Wisata Bukit Jaddih, Wisata Fotogenik di Bangkalan Madura, Jawa Timur

Posted on

Wisata Bukit Jaddih, Wisata Fotogenik di Bangkalan Madura, Jawa Timur

Bukit Jaddih adalah destinasi wisata yang semakin populer di kalangan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Terletak di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Bukit Jaddih menawarkan pemandangan yang memukau dengan keindahan alam yang unik dan formasi batu kapur putih yang menawan. Dengan pemandangan yang sangat fotogenik, Bukit Jaddih menjadi tempat favorit bagi para penggemar fotografi dan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus mengabadikan momen indah mereka.

Bukit Jaddih, Wisata Fotogenik di Bangkalan Madura

Bukit Jaddih merupakan sebuah kawasan pertambangan batu kapur yang kini telah diubah menjadi destinasi wisata. Keunikan dari Bukit Jaddih adalah pemandangan alamnya yang didominasi oleh tebing-tebing batu kapur putih yang menjulang tinggi. Warna putih dari batu kapur ini memberikan kesan eksotis dan berbeda dari kebanyakan destinasi wisata alam lainnya. Di antara tebing-tebing tersebut, terdapat kolam-kolam air alami yang menambah keindahan tempat ini.

Di Bukit Jaddih, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang memukau, berjalan-jalan di antara tebing-tebing batu kapur, dan berenang di kolam-kolam air alami. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Bukit Jaddih membuatnya menjadi tempat yang sangat instagrammable, sehingga banyak pengunjung yang datang untuk berfoto-foto.

Lokasi Wisata Bukit Jaddih

Bukit Jaddih terletak di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Lokasi ini cukup mudah dijangkau dari pusat kota Bangkalan, dengan jarak sekitar 10 kilometer. Untuk mencapai Bukit Jaddih, pengunjung dapat menggunakan berbagai alternatif transportasi, baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa mengikuti jalur dari pusat kota Bangkalan menuju arah utara. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 menit. Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan pedesaan yang asri dan khas Madura. Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi, tersedia angkutan umum seperti ojek atau taksi online yang siap mengantar ke lokasi.

Selain itu, bagi wisatawan yang datang dari luar kota, bisa menggunakan bus atau kereta api menuju Surabaya. Dari Surabaya, perjalanan dilanjutkan dengan menyeberangi Jembatan Suramadu menuju Bangkalan. Setelah tiba di Bangkalan, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Bukit Jaddih dengan kendaraan pribadi, taksi, atau ojek.

Jam Buka Wisata Bukit Jaddih

Bukit Jaddih buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Jam operasional yang cukup panjang ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan Bukit Jaddih sepanjang hari. Namun, waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Jaddih adalah pada pagi atau sore hari, ketika matahari tidak terlalu terik sehingga pengunjung bisa lebih nyaman menikmati pemandangan dan berfoto-foto.

Pada pagi hari, sekitar pukul 08.00 hingga 10.00, suasana di Bukit Jaddih masih sejuk dan segar. Cahaya matahari yang masih lembut membuat pemandangan terlihat semakin indah dan cocok untuk berfoto. Sementara itu, pada sore hari, sekitar pukul 15.00 hingga 17.00, pengunjung bisa menikmati matahari terbenam yang memukau di Bukit Jaddih. Pemandangan sunset di antara tebing-tebing batu kapur putih adalah salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan.

Tiket Masuk Wisata Bukit Jaddih

Untuk masuk ke kawasan wisata Bukit Jaddih, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Harga tiket yang cukup terjangkau ini menjadikan Bukit Jaddih sebagai destinasi wisata yang ramah di kantong. Selain tiket masuk, pengunjung juga perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Biaya masuk yang relatif murah ini membuat Bukit Jaddih menjadi pilihan wisata yang menarik bagi semua kalangan, baik itu keluarga, kelompok teman, maupun pasangan yang ingin menghabiskan waktu bersama di tempat yang indah dan fotogenik. Selain itu, dengan harga tiket yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati seluruh keindahan dan fasilitas yang ada di Bukit Jaddih tanpa perlu khawatir menguras kantong.

Keindahan yang Disajikan dan Fasilitas yang Tersedia di Bukit Jaddih

Bukit Jaddih menawarkan berbagai keindahan alam yang menakjubkan. Salah satu daya tarik utamanya adalah formasi batu kapur putih yang menjulang tinggi dan menciptakan pemandangan yang sangat fotogenik. Warna putih dari batu kapur ini kontras dengan langit biru dan hijaunya vegetasi sekitar, menciptakan pemandangan yang sangat menarik dan memukau.

Selain keindahan tebing batu kapur, Bukit Jaddih juga memiliki beberapa kolam air alami yang terbentuk dari bekas galian tambang. Air di kolam-kolam ini berwarna biru kehijauan yang sangat jernih dan menyegarkan. Pengunjung bisa berenang atau sekadar berendam di kolam-kolam ini untuk merasakan kesegaran air alami Bukit Jaddih. Kolam-kolam ini juga menjadi spot favorit untuk berfoto karena keindahan alamnya yang unik.

Untuk mendukung kenyamanan pengunjung, Bukit Jaddih telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Terdapat area parkir yang luas, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tentang tempat parkir kendaraan. Selain itu, terdapat warung-warung makanan dan minuman di sekitar area wisata yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman ringan. Fasilitas toilet juga tersedia dan cukup bersih untuk digunakan oleh pengunjung.

Penginapan yang Tersedia di Bukit Jaddih

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota dan ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi Bukit Jaddih dan sekitarnya, terdapat beberapa pilihan penginapan yang tersedia. Di sekitar Bukit Jaddih, terdapat beberapa homestay dan penginapan sederhana yang menawarkan akomodasi dengan harga terjangkau.

Salah satu pilihan penginapan adalah Homestay Jaddih yang terletak tidak jauh dari kawasan wisata. Homestay ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan fasilitas dasar seperti tempat tidur yang bersih, kamar mandi dalam, dan pendingin udara. Harga per malam di Homestay Jaddih berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 250.000 tergantung pada fasilitas yang dipilih.

Selain homestay, terdapat juga beberapa hotel di pusat kota Bangkalan yang bisa menjadi alternatif akomodasi bagi pengunjung. Hotel-hotel ini menawarkan fasilitas yang lebih lengkap seperti restoran, kolam renang, dan layanan kamar. Beberapa pilihan hotel di Bangkalan antara lain Hotel Ningrat dan Hotel Maduratna. Harga per malam di hotel-hotel ini berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

Kesimpulan Berwisata ke Bukit Jaddih

Berwisata ke Bukit Jaddih di Bangkalan, Madura, adalah pengalaman yang sangat memuaskan. Dengan keindahan alam yang unik dan pemandangan yang sangat fotogenik, Bukit Jaddih menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dari kebanyakan destinasi wisata lainnya. Warna putih dari batu kapur dan kolam-kolam air alami yang jernih menciptakan pemandangan yang sangat memukau dan layak untuk diabadikan.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Jaddih juga cukup memadai untuk mendukung kenyamanan pengunjung. Area parkir yang luas, warung-warung makanan dan minuman, serta fasilitas toilet yang bersih, semuanya menjadikan pengalaman berwisata di Bukit Jaddih semakin menyenangkan.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Bukit Jaddih menjadi destinasi wisata yang ramah di kantong dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Bagi yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sekitar Bukit Jaddih, terdapat berbagai pilihan penginapan yang nyaman dan terjangkau.

Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata alam yang unik dan fotogenik di Jawa Timur, Bukit Jaddih adalah pilihan yang tepat. Ajak keluarga, teman, atau pasangan Anda untuk menikmati keindahan alam Bukit Jaddih dan abadikan momen-momen indah Anda di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =