Wisata:

Harga tiket masuk ke Nami Island adalah sekitar 13,000 KRW untuk dewasa dan 7,000 KRW untuk anak-anak. Tiket ini sudah termasuk biaya ferry pulang-pergi.

Keindahan dan Fasilitas:

Nami Island menawarkan keindahan alam yang memukau dengan hutan pinus, jalan-jalan setapak yang indah, dan taman bunga yang mempesona. Fasilitas yang tersedia di pulau ini termasuk restoran, kafe, toko suvenir, dan tempat penyewaan sepeda.

Penginapan Terdekat dan Perkiraan Biaya:

Di sekitar Nami Island, terdapat beberapa pilihan penginapan yang nyaman. Beberapa rekomendasi penginapan adalah:

  • Guesthouse: Harga mulai dari 70,000 KRW per malam.
  • Hotel bintang tiga: Harga mulai dari 140,000 KRW per malam.
  • Resort bintang lima: Harga mulai dari 400,000 KRW per malam.

Kesimpulan Berwisata di Korea Selatan

Berwisata di Korea Selatan menawarkan pengalaman yang beragam dan menarik. Dari istana kerajaan yang megah, menara observatorium yang menawarkan pemandangan spektakuler, desa tradisional yang penuh sejarah, hingga taman hiburan yang penuh dengan wahana menarik, setiap tempat wisata memiliki daya tariknya sendiri. Dengan berbagai fasilitas dan pilihan penginapan yang tersedia, Korea Selatan adalah destinasi yang sempurna untuk liburan keluarga, pasangan, atau bahkan solo traveler. Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan Anda dengan baik dan menikmati setiap momen yang ada di Negeri Ginseng ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − two =