Tips Agar Barang Bawaan Anda Aman Saat Bepergian

Posted on

Tips membawa barang aman saat bepergian. Suatu hal yang kerap kali terjadi ketika kita sedang bepergian jauh atau berwisata yaitu tertinggalnya barang bawaan pada tempat tempat permberhentian atau peristtirahatan seperti masjid, rest area, pom bensin, toilet umum, dst.

Selain menjaga diri untuk keselamatan pribadi dan keluarga maupun teman, barang bawaan merupakan hal yang harus kita jaga pada saat bepergian, sering menjadi masalah bagi kita ketika situasi yang mengharusakan kita bergerak dengan cepat seperti pada saat kita berada di sebuah bandara, terminal bus, stasiun kereta, dst.

Tertinggalnya barang bawaan kita yang disebabkan karena lupa biasanya terjadi akiban kita kurang fokus terhadap barang yang kita bawa. Atau barang yang sebagian tertinggal karena kondisi kita sedang tergesa-gesa, khususnya bagi kita yang pelupa, sayang sekali rasanya jika hal ini terjadi pada saat kita sedang bepergian jauh kemudian kehilangan sesuatu yang kita bawa.

Melihat kejadian hilangnya barang di perjalanan memang tidak selalu disebabkan karena kita sedang lupa menaruh dan kemudian kita tinggalkan barang tersebut dengan begitu saja, tetapi juga ada beberapa factor lain seperti pencurian, perampasan,dst, atau musibah lain yang sedang menimpa kita di perjalanan, tetapi setidaknya kita bisa mengantisipasi hal ini supaya kita terhindar dari resiko kehilangan barang pada saat kita bepergian.

BACA JUGA KUMPULAN TIPS WISATA POPULER.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa anda simak :

  1. Perkirakan tempuh waktu yang anda butuhkan untuk perjalanan, jika waktu tempuh dalam rencana perjalanan anda sangat lama atau lebih dari 10 jam, sebaiknya perhatikan untuk tingkat kenyamanan anda pada saat membawa barang yang hendak anda bawa, usahakan bungkus barang dengan rapi sehingga tidak mengganggu anda untuk membawa.
  2. Gunakanlah pembungkus atau tempat untuk barang yang mudah di hafal, seperti koper, ransel, jenis tas yang lain, atau kardus, karena tidak menutup kemungkinan tas atau kardus yang kita bawa sama dengan milik orang lain, dalam hal ini ada resiko barang tertukar yang harus kita hindari.
  3. Bedakan tempat barang untuk beberapa barang yang sering kita gunakan seama di perjalanan seperti, handphone, charger, power bank, kacamata, kosmetik, dompet, uang, makanan, tisu, dll, dengan barang yang tidak kita perlukan di perjalanan, supaya kita tidak kesulitan jika ingin mengeluarkan dan menggunakan barang tersebut selama di perjalanan.
  4. Jika anda bepergian seorang diri, atau teman atau bersama yang lain, usahakan kemasan barang/ tas yang anda bawa tidak berjumlah lebih dari 3 (tiga), karena dengan membawa 3 barang kita sudah agak kesulitan untuk memperhatikan semua barang bawaan kita, selain itu jumlah tangan yang kita miliki hanya 2 (dua), maka jika barang kita berjumlah lebih dari 3, kemugkinan resiko untuk lupa/ ketinggalan di jalan sangat besar.
  5. Jika anda bepergian dengan membawa anak balita, ini akan mengurangi tingkat konsentrasi anda untuk memperhatikan barang bawaan selama di perjalanan, untuk itu sebaiknya anda tidak membawa tas/barang lebih dari 2, supaya keamanan barang anda lebih terjaga dari segala bentuk resiko yang mungkin terjadi.

Kebiasaan menaruh barang dipersinggahan atau di rest area pada saat perjalanan merupakan suatu hal yang wajar, tanpa kita sadari hal ini akan memungkinkan kita untuk lupa atas barang bawaan yang sedang kita taruh. Akibat dari terburu buru atau kita sedang keasikan menikmati berjalanan lantas kita tidak mengingat sama sekali atas barang bawaan yang kita taruh.

Seperti yang telah saya uraikan pada poin poin diatas mungkin saja bisa membantu anda untuk mengurangi resiko terjadi kelupaan atas barang bawaan disaat bepergian. Semoga sedikit uraian dari tim wisata terbaik Indonesia ini bisa menjadi manfaat bagi semua pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *