5 Destinasi Wisata Kota di Surabaya yang Punya Rasa Luar Negeri

Posted on

Surabaya, sebagai ibu kota Jawa Timur, adalah salah satu kota terbesar di Indonesia yang menyimpan banyak keajaiban wisata. Selain dikenal sebagai kota pahlawan, Surabaya juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang memberi kesan seperti berada di luar negeri. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lima destinasi wisata kota di Surabaya yang memberikan pengalaman unik dan menyenangkan, seolah-olah Anda sedang bepergian ke negara lain.

1. House of Sampoerna

House of Sampoerna: Museum dengan Nuansa Eropa

House of Sampoerna adalah museum tembakau yang terletak di kawasan “old town” Surabaya. Gedung ini dibangun dengan arsitektur bergaya kolonial Belanda, memberikan nuansa Eropa yang kental. Museum ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi karena sejarah dan keunikan yang ditawarkannya. Di dalam museum ini, pengunjung bisa mempelajari sejarah panjang perusahaan Sampoerna dan industri rokok di Indonesia.

Museum ini juga menampilkan berbagai artefak sejarah, foto-foto kuno, dan proses pembuatan rokok secara tradisional. Pengunjung bisa melihat langsung para pekerja yang terampil menggulung rokok dengan tangan, sebuah pengalaman yang menarik dan edukatif.

Lokasi Wisata dan Alternatif Transportasi

House of Sampoerna terletak di Jalan Taman Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya. Lokasi ini mudah diakses dengan berbagai moda transportasi.

  • Menggunakan Mobil Pribadi: Jika Anda menggunakan mobil pribadi, Anda bisa mengikuti rute dari pusat kota Surabaya menuju Jalan Taman Sampoerna. Ada lahan parkir yang cukup luas di sekitar museum.
  • Transportasi Umum: Anda bisa menggunakan angkutan umum seperti angkot atau bus kota yang menuju ke arah Krembangan. Turunlah di halte terdekat dan berjalan kaki sekitar 5-10 menit ke lokasi.
  • Ojek Online: Menggunakan ojek online juga menjadi alternatif yang praktis dan efisien untuk mencapai House of Sampoerna.

Jam Buka Wisata

House of Sampoerna buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 20.00 WIB. Waktu kunjungan terbaik adalah di pagi hari ketika museum tidak terlalu ramai, sehingga Anda bisa lebih menikmati setiap sudut museum dengan nyaman.

Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke House of Sampoerna, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Museum ini menyediakan tur gratis yang dipandu oleh staf yang ramah dan berpengetahuan luas tentang sejarah museum. Meskipun gratis, ada kotak donasi bagi pengunjung yang ingin memberikan sumbangan sukarela untuk perawatan dan pemeliharaan museum.

Keindahan yang Disajikan & Fasilitas yang Tersedia

House of Sampoerna tidak hanya menawarkan keindahan arsitektur kolonial dan sejarah yang kaya, tetapi juga berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung:

  • Galeri Sejarah: Menampilkan perjalanan sejarah keluarga Sampoerna dan perkembangan industri tembakau di Indonesia.
  • Pabrik Tembakau: Anda bisa melihat langsung proses pembuatan rokok oleh pekerja yang terampil.
  • Café: Terdapat kafe yang menyediakan berbagai makanan dan minuman khas, tempat yang sempurna untuk beristirahat sejenak.
  • Toko Souvenir: Menjual berbagai barang unik dan oleh-oleh khas Sampoerna.

Keindahan dari House of Sampoerna adalah kombinasi antara arsitektur kolonial yang terawat baik dan atmosfer yang membawa kita kembali ke masa lalu. Gedung yang dibangun pada awal abad ke-20 ini telah dipugar dengan sangat baik, mempertahankan banyak elemen asli seperti lantai ubin, langit-langit tinggi, dan jendela besar yang memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam gedung.

Penginapan yang Tersedia & Perkiraan Biaya

Di sekitar House of Sampoerna, terdapat beberapa pilihan penginapan dengan berbagai tingkat kenyamanan dan harga:

  • Hotel Majapahit: Sebuah hotel bersejarah yang menawarkan kemewahan dan kenyamanan, dengan harga mulai dari Rp1.000.000 per malam.
  • Hotel Ibis Surabaya City Center: Menawarkan kenyamanan dengan harga lebih terjangkau, sekitar Rp500.000 per malam.
  • Penginapan Budget: Ada juga beberapa penginapan budget di sekitar kawasan ini dengan harga mulai dari Rp200.000 per malam.

Dengan berbagai pilihan penginapan, Anda bisa memilih yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

2. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay: Destinasi Wisata dengan Nuansa Pelabuhan Internasional

Surabaya North Quay adalah destinasi wisata yang terletak di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak. Tempat ini menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang menyerupai pelabuhan internasional. Dengan dermaga yang megah, kapal-kapal pesiar mewah sering berlabuh di sini, memberikan kesan seolah-olah Anda berada di pelabuhan kota-kota besar dunia seperti Sydney atau Hong Kong.

Surabaya North Quay adalah tempat yang sempurna untuk menikmati matahari terbenam sambil menyaksikan aktivitas pelabuhan yang sibuk. Selain itu, area ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, kafe, dan toko-toko souvenir yang menjual barang-barang unik.

Lokasi Wisata dan Alternatif Transportasi

Surabaya North Quay berlokasi di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Lokasi ini sangat mudah diakses:

  • Menggunakan Mobil Pribadi: Anda bisa mengikuti petunjuk menuju Pelabuhan Tanjung Perak. Terdapat lahan parkir yang luas di sekitar terminal.
  • Transportasi Umum: Anda bisa menggunakan bus kota yang menuju Pelabuhan Tanjung Perak. Turun di terminal dan berjalan kaki ke Surabaya North Quay.
  • Ojek Online: Menggunakan ojek online adalah alternatif praktis yang bisa mengantar Anda langsung ke lokasi dengan cepat.

Jam Buka Wisata

Surabaya North Quay buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada sore hari menjelang matahari terbenam, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan sunset yang menakjubkan.

Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke Surabaya North Quay, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk akses ke berbagai fasilitas yang ada di dalam area, seperti viewing deck dan area duduk yang nyaman.

Keindahan yang Disajikan & Fasilitas yang Tersedia

Surabaya North Quay menawarkan pemandangan pelabuhan yang spektakuler, terutama saat matahari terbenam. Dengan kapal-kapal besar yang berlabuh dan hiruk-pikuk aktivitas pelabuhan, tempat ini memberikan nuansa kosmopolitan yang unik. Berikut beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung:

  • Viewing Deck: Menyediakan pemandangan 360 derajat pelabuhan dan laut lepas.
  • Restoran dan Kafe: Berbagai pilihan kuliner lokal dan internasional tersedia di area ini, menawarkan tempat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.
  • Toko Souvenir: Menjual berbagai barang unik dan oleh-oleh khas Surabaya.
  • Live Music dan Hiburan: Sering diadakan pertunjukan musik dan hiburan lainnya untuk menghibur pengunjung.

Surabaya North Quay adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati suasana yang berbeda dari kebanyakan tempat di Surabaya. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang dermaga, menikmati makanan enak, atau sekadar duduk dan menyaksikan kapal-kapal besar yang berlabuh.

Penginapan yang Tersedia & Perkiraan Biaya

Di sekitar Surabaya North Quay, Anda bisa menemukan beberapa pilihan penginapan:

  • Fairfield by Marriott Surabaya: Hotel bintang lima dengan fasilitas lengkap, harga mulai dari Rp1.200.000 per malam.
  • Hotel Santika Premiere Gubeng: Menawarkan kenyamanan dan lokasi strategis, dengan harga mulai dari Rp800.000 per malam.
  • Budget Hotel: Beberapa penginapan budget di sekitar kawasan ini tersedia dengan harga mulai dari Rp250.000 per malam.

Dengan pilihan penginapan yang beragam, Anda bisa memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

3. Atlantis Land Kenjeran Park

Atlantis Land Kenjeran Park: Taman Rekreasi dengan Nuansa Disneyland

Atlantis Land Kenjeran Park adalah salah satu taman rekreasi terbesar di Surabaya yang menawarkan suasana seperti di Disneyland. Tempat ini cocok untuk wisata keluarga dengan berbagai wahana permainan, pertunjukan, dan area rekreasi yang menyenangkan. Dengan arsitektur yang megah dan dekorasi yang menarik, Atlantis Land memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung dari segala usia.

Lokasi Wisata dan Alternatif Transportasi

Atlantis Land Kenjeran Park terletak di Jalan Sukolilo No. 100, Kenjeran, Surabaya. Lokasi ini dapat diakses dengan mudah:

  • Menggunakan Mobil Pribadi: Ikuti rute menuju Kenjeran Park dan Anda akan menemukan tanda-tanda yang jelas menuju Atlantis Land.
  • Transportasi Umum: Gunakan angkutan umum seperti angkot atau bus kota yang menuju ke Kenjeran. Turun di halte terdekat dan berjalan kaki ke Atlantis Land.
  • Ojek Online: Alternatif lain adalah menggunakan ojek online yang bisa langsung mengantar Anda ke pintu masuk Atlantis Land.

Jam Buka Wisata

Atlantis Land Kenjeran Park buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB. Akhir pekan dan hari libur seringkali menjadi waktu kunjungan yang paling ramai, jadi disarankan untuk datang lebih awal agar bisa menikmati semua wahana dengan lebih leluasa.

Tiket Masuk Wisata

Biaya tiket masuk ke Atlantis Land Kenjeran Park bervariasi tergantung pada hari dan paket yang dipilih. Berikut adalah harga tiket masuk umum:

  • Hari Biasa: Rp100.000 per orang
  • Akhir Pekan dan Hari Libur: Rp150.000 per orang
  • Paket Keluarga: Diskon khusus untuk pembelian tiket keluarga yang terdiri dari 4 orang atau lebih.

Keindahan yang Disajikan & Fasilitas yang Tersedia

Atlantis Land Kenjeran Park menawarkan berbagai keindahan dan fasilitas yang membuat pengunjung merasa seperti berada di taman rekreasi kelas dunia:

  • Wahana Permainan: Terdapat berbagai wahana permainan untuk anak-anak dan dewasa, termasuk roller coaster, ferris wheel, dan carousel.
  • Water Park: Area taman air yang lengkap dengan kolam renang, seluncuran air, dan kolam arus.
  • Pertunjukan: Berbagai pertunjukan live seperti pertunjukan sulap, musik, dan parade karakter.
  • Area Kuliner: Berbagai restoran dan kafe yang menyajikan makanan lokal dan internasional.
  • Toko Souvenir: Menjual barang-barang unik dan oleh-oleh khas Atlantis Land.

Selain wahana permainan yang menghibur, Atlantis Land juga dikenal dengan dekorasinya yang megah dan penuh warna. Setiap sudut taman ini dihiasi dengan patung-patung raksasa, air mancur, dan lampu-lampu hias yang menambah suasana meriah dan menyenangkan.

Penginapan yang Tersedia & Perkiraan Biaya

Untuk penginapan, di sekitar Atlantis Land Kenjeran Park terdapat beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan:

  • Hotel Kenjeran: Terletak tidak jauh dari taman, menawarkan kenyamanan dengan harga mulai dari Rp400.000 per malam.
  • The Square Surabaya: Menawarkan fasilitas lengkap dengan harga mulai dari Rp600.000 per malam.
  • Budget Accommodation: Beberapa penginapan budget tersedia dengan harga mulai dari Rp200.000 per malam.

Dengan berbagai pilihan akomodasi, Anda bisa memilih yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

4. De Javasche Bank

De Javasche Bank: Wisata Sejarah dengan Nuansa Bank Kolonial Belanda

De Javasche Bank adalah museum yang terletak di gedung bank peninggalan kolonial Belanda. Tempat ini menawarkan wisata sejarah yang menarik dengan nuansa Eropa klasik. Gedung ini dibangun pada awal abad ke-20 dan telah dipugar menjadi museum yang menampilkan sejarah perbankan di Indonesia.

Lokasi Wisata dan Alternatif Transportasi

De Javasche Bank berlokasi di Jalan Garuda No. 1, Surabaya. Lokasi ini sangat mudah diakses dengan berbagai moda transportasi:

  • Menggunakan Mobil Pribadi: Ikuti rute menuju Jalan Garuda dan Anda akan menemukan tanda-tanda menuju museum.
  • Transportasi Umum: Gunakan angkutan umum seperti angkot atau bus kota yang menuju ke Jalan Garuda. Turun di halte terdekat dan berjalan kaki ke museum.
  • Ojek Online: Alternatif lain adalah menggunakan ojek online yang bisa langsung mengantar Anda ke pintu masuk De Javasche Bank.

Jam Buka Wisata

De Javasche Bank buka setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Museum tutup pada hari Senin dan hari libur nasional. Disarankan untuk datang pada pagi hari agar bisa menikmati suasana yang tenang dan belajar lebih banyak tentang sejarah perbankan di Indonesia.

Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke De Javasche Bank, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Tiket ini sudah termasuk akses ke seluruh area museum dan fasilitas pemandu yang siap menjelaskan setiap detail sejarah yang ada di dalam museum.

Keindahan yang Disajikan & Fasilitas yang Tersedia

De Javasche Bank menawarkan keindahan arsitektur kolonial Belanda yang terawat dengan baik. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung:

  • Galeri Sejarah: Menampilkan berbagai artefak, dokumen, dan foto-foto bersejarah yang menceritakan perjalanan perbankan di Indonesia.
  • Ruang Pameran: Beberapa ruangan yang digunakan untuk pameran sementara yang menampilkan koleksi khusus atau tema-tema tertentu.
  • Perpustakaan: Menyediakan berbagai buku dan referensi tentang sejarah perbankan dan ekonomi Indonesia.
  • Toko Souvenir: Menjual berbagai barang unik dan oleh-oleh khas De Javasche Bank.

Keindahan dari De Javasche Bank adalah kombinasi antara arsitektur kolonial yang megah dan suasana yang edukatif. Setiap sudut museum ini menawarkan sesuatu yang menarik, mulai dari desain interior klasik hingga artefak bersejarah yang bernilai tinggi.

Penginapan yang Tersedia & Perkiraan Biaya

Di sekitar De Javasche Bank, terdapat beberapa pilihan penginapan yang nyaman dan terjangkau:

  • Hotel Santika Pandegiling Surabaya: Menawarkan kenyamanan dengan harga mulai dari Rp700.000 per malam.
  • Hotel 88 Embong Malang: Hotel budget yang menawarkan fasilitas lengkap dengan harga mulai dari Rp300.000 per malam.
  • Penginapan Murah: Beberapa penginapan budget di sekitar kawasan ini tersedia dengan harga mulai dari Rp200.000 per malam.

Dengan berbagai pilihan penginapan, Anda bisa memilih yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

5. Taman Bungkul

Taman Bungkul: Ruang Hijau dengan Nuansa Taman Kota Modern

Taman Bungkul adalah taman kota terbesar dan paling populer di Surabaya. Dengan nuansa taman kota modern yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi dan olahraga, Taman Bungkul menjadi tempat favorit warga Surabaya untuk bersantai dan berolahraga. Taman ini juga sering digunakan untuk berbagai acara dan kegiatan komunitas.

Lokasi Wisata dan Alternatif Transportasi

Taman Bungkul berlokasi di Jalan Raya Darmo, Surabaya. Lokasi ini sangat mudah diakses dengan berbagai moda transportasi:

  • Menggunakan Mobil Pribadi: Ikuti rute menuju Jalan Raya Darmo dan Anda akan menemukan tanda-tanda menuju Taman Bungkul.
  • Transportasi Umum: Gunakan angkutan umum seperti angkot atau bus kota yang menuju ke Jalan Raya Darmo. Turun di halte terdekat dan berjalan kaki ke Taman Bungkul.
  • Ojek Online: Alternatif lain adalah menggunakan ojek online yang bisa langsung mengantar Anda ke pintu masuk Taman Bungkul.

Jam Buka Wisata

Taman Bungkul buka 24 jam setiap hari, sehingga pengunjung bisa datang kapan saja. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari atau sore hari ketika cuaca lebih sejuk dan nyaman untuk beraktivitas di luar ruangan.

Tiket Masuk Wisata

Taman Bungkul tidak mengenakan biaya tiket masuk. Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di taman ini secara gratis. Taman ini adalah tempat yang ideal untuk berolahraga, bersantai, atau berkumpul dengan teman dan keluarga tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Keindahan yang Disajikan & Fasilitas yang Tersedia

Taman Bungkul menawarkan keindahan alam dan suasana yang asri di tengah kota Surabaya. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung:

  • Jogging Track: Lintasan lari yang nyaman dan terawat dengan baik, ideal untuk berolahraga.
  • Skate Park: Area khusus untuk bermain skateboard yang sering digunakan oleh komunitas skateboarding.
  • Playground: Area bermain untuk anak-anak dengan berbagai permainan yang aman dan menyenangkan.
  • Kolam Air Mancur: Menyajikan pertunjukan air mancur yang indah terutama pada malam hari.
  • Wi-Fi Gratis: Taman Bungkul dilengkapi dengan akses internet gratis yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung.
  • Area Kuliner: Tersedia berbagai penjual makanan dan minuman lokal di sekitar taman.

Keindahan dari Taman Bungkul terletak pada suasana yang hijau dan asri, serta berbagai fasilitas modern yang tersedia untuk pengunjung. Taman ini adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kesibukan kota dan menikmati waktu berkualitas bersama teman atau keluarga.

Penginapan yang Tersedia & Perkiraan Biaya

Di sekitar Taman Bungkul, terdapat beberapa pilihan penginapan yang nyaman dan terjangkau:

  • Hotel Ciputra World Surabaya: Menawarkan kemewahan dengan harga mulai dari Rp900.000 per malam.
  • Swiss-Belinn Tunjungan Surabaya: Hotel dengan fasilitas lengkap, harga mulai dari Rp600.000 per malam.
  • Penginapan Budget: Beberapa penginapan budget tersedia dengan harga mulai dari Rp250.000 per malam.

Dengan berbagai pilihan penginapan, Anda bisa memilih yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Kesimpulan Berwisata

Surabaya menawarkan berbagai destinasi wisata kota yang memberikan pengalaman unik dan berkesan seolah-olah Anda sedang berada di luar negeri. Dari House of Sampoerna dengan nuansa kolonial Eropa, Surabaya North Quay yang menyerupai pelabuhan internasional, Atlantis Land Kenjeran Park dengan suasana Disneyland, De Javasche Bank yang bersejarah, hingga Taman Bungkul yang modern dan hijau. Setiap destinasi ini memiliki keindahan dan fasilitas yang berbeda, menjadikannya tempat yang menarik untuk dikunjungi. Dengan berbagai pilihan penginapan dan kemudahan akses, Surabaya adalah destinasi yang sempurna untuk liburan Anda berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =