Danau Bedugul Salah Satu Tempat Wisata Di Bali Paling Populer

Posted on

Akses jalan menuju ke Danau Bedugul sejatinya adalah sangat mudah untuk dilakukan, mengingat lokasinya berada di tepi jalan raya utama yang menghubungkan antara Kota Singaraja dan Kabupaten Tabanan. Secara tepatnya, Danau Bedugul terletak di kawasan wisata Candi Kuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Apabila ditempuh dari Kota Denpasar akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam atau berjarak 55 km.

Objek wisata Bedugul terletak di pusat desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Dari arah ibukota Denpasar, disarankan anda untuk menuju lokasi ini yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar kurang lebih dua jam atau berjarak sekitar 90 km dengan mengikuti jalan raya lurus dan berkelok – kelok menuju ke Kota Denpasar menuju arah Kota Singaraja, dengan kondisi jalan raya yang kurang nyaman karena ada beberapa tikungan tajam dan tanjakan terjal.

Apabila anda sudah mendekati kawasan wisata Bedugul atau memasuki Desa Pacung, Kecamatan Baturiti, akan terasa udara di sekitar anda mulai agak dingin dan kadang – kadang berkabut serta cukup sering turun hujan, hal ini disebabkan kawasan wisata ini berada pada ketinggian antara 1.250 – 1.400 meter di atas permukaan laut. Dijumpai beberapa objek wisata lainnya yang ada di Bedugul, diantaranya adalah Kebun Raya Eka Karya, Pasar Candi Kuning, Danau Beratan, Danau Tamblingan, dan Danau Buyan.

” BACA JUGA  “

Tips Murah Wisata BaliJika kita kurang berhati hati dalam mengatur keuangan pada saat liburan di bali, pasti bakalan tidak kebagian anggaran untuk belanja oleh-oleh.

Tips Murah Wisata Kuliner Di Bali. Silahkan mencoba untuk menikmati kuliner kas bali di pasar kreneng & asoka, pastinya anda akan puas dengan berbagai jenis masakan disini.

5 Tempat Wisata Paling Populer Di Bali. Bagi Anda seorang traveling mungkin Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa tempat tempat wisata di Bali merupakan destinasi wisata terbaik Indonesia.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Danau Bedugul

  • Rp. 10.000 per orang.
  • Tiket kendaraan roda dua Rp. 3.000.
  • Kendaraan roda empat Rp. 6. 000.
  • Bus Rp. 12.000.
  • Serta tiket mobil masuk Rp. 12.000.

Danau Bedugul mempunyai kedalaman hingga 23 meter. Para wisatawan pada umumnya dapat menikmati keindahan Danau Bedugul dari pinggir jalan raya atau dengan menggunakan perahu – perahu tradisional atau speadboot untuk mengelilingi danau. Banyak dijumpai pasangan muda – mudi memanfaatkan lokasi Danau Bedugul di Bali ini untuk melakukan foto – foto eksklusif seperti foto pre –wedding atau sekedar menyalurkan hobi. Di samping berguna sebagai obyek wisata, Danau ini digunakan sebagai sumber air bersih untuk irigasi oleh masyarakat yang bermukim di sekitarnya.

Beberapa fasilitas penunjang telah tersedia diantaranya adalah toilet, area parkir yang luas, warung – warung makan tradisional dengan menu yang cukup diminati dan mampu menggugah selera makan turis lokal dan asing, serta taman bermain buat anak – anak. Bagi anda yang ingin berlama – lama di sini, disarankan untuk memilih beberapa penginapan yang sederhana dengan hanya mengeluarkan is kantong yang murah tetapi akan membuat anda aman dan nyaman untuk tidur di dalamnya.

Keindahan alam lainnya yang bisa anda nikmati adalah berupa panorama pegunungan yang melatar belakangi keindahan Danau Bedugul adalah cukup mampu memberikan penyegaran pada kedua mata para pengunjung. Keindahan lain tampak semakin memikat hati dengan adanya kompleks pura yang ada di tengah – tengah danau. Pura tersebut dijuluki Pura Ulun Danu. Pura yang berlokasi di Desa Beratan ini mempunyai arsitektur yang sangat khas dan mencirikan Bali. Pura Ulun Danu mempunyai atap yang bertingkat yaitu masing – masing memiliki 7 tingkat, 11 tingkat dan 3 tingkat. Atap bertingkat tersebut melambangkan sebagai simbul 3 dewa yang dipercaya oleh masyarakat penganut agama Hindhu di Bali sebagai perlambang dewa penjaga kemakmuran.

Pura dengan 11 tingkat menyimbulkan keberadaan Dewa Wisnu, 7 tingkat menyimbulkan Dewa Brahma sedangkan 3 tingkat menyimbulkan Dewa Siwa. Jika anda ingin melihat keindahan Pura Ulun Danu ini dari arah dekat maka tengoklah pada uang kertas pecahan 50 ribu. Di atasnya berisi sebuah bangunan pura yang berada di tengah danau tersebut diberi nama Pura Ulun Danu.

Pura ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk memuja Sang Hyang Dewi Danu. Danu adalah bahasa lokal Bali yang mengandung arti sebuah danau sedangkan Bratan adalah nama dari danau yang berlokasi di dataran tinggi kawasan wisata Bedugul ini. Danau Bratan merupakan salah satu danau yang penting untuk manfaat irigasi. Danau Bratan sejak dulu dikenal sebagai danau Gunung suci yang terletak di kawasan wisata sangat subur yaitu pada ketinggian 1.200 meter, dan beriklim sangat dingin.

Menurut mitos yang beredar dalam masyarakat Bali, sebenarnya Danau Beratan merupakan danau terbesar di Pulau Bali dimana awalnya, pada jaman dulu, suatu ketika terjadilah sebuah gempa bumi yang maha dahsyat dan akhirnya Danau Bratan ini terbagi menjadi tiga bagian, Bratan, Tamblingan dan Buyan. Untuk yang terakhir, nama Bratan diambil dari kata Brata yang berarti media buat mengendalikan diri dengan menutup lubang kehidupan sebagai lambang duniawi.

Kata Brata bisa dengan mudah anda jumpai dalam istilahistilah agama Hindhu seperti Tapa Brata, yang mengandung arti bersemedi atau bermeditasi untuk bisa mencapai ketenangan supaya umat bisa manunggal dengan alam dan berkomunikasi dalam fokus pikiran yang tenang dan damai terhadap Yang Maha Gaib. Pura Ulun Danu merupakan salah satu ikon terpenting yang paling menonjol dari Bali karena mudah mencapainya, serta merupakan sebuah tempat suci yang sangat tenang dan penuh inspirasi untuk dikunjungi oleh umat Hindhu dan para turis lokal hingga mancanegara.

Maka dari itu, dalam upaya menjaga kelestarian pura, merupakan sebuah kewajiban setiap wisatawan yang berkunjung kemari untuk berlaku sopan dan tahu ethika adat, misalnya dari memperhatikan hal – hal kecil seperti masuk ke area pura dengan mengenakan pakaian adat Bali atau menggunakan selendang dan sedang sehat jasmani / bagi kaum wanita sedang tidak datang bulan. Dalam suasana pura yang religious, sudah sepantasnyalah para wisatawan mampu disiplin diri buat mentaati peraturan yang berlaku oleh masyarakat setempat.

Bedugul sendiri merupakan sebuah nama dari sebuah desa kecil di Bali. Karena memiliki kekayaan alam berupa danau, maka orang – orang menyebutnya dengan nama Danau Bedugul atau Desa Bedugul. Keindahan alam yang luar biasa natural bisa terlihat dari sebuah pura besar yang ada di tengah – tengah danau. Juga, perpaduan serasi antara indahnya panorama alam di sekitar danau, menjadikan Danau Bedugul adalah favorit dikalangan para wisatawan asing buat dikunjungi.

JANGAN LEWATKAN 3 TEMPAT WISATA DI BALI PALING POPULER :

Padang Padang Beach Wisata Bali. Kesan yang timbul ketika kita berjalan menelusuri celah berbentuk goa-goa pada saat masuk menuju lokasi pantai padang padang ini seakan akan menjadi sebuah petualangan yang menarik, karena jika bersamaan dengan orang lain yang sedang ke arah keluar maka salah satu dari kita harus mengalah, karena jalan goa goa tersebut hanya cukup untuk di lewati satu orang saja.

Museum Lukisan Ubud Wisata Bali. museum ini merupakan museum tertua yang ada di Bali, museum puri lukisan ubud lebih banyak menyimpan koleksi karya seni lukisan Bali traditional, modern, hingga seni ukir sebagai identitas ukiran kayu khas para seniman Bali.

Taman wisata rumah pohon karangasem bali. Rumah pohon karangasem bali, merupakan sebuah tempat wisata keluarga terbaik dan paling populer di karangasem bali. Tak kalah seru dengan objek wisata yang ada di bali, tempat wisata yang satu inimenawarkan nuansa alami yang mungkin bisa dijadikan tempat bersantai bagi para penikmat suasana alam yang menyempatkan diri untuk berkunjung kesini.

Objek wisata lain yang ada di sekitar Danau Bedugul adalah Kebun Raya Bedugul yang merupakan salah satu dari empat kebun raya alami yang ada di Indonesia. Objek wisata ini didirikan pada tanggal 15 juli 1959. Awalnya, pendiriam Kebun Raya Bedugul hanya diperuntukan bagi perlindungan terhadap tumbuhan jenis coniferae, namun saat ini telah berubah menjadi objek wisata Bedugul dengan menonjolkan kebun raya yang mempunyai koleksi tanaman telah mencapai kira – kira 16.000 tanaman yang terdiri dari 1.500 jenis, 320 marga, dan 155 suku tumbuhan langka yang bermanfaat sebagai tanaman herbal.

Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan selama berlibur dan mengunjungi kebun raya ini. Bisa dilakukan bersama rombongan keluarga atau ala backpacker, berbagai aktifitas dapat dilakukan, salah satunya adalah duduk – duduk di atas rumput hijau segar dengan latarbelakang cuaca alam yang sejuk sambil mengawasi anak – anak tercinta atau hewan kesayangan anda yang berlarian ke sana dan  kemari penuh keriangan hati menikmati suasana liburan dengan berwisata alam penuh daya tarik.

Bagi anda remaja putra yang suka berpetualangan, bisa mencoba berbagai permainan high rope yang saat ini sedang tren tersedia di kawasan ini. Atau yang ingin berjalan – jalan menyusuri keasrian kebun raya ? Pihak pengelola kebun telah membagi rute perjalanan menjadi beberapa jalur, yakni jalur kuning, jalur ungu, jalur merah, jalur biru, dan jalur burung.

Seperti dijelaskan di atas, danau ini berlokasi di pusat Desa Bedugul, Candi kuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Jaraknya sekitar 70 km dari arah Bandara Ngurah Rai atau Pantai Kuta di Kota Denpasar, Bali. Danau ini adalah yang paling indah menurut penilaian beberapa turis asing yang pernah berkunjung ke sini, terletak di wilayah yang paling timur dari dua danau lainnya ( Danau Buyan dan Tamblingan ).

Lokasi strategis di jalur jalan raya Denpasar  –  Singaraja dan tidak jauh dari objek wisata Kebun Raya Eka Karya adalah membuat objek wisata yang satu ini sangat mudah diakses dengan biaya murah. Di sepanjang perjalanan menuju ke tempat lokasi, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan sayuran, buah – buahan dan taman bunga liar menghiasi lembah yang indah sehingga akan menciptakan satu suasana liburan terasa damai.

Dataran tinggi dimana danau ini berada adalah mempunyai hawa yang sejuk dan seringkali diselimuti oleh sekumpulan kabut. Pada hari – hari baik dalam kalender Hindhu,  Pura Ulun Danu di sekitar danau biasa dikunjungi oleh para warga Bali untuk melakukan ritual keagamaan. Para wiasatawan bisa juga menghabiskan waktu berlibur di danau ini tetapi disarankan jangan bertepatan dengan hari raya umat Hindhu di Bali, lakukan pada waktu hari – hari biasa agar tidak macet di jalan atau kehilangan kesempatan buat bermalam pada villa – villa pilihan.

Dengan menyewa perahu tradisional ataupun speedboat maupun berjalan kaki sambil menikmati kesegaran suasana pegunungan, didukung oleh tempat parkir yang luas, nyaman dan aman, juga terdapat beberapa kios berarsitektur bangunan Bali yang khusus menjual souvenir dan oleh – oleh beragam bentuk, beberapa warung makan sederhana yang siap melayani dan mengenyangkan perut anda setelah lelah dan bosan berkeliling danau, dijamin liburan anda akan berakhir indah, inilah wisata terbaik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *