Wisata di Singapura: Destinasi Menarik untuk Dikunjungi

Posted on

Singapura, sebuah negara pulau kecil di Asia Tenggara, telah menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di dunia. Terkenal dengan kebersihannya, kemodernannya, serta berbagai atraksi wisata yang luar biasa, Singapura menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap wisatawan. Artikel ini akan membahas secara rinci tujuh tempat wisata utama di Singapura, termasuk informasi tentang lokasi, jam buka, biaya masuk, keindahan yang ditawarkan, fasilitas yang tersedia, serta alternatif penginapan di sekitar tempat wisata tersebut.

1. Gardens by the Bay

Gardens by the Bay: Keajaiban Taman Futuristik di Singapura

Gardens by the Bay adalah salah satu ikon wisata paling terkenal di Singapura. Terletak di pusat kota, taman ini menawarkan pemandangan spektakuler dengan koleksi tanaman dari seluruh dunia, struktur Supertree yang futuristik, dan konservatorium raksasa seperti Flower Dome dan Cloud Forest.

Taman ini dibuka pada tahun 2012 dan telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang mencari keindahan alam yang dikombinasikan dengan teknologi canggih. Gardens by the Bay terdiri dari tiga bagian utama: Bay South Garden, Bay East Garden, dan Bay Central Garden.

Bay South Garden adalah bagian terbesar dan paling terkenal, menampilkan Supertree Grove, Flower Dome, dan Cloud Forest. Supertree Grove adalah serangkaian struktur tinggi berbentuk pohon yang menyala di malam hari, menciptakan pemandangan yang sangat indah. Flower Dome adalah rumah kaca terbesar di dunia yang menampilkan berbagai jenis tanaman dari iklim Mediterania dan subtropis. Cloud Forest, di sisi lain, memiliki air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia dan menampilkan tanaman dari pegunungan tropis.

Lokasi Gardens by the Bay dan Alternatif Transportasi

Gardens by the Bay terletak di 18 Marina Gardens Drive, Singapura. Lokasinya sangat strategis dan mudah diakses dengan berbagai moda transportasi.

MRT (Mass Rapid Transit): Stasiun terdekat adalah Bayfront MRT Station (CE1/DT16) di Circle Line dan Downtown Line. Dari stasiun ini, Anda dapat berjalan kaki melalui Dragonfly Bridge atau Meadow Bridge untuk mencapai Gardens by the Bay.

Bus: Beberapa jalur bus yang menuju ke Gardens by the Bay termasuk nomor 400. Anda bisa turun di halte bus terdekat dan berjalan kaki menuju taman.

Taksi atau Grab: Taksi dan layanan ride-hailing seperti Grab juga merupakan pilihan yang nyaman. Cukup sebutkan Gardens by the Bay sebagai tujuan, dan pengemudi akan mengantar Anda langsung ke pintu masuk utama.

Mobil Pribadi: Jika Anda mengemudi sendiri, tersedia tempat parkir di area Gardens by the Bay dengan tarif yang wajar.

Jam Buka Gardens by the Bay

Gardens by the Bay buka setiap hari, termasuk hari libur nasional. Jam operasional taman bervariasi tergantung pada bagian yang ingin Anda kunjungi:

  • Taman Luar Ruangan: 05:00 – 02:00 (gratis untuk umum)
  • Flower Dome dan Cloud Forest: 09:00 – 21:00 (last admission 20:30)
  • OCBC Skyway: 09:00 – 21:00 (last admission 20:30)

Disarankan untuk datang lebih awal atau di sore hari untuk menghindari keramaian dan menikmati pemandangan malam yang indah dengan lampu-lampu Supertree Grove yang menyala.

Tiket Masuk Gardens by the Bay

Untuk menikmati berbagai atraksi di Gardens by the Bay, Anda perlu membeli tiket masuk. Harga tiket bervariasi tergantung pada atraksi yang ingin Anda kunjungi:

  • Flower Dome dan Cloud Forest: SGD 28 untuk dewasa, SGD 15 untuk anak-anak (3-12 tahun).
  • OCBC Skyway: SGD 8 untuk dewasa, SGD 5 untuk anak-anak.

Tiket dapat dibeli secara online melalui situs resmi Gardens by the Bay atau langsung di loket tiket di lokasi. Ada juga paket kombinasi yang menawarkan harga lebih murah jika Anda berencana mengunjungi beberapa atraksi sekaligus.

Keindahan dan Fasilitas di Gardens by the Bay

Gardens by the Bay menawarkan berbagai keindahan alam dan teknologi yang dikombinasikan dengan baik. Supertree Grove adalah pemandangan yang harus dilihat, terutama saat malam hari ketika lampu-lampu berwarna-warni menyala, menciptakan suasana yang magis. Flower Dome menawarkan pengalaman melihat berbagai tanaman eksotis dari seluruh dunia dalam satu tempat. Cloud Forest memberikan pengalaman yang menakjubkan dengan air terjun dalam ruangan dan pemandangan pegunungan tropis.

Fasilitas di Gardens by the Bay sangat lengkap. Terdapat beberapa restoran dan kafe yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman. Anda juga bisa menemukan toko suvenir untuk membeli oleh-oleh. Selain itu, tersedia fasilitas seperti toilet, ruang menyusui, dan aksesibilitas untuk penyandang disabilitas.

Penginapan Terdekat di Gardens by the Bay

Ada banyak pilihan penginapan yang terletak di sekitar Gardens by the Bay, mulai dari hotel mewah hingga akomodasi yang lebih terjangkau. Berikut beberapa rekomendasi penginapan:

Marina Bay Sands: Hotel bintang lima yang terletak sangat dekat dengan Gardens by the Bay. Hotel ini menawarkan fasilitas mewah termasuk kolam renang infinity yang terkenal dengan pemandangan kota yang menakjubkan. Harga kamar mulai dari SGD 500 per malam.

The Fullerton Hotel Singapore: Hotel bersejarah dengan arsitektur yang indah, terletak di dekat Marina Bay. Hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang mewah dengan harga kamar mulai dari SGD 400 per malam.

Capsule Pod Boutique Hostel: Bagi yang mencari akomodasi lebih terjangkau, hostel ini menawarkan tempat tidur kapsul yang nyaman dengan harga mulai dari SGD 50 per malam. Terletak di Chinatown, hanya beberapa stasiun MRT dari Gardens by the Bay.

Hotel 81 Orchid: Pilihan hotel ekonomis dengan harga kamar mulai dari SGD 70 per malam. Terletak di Geylang, hotel ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan akses mudah ke Gardens by the Bay melalui MRT.

Dengan banyaknya pilihan penginapan, Anda dapat memilih yang sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda.

2. Marina Bay Sands SkyPark

Marina Bay Sands SkyPark: Pemandangan Spektakuler dari Atas Awan

Marina Bay Sands SkyPark adalah platform observasi yang terletak di atas gedung Marina Bay Sands, salah satu landmark paling ikonik di Singapura. SkyPark menawarkan pemandangan 360 derajat dari kota Singapura yang menakjubkan, termasuk pemandangan Gardens by the Bay, Marina Bay, dan cakrawala kota yang memukau.

SkyPark berada di lantai 57 Marina Bay Sands dan mencakup kolam renang infinity yang terkenal, meskipun akses ke kolam renang hanya tersedia bagi tamu hotel. Namun, pengunjung umum masih bisa menikmati platform observasi yang luas dengan pemandangan yang menakjubkan.

Lokasi Marina Bay Sands SkyPark dan Alternatif Transportasi

Marina Bay Sands SkyPark terletak di 10 Bayfront Avenue, Singapura. Berikut beberapa cara untuk mencapai lokasi:

MRT (Mass Rapid Transit): Stasiun MRT terdekat adalah Bayfront MRT Station (CE1/DT16) di Circle Line dan Downtown Line. Anda bisa keluar di Exit D dan mengikuti tanda menuju Marina Bay Sands.

Bus: Beberapa jalur bus yang berhenti di dekat Marina Bay Sands termasuk nomor 97, 106, dan 133. Anda bisa turun di halte bus terdekat dan berjalan kaki ke SkyPark.

Taksi atau Grab: Taksi dan layanan ride-hailing seperti Grab adalah pilihan yang nyaman. Cukup sebutkan Marina Bay Sands SkyPark sebagai tujuan, dan pengemudi akan mengantar Anda langsung ke gedung.

Mobil Pribadi: Marina Bay Sands memiliki fasilitas parkir yang luas, jadi jika Anda mengemudi, Anda bisa memarkir mobil di tempat parkir gedung dengan tarif parkir yang berlaku.

Jam Buka Marina Bay Sands SkyPark

Marina Bay Sands SkyPark buka setiap hari dengan jam operasional sebagai berikut:

  • Senin – Kamis: 11:00 – 21:00
  • Jumat – Minggu, dan Hari Libur Nasional: 11:00 – 22:00

Jam buka dapat berubah tergantung pada cuaca dan acara khusus yang mungkin diadakan di SkyPark. Disarankan untuk memeriksa situs resmi Marina Bay Sands untuk informasi terbaru sebelum kunjungan Anda.

Tiket Masuk Marina Bay Sands SkyPark

Harga tiket masuk ke Marina Bay Sands SkyPark adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: SGD 26
  • Anak-anak (2-12 tahun): SGD 20
  • Lansia (65 tahun ke atas): SGD 23

Tiket dapat dibeli secara online melalui situs resmi Marina Bay Sands atau langsung di loket tiket di lokasi. Ada juga paket kombinasi yang menawarkan harga lebih murah jika Anda berencana mengunjungi beberapa atraksi lainnya di Marina Bay Sands.

Keindahan dan Fasilitas di Marina Bay Sands SkyPark

Marina Bay Sands SkyPark menawarkan pemandangan yang luar biasa dari ketinggian 200 meter di atas permukaan tanah. Dari sini, Anda bisa melihat berbagai landmark terkenal seperti Gardens by the Bay, Singapore Flyer, dan pemandangan kota yang spektakuler. Pemandangan malam hari sangat indah dengan lampu-lampu kota yang berkilauan.

Fasilitas di SkyPark mencakup restoran dan bar yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman. Anda juga bisa menemukan toko suvenir yang menjual berbagai oleh-oleh unik. Selain itu, terdapat fasilitas seperti toilet, ruang menyusui, dan aksesibilitas untuk penyandang disabilitas.

Penginapan Terdekat di Marina Bay Sands SkyPark

Selain Marina Bay Sands Hotel yang merupakan pilihan utama, terdapat beberapa alternatif penginapan di sekitar area Marina Bay:

The Ritz-Carlton, Millenia Singapore: Hotel mewah yang menawarkan pemandangan indah Marina Bay dan fasilitas kelas atas. Harga kamar mulai dari SGD 500 per malam.

Mandarin Oriental, Singapore: Hotel bintang lima yang menawarkan kamar dengan pemandangan Marina Bay dan fasilitas mewah. Harga kamar mulai dari SGD 450 per malam.

Pan Pacific Singapore: Hotel mewah yang terletak di dekat Marina Square dan menawarkan kamar yang nyaman serta pemandangan yang indah. Harga kamar mulai dari SGD 350 per malam.

Marina Mandarin Singapore: Hotel mewah dengan harga kamar mulai dari SGD 300 per malam, menawarkan pemandangan kota dan fasilitas yang nyaman.

Dengan berbagai pilihan penginapan yang tersedia, Anda dapat memilih yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

3. Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore: Taman Hiburan Kelas Dunia di Sentosa Island

Universal Studios Singapore adalah taman hiburan bertema film pertama di Asia Tenggara, terletak di Resorts World Sentosa. Taman ini menawarkan berbagai atraksi dan wahana yang didasarkan pada film-film blockbuster dan karakter-karakter terkenal dari Universal Studios. Universal Studios Singapore terbagi menjadi tujuh zona tematik: Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, The Lost World, Far Far Away, dan Madagascar.

Taman hiburan ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan untuk semua usia, mulai dari wahana yang menegangkan hingga pertunjukan live dan parade yang menghibur. Beberapa atraksi terkenal termasuk Battlestar Galactica: HUMAN vs. CYLON, Transformers: The Ride, Revenge of the Mummy, dan Shrek 4-D Adventure.

Lokasi Universal Studios Singapore dan Alternatif Transportasi

Universal Studios Singapore terletak di 8 Sentosa Gateway, Sentosa Island, Singapura. Berikut beberapa cara untuk mencapai lokasi:

MRT (Mass Rapid Transit): Stasiun MRT terdekat adalah HarbourFront MRT Station (NE1/CC29) di North-East Line dan Circle Line. Dari stasiun ini, Anda bisa naik Sentosa Express monorail dan turun di stasiun Waterfront, yang terletak dekat dengan pintu masuk Universal Studios Singapore.

Bus: Beberapa jalur bus yang menuju ke Resorts World Sentosa termasuk nomor RWS8, 188R, dan 963R. Anda bisa turun di halte bus terdekat dan berjalan kaki ke taman hiburan.

Taksi atau Grab: Taksi dan layanan ride-hailing seperti Grab adalah pilihan yang nyaman. Cukup sebutkan Universal Studios Singapore sebagai tujuan, dan pengemudi akan mengantar Anda langsung ke pintu masuk.

Mobil Pribadi: Resorts World Sentosa memiliki fasilitas parkir yang luas, jadi jika Anda mengemudi, Anda bisa memarkir mobil di tempat parkir dengan tarif parkir yang berlaku.

Jam Buka Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore buka setiap hari dengan jam operasional sebagai berikut:

  • Senin – Minggu: 10:00 – 18:00

Jam operasional dapat berubah tergantung pada musim dan acara khusus yang mungkin diadakan di taman hiburan. Disarankan untuk memeriksa situs resmi Universal Studios Singapore untuk informasi terbaru sebelum kunjungan Anda.

Tiket Masuk Universal Studios Singapore

Harga tiket masuk ke Universal Studios Singapore adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: SGD 81
  • Anak-anak (4-12 tahun): SGD 61
  • Lansia (60 tahun ke atas): SGD 43

Tiket dapat dibeli secara online melalui situs resmi Universal Studios Singapore atau langsung di loket tiket di lokasi. Ada juga paket tahunan yang menawarkan akses tak terbatas sepanjang tahun dengan harga yang lebih ekonomis.

Keindahan dan Fasilitas di Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore menawarkan berbagai atraksi dan wahana yang memukau. Dari zona Hollywood yang menampilkan Walk of Fame hingga zona Sci-Fi City dengan wahana Transformers: The Ride, setiap zona menawarkan pengalaman unik yang berbeda.

Fasilitas di Universal Studios Singapore sangat lengkap. Terdapat berbagai restoran dan kafe yang menyajikan makanan dan minuman untuk semua selera. Anda juga bisa menemukan toko suvenir yang menjual berbagai oleh-oleh bertema Universal Studios. Selain itu, tersedia fasilitas seperti toilet, ruang menyusui, dan aksesibilitas untuk penyandang disabilitas.

Penginapan Terdekat di Universal Studios Singapore

Ada banyak pilihan penginapan yang terletak di sekitar Universal Studios Singapore, mulai dari hotel mewah hingga akomodasi yang lebih terjangkau. Berikut beberapa rekomendasi penginapan:

Resorts World Sentosa – Hotel Michael: Hotel bintang lima yang terletak sangat dekat dengan Universal Studios Singapore. Hotel ini menawarkan kamar mewah dengan harga mulai dari SGD 350 per malam.

Resorts World Sentosa – Festive Hotel: Hotel keluarga dengan harga kamar mulai dari SGD 300 per malam. Hotel ini menawarkan fasilitas yang ramah anak dan akses mudah ke taman hiburan.

Capella Singapore: Hotel mewah yang terletak di Sentosa Island, menawarkan kamar yang nyaman dengan pemandangan indah. Harga kamar mulai dari SGD 700 per malam.

Siloso Beach Resort: Pilihan hotel yang lebih terjangkau dengan harga kamar mulai dari SGD 150 per malam. Terletak di dekat pantai Siloso dan menawarkan akses mudah ke Universal Studios Singapore.

Dengan berbagai pilihan penginapan yang tersedia, Anda dapat memilih yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Kesimpulan Berwisata di Singapura

Berwisata di Singapura menawarkan pengalaman yang sangat beragam, mulai dari keindahan taman futuristik di Gardens by the Bay hingga keseruan wahana di Universal Studios Singapore. Setiap tempat wisata di Singapura menawarkan keunikan tersendiri dengan berbagai fasilitas yang memadai dan akses transportasi yang mudah.

Dengan berbagai pilihan penginapan yang tersedia, Anda dapat menyesuaikan perjalanan Anda sesuai dengan anggaran dan preferensi. Tidak diragukan lagi, Singapura adalah tujuan wisata yang sempurna untuk liburan keluarga, pasangan, atau solo traveler yang mencari pengalaman yang tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 14 =