Taman Nasional Way Kambas

Tempat Wisata Terbaik Di Bandar Lampung

Posted on

TNWK – Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu objek wisata yang terletak di daratan Sumatra, tepatnya yaitu di ujung selatan Pulau Sumatera, berjarak sekitar 110 km dari Kota Bandar Lampung, tempat wisata yang satu ini merupakan destinasi wisata terbaik di Bandar Lampung.

Selain lokasi wisata yang sangat menarik, tempat ini adalah salah satu cagar alam tertua di Indonesia yang memiliki spesies binatang mamalia khas Sumatra yaitu gajah, habitat gajah disini menempati  lahan seluas 1.300 km² yang merupakan dataran rendah di sekitar Sungai Way Kambas.

Selain sebagai tempat pelestarian spesies gajah rupanya tempat ini juga menjadi Pusat Pelatihan gajah asal Sumatra dan telah resmi ditetapkan sebagai tempat konservasi gajah dan sebagai Taman Wisata Nasional Indonesia pada tahun 1985. Lokasi Wisata yang seperti ini adalah salah satu Lokasi Wisata yang patut di banggakan oleh bangsa Indonesia.

Pawang Gajah
Pawang Gajah

Gajah di kawasan Way Kambas ini mayorits terlatih untuk berinteraksi dengan manusia, sepertinya jika berkunjung kesana kita bisa merasakan bagaimana sensasinya bermain dengan seekor gajah, karena di sanalah tempat pelatihan gajah terbesar di Indonesia, dan tidak hanya itu saja, kita dapat menyaksikan gajah yang sedang bertugas seperti mengangkut hasil perkebunan dan pertanian dan membajak tanah di sawah.

Gajah gajah yang ada di sini merupakan gajah asli daratan Sumatera, yang biasa disebut sebagai salah satu spesies gajah terkecil yang ada di Asia, secara umum gajah Asia di kenal memiliki ukuran tubuh lebih kecil jika dibandingkan dengan gajah dari Afrika, gajah Sumatera adalah gajah terkecil dari tiga spesies gajah yang ada di  Asia. Rata-rata ukuran tubuh gajah Sumatra diantaranya dengan ketinggian bahu 2 sampai 3,2 m. Jika penasaran silahkan berkunjung wisata ke Way Kambas.

Untuk berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas kususnya bagi anda yang berangkat dari pulau Jawa, pastinya memulai dari Bandar Lampung yaitu dari terminal Rajabasa dengan menggunakan bus dan mengambil jurusan Way Jepara Lampung Timur. Selanjutnya bisa langsung turun di depan Gerbang Pertama Taman Nasional Way Kambas tepatnya di desa Rajabasa Lama di deket pasar, dan menggunakan ojek kedalam untuk membeli tiket masuk di pintu masuk Taman Nasional Way Kambas. Jika anda menggunakan mobil pribadi Untuk sampai disana sebaiknya anda bisa menggunakan GPS, dan bisa lebih tau rute mana yang paling baik dan dekat untuk anda lalui.

Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas

Harga masuk Taman Nasional Way Kambas ada dua yaitu ke tempat konservasi gajah dan ke Way Kanan Resort, untuk masuk ke konservasi gajah anda akan dikenakan biaya sekitar 20.000 perorang. Apabila anda ingin pergi ke way kanan resort dimana terdapat penangkaran Badak Sumatera, anda harus meminta SIMAKSI yaitu surat izin masuk dengan  harga 30.000 perorang.

Taman Nasional Way Kambas adalah tempat konservasi dan pelatihan gajah, disini anda bisa melihat berbagai aktivitas keseharian gajah seperti mengangkut kayu, membajak sawah dan bermain-main bola. jika anda datang mulai pukul 14:00 WIB di hari-hari biasa anda akan melihat lalu lalang gajah yang akan dimasukan kedalam kandang, sebelum dimasukan gajah-gajah tersebut dimandikan terlebih dahulu.

Disinilah anda akan menikmati gajah-gajah yang besar dan bisa sesekali untuk memegangnya, biasanya ada beberapa orang yang menjual makanan untuk gajah jika anda ingin memberi makan dan berfoto-foto bersama gajah, anda juga pasti melihat anak-anak gajah yang imut-imut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *