tempat makan di sanur

Tempat Wisata Kuliner Terbaik Di Sanur

Posted on

Sejak zaman penjajahan dulu, desa yang berlokasi sekitar lima kilometer arah timur dari jantung Kota Denpasar ini telah terkenal hingga mancanegara. Pantai Sanur merupakan salah satu tempat berlabuhnya para tentara Belanda yang hendak menduduki wilayah Bali, khususnya Denpasar. Kawasan Sanur mempunyai catatan perjalanan pariwisata yang cukup menarik seperti halnya kawasan Kuta dan Nusa Dua yang sudah duluan dikenal oleh turis mancanegara.

Desa Sanur di  Kota Denpasar adalah kampung turis terbesar di Bali yang memiliki sejarah kepariwisataan cukup sederhana dan panjang hingga mencapai kesuksesan seperti saat ini. Dari segi geografis, desa wisata Sanur adalah sebuah desa yang letaknya sangat strategis yaitu berada di tepi pantai berpasir putih, bersih dan merupakan tempat bertemunya air tawar dari beberapa sungai di sekitarnya lalu bermuara ke laut.

Kini, kawasan desa Sanur telah memberikan banyak petualangan pariwisata, mulai dari wisata bonsai, bawah laut, jukung, olah raga air seperti surfing, kite surfing, parasailing, wisata edukasi seperti situs – situs sejarah peradaban Bali pada jaman dulu, golf, galeri seni serta warung, cafe dan restoran dengan beragam menu yang akan memanjakan lidah para pengunjung.

Bagi turis Eropa, merupakan tantangan paling menarik terutama yang hobi minum kopi, pengunjung wisata Sanur ini bisa menikmati aneka jenis kopi, mulai dari kopi Bali, ragam rasa kopi Italia, serta kopi luwak yang mempunyai cita rasa sangat kuat, kental dan lezat. Di tempat inilah mereka akan dimanjakan dengan santap makan siang maupun malam ala Eropa, Asia atau Nusantara terutama masakan Betawi, seafood atau masakan China.

tempat makan di sanur
tempat makan di sanur

Salah satu yang kami rekomendasikan adalah Kopi Bali House yang berlokasi di Jalan By Pass Ngurah Rai Sanur, Kota Denpasar. Suasana kafe ini terkenal nyaman dan cozy, dimana di dalamnya tertata apik beberapa sofa untuk tamu yang berkunjung dan ingin berlama – lama menikmati aneka sajian dari kopi.

Terdapat bacaan majalah yang disediakan oleh pengelola yang diharapkan akan membuat para pengunjung merasa betah berada di kafe ini untuk meluangkan waktu sambil membaca. Jika anda sudah merasa bosan di meja, bisa menengok area display mereka, terdapat beberapa alat pembuatan kopi yang menarik dengan cara tradisional ataupun modern.

Mulai dari handpresso, moka pot, syphon, hingga espresso machine. Anda bisa memfotonya sebagai objek wisata edukasi jika benar – benar merasa tertarik dengan sejarah pembuatan bubuk kopi khas Pulau Bali ataupun kopi dari luar pulau hingga mancanegara. Harga kopi yang ditawarkan di sini tidaklah terlalu mahal yaitu kisaran harga Rp. 25.000. Untuk pendamping kopinya disediakan beragam makanan yang tidak kalah enak dengan resto – resto bergaya Eropa tersedia di sepanjang pinggir jalan raya Sanur.

Di cafe ini kopi tersedia dalam berbagai bentuk dan beberapa ragam pilihan. Tak hanya kopi Bali saja yang menjadi favorit para pengunjung, juga ada specialty coffee dari Toraja, Gayo, dan daerah – daerah lainnya di Indonesia. Kopi – kopi tersebut disajikan dalam aneka olahan seperti espresso, cappucino, dan lain – lainnya. Pilihan penyajiannya ada yang hangat maupun dingin ala orang Eropa.

Terekomendasi adalah  Toraja Coffee, merupakan menu andalan dari kafe tersebut di atas karena memiliki sensasi rasa kopi yang sangat kuat yaitu kental namun lezat, dijamin mampu menembus lidah penikmatnya. Di samping rasa pahit yang alami dan menyengat, ada juga rasa kecut. Pahitnya muncul ketika anda menyeruput minuman ini di ujung lidah dan tak lama setelah diteguk, akan muncul sensasi rasa yang lainnya. Penampilan kopinya adalah lebih bening setelah dituang ke dalam cangkir – cangkir saji, mirip seperti teh pekat.

Pelayan akan mengambil beberapa biji kopi pilihan dari jenis arabika berlabel Toarco Toraja, lalu memasukkannya ke penggilingan kopi, dan menunjukkan cara meraciknya. Kopi yang akan diminum adalah bagusnya dari biji – biji yang baru digiling. Rasanya menjadi lebih kuat, beberapa menit sebelumnya, mereka telah memanaskan air dalam teko berwarna perak. Teko dibiarkan tetap dalam kondisi panas di atas nyala api.

Selanjutnya, sambil menunggu air mendidih, mereka akan menyiapkan dua buah cangkir yang berukuran sedang. Lalu dia menyiram cangkir itu dengan air hangat suam – suam kuku, agar kebersihannya benar – benar terjamin. Serbuk kopi hasil gilingan akan langsung ditadah pada dripper, yaitu alat pembuat kopi dengan memakai teknik drip alias kopi tetes. Pada bagian bawahnya dilengkapi dengan kertas penyaring dan wadah. Air dari teko kemudian dituang di atas dripper yang berisi sekitar 10 gram bubuk kopi.

Pertama – tama, pelayan akan menuang sedikit air, lalu meletakkan kembali teko perak di atas api. Air kopi akan berwarna kecokelatan, sedikit demi sedikit mulai menetes dalam wadah kaca. Selanjutnya, ia akan menuang kembali airnya. Air inilah yang menyiram kopi menjadi lebih banyak. Tehnik untuk menyiram kopi harus dimulai dengan profesional dari tengah, lalu membuat gerakan – gerakan melingkar seperti obat nyamuk hingga anda mencapai bagian tepi. Lanjutkan gerakan yang sama menuju bagian tengah, proses penyiraman disarankan dilakukan sebanyak enam kali, dimana kopi dalam wadah telah mencapai tanda “2” yang berarti untuk dua cangkir, berisi sekitar 240 milliliter.

2 ARTIKEL POPULER WISATA BALI

Tips Murah Wisata Bali. Jika kita kurang berhati hati dalam mengatur keuangan pada saat liburan di bali.

Tips Murah Wisata Kuliner Di Bali. Silahkan mencoba untuk menikmati kuliner kas bali di pasar kreneng & asoka.

Untuk mendapat rasa kopi yang nikmat, dianjurkan menggunakan 10 gram biji kopi pilihan guna meracik dua cangkir kopi. Turis Jepang dan Amerika sangat suka dengan minum kopi memakai cara ini, mereka bisa secara langsung menemukan aroma kopi asli Tanah Toraja yang sebenarnya. Meskipun orang Jepang memiliki aturan yang lebih rumit dan detail dalam peracikan kopi dengan mengaplikasikan teknik drip di atas.

Sisa waktu liburan anda di Kota Denpasar bisa dilanjutkan dengan menghabiskan waktu pagi hingga malam hari untuk berburu dan menikmati semua sajian kuliner unik lainnya yang ada di sini. Ratusan jenis kudapan ringan hingga berkelas untuk santap malam dari kelas warung hingga restoran – restoran mahal dengan mudah didapatkan dan berharga terjangkau. Silakan anda pilih menu makanan yang benar – benar sesuai dengan selera anda, mulai dari makanan tradisional Bali atau sajian Nusantara sampai menu bergaya Eropa atau Asia.

Jika anda bisa mengawali pagi hari liburan anda setelah matahari terbit dengan keriangan hati, maka sangat tepat buat mengunjungi kawasan wisata Sanur di jalan raya Pantai Segara Sanur, untuk menikmati wisata kuliner yang menyuguhkan menu – menu spesial setiap hari. Dan akan lebih berkesan lagi jika liburan anda bertepatan dengan berlangsungnya Sanur Village Festival setiap tahun yang digelar di hotel – hotel mewah kawasan objek wisata Sanur, dikelola oleh Bapak Ida Bagus Sidharta Putra, mengusung tema wisata kuliner Bali yang diperuntukkan buat turis mancanegara yang kebetulan jalan – jalan ke Bali untuk beragam keperluan.

Demikian kami menginformasikan, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *