foto by. backpackeramatir.blogspot.co.id

Tips Wisata Gunung Bromo

Posted on

Gunung Bromo atau dalam bahasa Tengger dieja “Brama”, salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur. Sebelum melakukan perjalanan wisata menuju Gunung Bromo, mari kita kenali terlebih dahulu tentang lokasi dan letak Gunung Bromo. Kunjungan Wisata Ke puncak Gunung Bromo memang selalu ramai, meskipun dihari hari biasa, terlebih padasaat musim liburan akir pekan, para backpaker di Jawa Timur banyak berdatangan untuk mengisi waktu liburan.

Untuk melakukan perjalanan wisata menuju Puncak Gunung Bromo, Anda bisa melalui rute yang sudah sering dilewati para wisatawan saja, secara akan mempermudah perjalanan wisata Anda, para wisatawan Gunung Bromo bisa memilih akses dari Kota Malang atau dari Kota Pasuruan maupun dari Kota Probolinggo, tetapi mayoritas para backpaker lebih mengenal akses dan rute menuju lokasi wisata Gunung Bromo dari kabupaten probolinggo.

Secara geografis, Gunung Bromo berlokasi di kota Malang, sehingga menjadikan daya tarik padamahasiswa dan pelajar di Kota Malang untuk melakukan pendakian menuju Gunung Bromo. Bagi Anda yang berada di luar Jawa Timur, bahkan mungkin Anda dari luar jawa, berikut adalah 2 rute pilihan menuju lokasi wisata Gunung Bromo :

Via Surabaya (Bandara/Stasiun) langsung menuju terminal Kota Probolinggo dan setiba di terminal Probolinggo Anda bisa naik angkutan khusus menuju Bromo yang memiliki pangkalan di Selatan Terminal Probolinggo.Ciri khas angkutan adalah kendaraan ELF berwarna hijau tua namun jika kedatangan Anda sedikit terlambat atau kemalaman bisa mencari bantuan travel lokal yang berada di sekitaran terminal Probolinggo karena travel lokal Probolinggo melayani rute ke Bromo setiap hari dan kisaran jam 6 – 8 malam mereka berangkat menuju lokasi bromo untuk mengantar tamu kiriman dari jogja untuk cek in hotel.

Via Malang (Bandara / Stasiun) Untuk Anda yang sudah terlanjur ingin backpaker ke bromo namun via Malang ada beberapa jalur yang bisa Anda pilih misalnya seperti ulasan sebelumnya Anda bisa menuju terminal Probolinggo.Dan rute backpaker lainnya yaitu via Tumpang Malang.

Dari stasiun anda bisa mencari angkutan mikrolet menuju desa tumpang.Sesampai desa tumpang ada banyak jeep sharing menuju bromo namun tetap harus sampai quota maksimal jeep terpenuhi baru bisa diberangkatkan. Kelemahan jika memilih rute dari Malang dan memilih backpaker adalah jeep yang menuju ke bromo rata rata berangkat midnight (tengah malam) karena tidak ada hotel yang bisa disinggahi di kawasan terdekat gunung bromo kecuali homestay.Saran saya jika memilih rute Backpacker via Malang sebaiknya sewa sepeda/motor.

Rute backpacker dari Malang.- Bagi Anda yang hobi backpacker, mungkin perjalanan Anda menuju lokasi wisata Gunug Bromo akan lterasa lebih menyenangkan jika Anda memilih rute terbaik dari Kota Malang, sebab Kota Malang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik Indonesia yang saat ini masih terus mengembangkan sektor pariwisata. Setelah Anda berada di Kota Malang, Anda bisa sekaligus mencoba jelajah beberapa tempat wisata terbaik di Kota Malang. Untuk menuju lokasi wisata Gunung Bromo, Anda bisa langsung menuju terminal Arjosari kemudian negosiasi harga dengan tukang ojek, kenapa demikian? karena dengan menempuh perjalanan naik ojek, Anda bisa sekaligus singgal dibeberapa lokasi wisata yang terlintas sepanjang perjalanan menuju Gunung Bromo, seperti misalnya di kecamatan tumpang, terdapat beberapa banyak lokasi wisata yang bisa di singgahi seperti coban pelangi dll.

Berikut Adalah Obyek Wisata Bromo :

  1. Gunung Penanjakan yaitu puncak gunung yang berada di sebelah barat gunung bromo lokasi dimana semua pengunjung berada di lokasi ini di pagi hari untuk menunggu datangnya sunrise gunung bromo.Dari puncak penanjakan juga bisa menikmati pemandangan istimewa deretan gunung batok paling depan kemudian gunung bromo dan dilatar belakangi gunung semeru.
  2. Kawah Gunung Bromo, untuk mencapai lokasi ini jika Anda sewa jeep harus berjalan kaki sejauh 1,5 km dari parkir jeep di lautan pasir dan naik 250 anak tangga.
  3. Pura Poten yaitu pura umat hindu yang berada di kaki gunung bromo,jika Anda menuju kawah bromo pasti melewati pura tersebut
  4. Savana Dan Bukit Teletubbies adalah lokasi wisata lainnya di sekitar bromo yang terdapat di sisi sebelah timur gunung bromo,untuk mengunjungi lokasi ini bisa memilih pada musim semi karena saat itu pemandangan terbaik bisa Anda rasakan.

Baca juga “

Tips Backpacker Gunung Bromo

Plesiran Bersama 5 Tempat Wisata Terbaik Di Batu

9 Tempat Wisata Terbaik Di Batu Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *