Wisata di Pantai Laguna Helau Kalianda, Lampung Selatan

Ternyata memang Lampung punya banyak pantai wisata yang indah dan mempesona. Tak hanya yang sudah dikelola dengan baik, tapi pantai-pantai yang masih perawan pun banyak yang menarik wisatawan. Salah satu pantai yang menarik untuk Anda nikmati keindahaanya dengan biaya yang murah adalah Pantai Laguna Helau Kalianda, Lampung.

Pantai ini memiliki gugusan batu karang dan bebatuan tanggul penahan abrasi yang indah untuk berfoto. Letaknya di ujung pantai ini. Menikmati keelokan pantai ini bakalan memikat Anda untuk menginap agar lebih puas menjelajahnya. Jangan khawatir, ada tempat menginapnya juga. Seperti apa serunya berwisata di Pantai Laguna Helau, Lampung. Simak ulasannya berikut ini…

Sumber Gambar : Wisataterbaik.com

Pantai Laguna Helau berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Lampung. Jika Anda melihat lokasi ini via Google maps maka yang Anda temukan adalah resor bernama Alau Alau Boutique Resort (hotel) dan Laguna Helau Beach (restoran). Keduanya memang salah satu bangunan dan fasilitas di pantai tersebut. Jadi berwisata ke pantai ini bukan berarti harus menginap di hotel itu ya.

Lokasi pantai Laguna sekitar 36 Km dari pelabuhan Bakauheni, dan berjarak 66 Km dari Kota Bandar Lampung. Lumayan jauh. Dari Bandar Lampung Anda membutuhkan waktu 1 jam 47 menit untuk sampai di lokasi wisata Lampung satu ini.

Jika anda mengendarai kendaraan pribadi, dari arah Bakauheni Anda lansgun menuju langsung ke arah kota Kalianda. Sampai di pertigaan kota dengan jalan lintas Sumatera, Anda ambil jalan yang belok ke kiri memasuki jalan 2 jalur. Sekitar 2 km kemudian Anda melewati Kantor Bupati Lampung Selatan. Pada sisi kanan anda akan menjumpai pangkalan ojek serta terdapat sebuah plang penunjuk arah menuju Laguna Helau Resort. Tak jauh, sekitar 6 km dari pangkalan ojek Anda akan temukan pintu gerbang Laguna Helau Resort.

Sedangkan jika memakai jasa kendaraan umum, dari Bakauheni ikutlah bus jurusan Bakauheni – Rajabasa, turun pertigaan kota Kalianda. Setelah itu dari pertigaan Anda bisa memakai jasa ojek untuk menuju ke lokasi Laguna Helau Resort. Jasa ojek lebih diutamakan karena banyak yang mangkal dan bisa mengantar sampai lokasi. Sedangkan angkot hanya bisa sampai pangkalan ojek di jalan masuk ke Pantai Laguna.

Bagi Anda yang berkendaraan pribadi dari Bandar Lampung, jalanlah menuju arah Bakauheni. Sesampai di pertigaan Kota Kalianda dan Lintas Sumatera ambillah jalan ke kanan sampai di pertigaan Kota Kalianda. Dan seterusnya seperti rute di atas. Sedang jika memakai kendaraan umum, ikutlah bus jurusan Rajabasa – Bakauheni turun di pertigaan kota Kalianda. Dan seterusnya seperti rute yang telah diterangkan di atas.

Tarif Masuk, Keindahan dan Fasilitas di Pantai Laguna Helau

Pantai Laguna Helau memiliki ciri khas seperti pantai-pantai di Lampung pada umumnya. Yaitu pasir putih dan halus. Ada jajaran batu karang di ujung pantai memagari bibir pantai. Dan untuk masuk ke lokasi wisata Pantai Lahuna Helau, Anda harus membayar Rp10.000 saja.

Keindahan pantai Laguna Helau terletak pada spot-spot foto cantik yang banyak terdapat disana. Bagian ujung pantai yang berbatu karang merupakan spot paling cantik untuk berfoto. Sunset yang indah pun bisa Anda nikmati jika berwisata di pantai ini sampai senja. Adanya pasir putih dan ombak yang lumayan membuat keistimewaan tersendiri bagi pantai ini. Ombak di Pantai Laguna ini cocok bagi para surfer untuk berselancar.

Fasilitas yang paling mencolok di Pantai Laguna adalah adanya beberapa cottage kayu bergaya rumah panggung. Harga sewanya mulai Rp.800.000,- permalam untuk menyewa 4 kamar. Untuk 2 kamar harganya Rp.200.000 dan ada yang 1 kamar dengan pemandangan laut  dibadrol Rp300.000 per malamnya. Selain itu ada yang berharga Rp.250.000 perkamar. Sayangnya, karena sepi pengunjung, cottage ini kurang terawat. Ada juga bar dan kedai sederhana serta restoran yang siap melayani konsumsi Anda. Hanya saja menurut sebagian traveler, restoran ini tidak buka sampai malam. Jadi ada yang menyarankan lebih baik bawa logistic sendiri jika ingin menginap di Pantai Lagua Helau.

Contact Person atau nomor telepon yang bisa Anda hubungi untuk memesan penginapan di pantai Laguan Helau atau Alau-Alau ini salah satunya adalah pengelola Alau-Alau Boutiqeu Resort Hotel. Nomor teleponnya yaitu 0727-700-144 dan 0811-727-638. Hotel ini lebih nyaman dipakai menginap ketimbang di cottage. Harga sewanya mulai Rp.800.000 sampai Rp.2.400.000. Fasilitasnya lebih lengkap dengan adanya kipas angin, pengering rambut, dan kamar mandi.

Demikianlah tadi ulasan tentang wisata di Pantai Laguna Helau Kalianda, Lampung. Semoga dapat menjadi referensi informasi yang bermanfaat untuk mengisi waktu liburan anda. Silakan berkunjung dan melepas lelah di pantai indah ini. Selamat berwisata ke Lampung !!