pura tanah lot tabanan bali
pura tanah lot tabanan bali

Inilah Tempat Wisata Di Bali Yang Di Sakralkan

Posted on

Pura Tanah Lot berlokasi di 30 km sebelah barat kota Denpasar dan sekitar 11 km di sebelah selatan kota Tabanan. Pura yang menyerupai candi – candi megah di Thailand ini telah dibangun sejak lama di atas batu dengan ukuran 3 hektar dan dapat dijangkau oleh siapa saja dalam beberapa menit dengan berjalan kaki, karena hanya berada sekitar 20 meter dari bibir pantai. Pura ini sangat terkenal diantara tujuan wisata di Bali dengan pemandangan spektakuler berupa matahari terbenam atau matahari terbit di laut lepas.

Pada beberapa sudut dari terumbu karang di sekitar Pura Tanah Lot terdapat sekumpulan ular – ular jinak yang dipercaya sebagai makhluk gaib yang dikeramatkan dan disucikan oleh warga Bali, dimana ular – ular tersebut berwarna hitam dan putih berukuran sedang, ada yang berbisa dan tidak, menurut masyarakat setempat percaya bahwa ular langka itu sebagai properti dewa dan penjaga pura dari pengaruh buruk.

Pura Tanah Lot yang terletak di sisi pantai pedesaan Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan ini terdiri dari dua suku kata yaitu tanah ditafsirkan sebagai karang tampak seperti gili atau pulau. Sedangkan kata lod memiliki makna laut. Jadi Tanah Lot berarti pulau kecil yang mengambang di tengah laut. Lokasi yang sekarang disebut sebagai Tanah Lot telah digunakan sejak periode Megalitik sebagai tempat suci, terbukti dari adanya menhir pada beberapa tempat di area pura. Berdasarkan kondisi lingkungan, maka struktur Pura Tanah Lot dibangun pada dataran karang dengan memperhatikan sudut area yang hanya terdiri dari satu halaman polos sebagai Jeroan atau halaman utama.

Pura yang dibangun oleh Danghyang Nirartha ini berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu yang telah ada sejak abad ke 16 dengan dibangunnya pura pura Sad Kahyangan di seluruh pulau Bali. Odalan atau hari raya di pura ini diperingati setiap 210 hari sekali dalam setahun, sama seperti pura pura yang lain. Jatuhnya dekat dengan perayaan hari raya besar umat Hindu yaitu Galungan dan Kuningan, tepatnya pada hari suci Buda Cemeng Langkir.  Saat inilah orang – orang di seluruh Indonesia yang beragama Hindu ramai – ramai berkunjung ke tempat ini untuk sembahyang di area pura.

Dari dalam lingkungan pura, anda bisa melihat beberapa jenis hewan unik dan langka di karang – karang laut, adalah ular pantai yang jinak namun sangat berbahaya, tapi kasus gigitan ular terhadap turis asing yang berkunjung ke tempat ini sangat jarang terjadi, karena ular air laut pada umumnya sangat pasif, juga terdapat ikan paus, ikan lumba – lumba, penyu laut dan ribuan ikan hias yang berenang di laut lepas.

Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, yaitu sekitar 35 km dari  kota Denpasar dan 48 km dari Kuta, membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam dengan kendaraan bermotor atau bus dan mobil. Tanah Lot merupakan pantai dengan keunikan tersendiri yaitu terdapat pura – pura kecil yang berada di pinggir laut, apabila air laut sedang pasang maka para pengunjung tidak bisa menuju ke pura yang berlokasi di tengah laut tapi kalau air sedang surut, anda dapat menyebrang ke pura  tersebut dengan berjalan kaki. Akan tetapi yang boleh memasuki area pura utama adalah masyarakat Hindu saja guna bersembahyang, yang berstatus sebagai turis dilarang masuk ke pura.

Tanah Lot juga menawarkan keindahan sunset dengan panorama alam yang begitu indah, dimana di sepanjang tempat parkir menuju ke area pura Tanah Lot atau menuju pantai akan banyak di jumpai beragam toko toko art shop, warung makan tradisional Bali atau resto resto bergaya Eropa yang menawarkan berbagai macam oleh oleh khas Bali dan pernak perniknya serta beragam makanan/minuman pelepas lelah setelah anda jalan – jalan mengelilingi objek wisata spektakuler Tanah Lot.

3 Tempat Wisata Di Bali Paling Populer :

Tempat wisata di Bali yang di sucikanMerupakan sebuah komplek pura yang berada di desa besakih yang telah menjadi tempat wisata populer di bali, pura ini termasuk bangunan bersejarah.

Tempat wisata di Bali yang paling menantang untuk divingSebuah tantangan yang seru bagi penikmat olahraga air diving dan snorkeling untuk mencoba pantai amed, di tempat wisata yang satu ini ternyata menyimpan keindahan alam bawah laut yang sangat luar biasa keindahannya.

3 Tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi saat di Kuta. Sebuah kawasan wisata yang sangat menarik paling populer di sepanjang masa, dimana tempat tujuan utama wisata bali yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan domestik dan manca negara.

Di sebelah  pura,  tepatnya di dalam goa goa kecil di bawah tebing  terdapat beberapa jenis hewan langka yang dilindungi oleh pemerintah serta dikeramatkan oleh umat Hindu di Bali. Salah satunya adalah ular pipih beracun yang dipercaya sebagai selendang Dang Hyang Nirartha (seorang pendeta Hindu dari Jawa Timur) yang terlepas dan tercebur ke tengah laut saat sedang bertapa di atas sebuah batu besar dan hingga sekarang ular ular ini di yakini sebagai penjaga Pura Tanah Lot yang banyak menyimpan kekayaan alam dan bersifat natural hingga saat ini.

Tanah Lot merupakan sebuah objek wisata paling populer di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura utama yang terletak di atas beberapa batu besar di tengah laut. Satu pura terletak di atas bongkahan batu besar dan satunya terletak di atas tebing menyerupai dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot adalah bagian dari rangkaian beberapa pura yang didirikan oleh Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut dimana umat Hindu melakukan persembahyangan untk memuja dewa – dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang paling indah untuk menyaksikan matahari terbenam berlatar masyarakat Hindu yang usai melakukan upacara sembahyangan di area pura utama.

Pemandangan Sunset Dan Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Tanah Lot. Tanah Lot adalah salah satu daerah tujuan wisata yang sangat terkenal di dunia, dan saat ini menjadi salah satu obyek wisata terbaik dan paling banyak memiliki peminat di pulau Bali serta merupakan salah satu tempat wisata favorit untuk menikmati keindahan sunset / matahari tenggelam di pulau Dewata.

Setiap hari objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh ribuan wisatawan baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Banyak terdapat turis / wisatawan asing yang rela antri dan menunggu sejak pagi hari hingga sore tiba guna melihat keindahan sunset di Tanah Lot. Disarankan untuk bisa menikmati keindahan Pura Tanah Lot dengan pemandangan sunsetnya yang keren pada waktu senja atau sore hari dengan kondisi cuaca yang cerah, dari sekitar jam 4 sore sampai jam 7 petang / malam adalah waktu yang terbaik untuk menyaksikan sunset Tanah Lot karena pada jam – jam itu dengan cuaca yang cerah maka anda akan bisa menikmati keindahan sunset / matahari terbenam yang spektakular.

Selain itu para pengunjung dapat berjalan – jalan hingga berada dekat dengan batu – batu karang dari areal pura ketika air laut sedang surut, tetapi sangat berbahaya dan dilarang melakukan hal itu saat air laut pasang. Tempat wisata Tanah Lot sangat tepat dijadikan sebagai liburan keluarga dimana dalam lingkungan kawasan wisata spiritual ini terdapat fasilitas yang cukup memadai seperti hotel, villa, sunset teras, Tanah Lot cultural park, toko – toko suvenir, tempat parkir yang luas, fasilitas emergensi, fasilitas keamanan sekuriti (security), toilet yang bersih, tempat bersantai dan juga pusat informasi.

Tak jauh dari kawasan ini banyak dijumpai resto – resto mewah dan warung – warung tradisional yang menyediakan sajian berupa seafood dan anda patut mencoba menu di sini yang berasa lezat dan cocok disantap oleh siapa saja yang merasa lapar setelah lelah jalan – jalan mengelilingi pantai dan areal pura. Menu favorit turis mancanegara adalah sajian berupa kepiting dan lobster laut yang diolah menjadi beragam masakan oleh chef profesional, sajian seafood ala orang Bali atau salad seperti udang asam manis, mie goreng seafood, soup seafood, cumi goreng tepung dengan saos sambal pedas yang ramai, fish and chips dengan saos mayones, sup seafood rempah, nasi goreng seafood, udang goreng mentega, sop ikan ala Bali, gulai kepala ikan, ikan laut bakar dengan sambal terasi pedas atau sambal mentah khas Bali, ikan bakar gurame, sate lilit ikan laut, kepiting lada hitam, dan salad mancanegara yang pastinya menjadi favorit pengunjung buat mencicipinya.

Keunikan dari Tanah Lot yang lainnya adalah terkait dengan mitos dari masyarakat setempat tentang ular – ular suci yang ada di Pura Tanah Lot, ular suci Tanah Lot dipercaya sejak dulu sebagai penjaga dan penyelamat dari Pura Tanah Lot dari serangan – serangan jahat yang mengganggu kesucian pura. Jenis ular itu dalam bahasa Latin bernama Bungarus Candidus, merupakan ular laut yang sangat berbisa dan berbahaya meskipun ada juga yang tidak berbahaya, pada tubuhnya mempunyai warna hitam dan putih melingkar – lingkar dengan eksotik.

Ular suci ini akan menyerang siapa saja yang suka usil dan ingin berbuat jahat serta bermaksud merusak keberadaan dan kesucian Pura Tanah Lot, meskipun demikian, ular suci ini bersifat pasif dan suka tidur atau diam d sarangnya masing – masing dan bersikap tenang di dalam goa yang banyak terdapat di sudut karang yang ada di dekat Pura Tanah Lot, karena mereka sudah terbiasa dengan kondisi ramai para pengunjung yang berlibur ke pura ini dimana anda sekali waktu bisa menyentuh dan mengelus – elus ular suci ini tanpa khawatir akan serangan tiba – tiba dari mereka dan tentu saja anda akan ditemani oleh seseorang yang mengerti akan karakter dari ular suci tersebut. Masyarakat setempat juga mempercayai bahwa dengan berani menyentuh ular suci ini sambil berdoa (apalagi anda adalah seorang Hindu) maka apa yang akan anda harapkan akan terkabulkan, merupakan sebuah mitos tua yang boleh dipercaya atau tidak.

Rekomendasi Baca :

  1. Padang Padang Beach Wisata Bali. Kesan yang timbul ketika kita berjalan menelusuri celah berbentuk goa-goa pada saat masuk menuju lokasi pantai padang padang ini seakan akan menjadi sebuah petualangan yang menarik, karena jika bersamaan dengan orang lain yang sedang ke arah keluar maka salah satu dari kita harus mengalah, karena jalan goa goa tersebut hanya cukup untuk di lewati satu orang saja.
  2. Museum Lukisan Ubud Wisata Bali. museum ini merupakan museum tertua yang ada di Bali, museum puri lukisan ubud lebih banyak menyimpan koleksi karya seni lukisan Bali traditional, modern, hingga seni ukir sebagai identitas ukiran kayu khas para seniman Bali.
  3. Taman Wisata Rumah Pohon Karangasem Bali. Rumah pohon karangasem bali, merupakan sebuah tempat wisata keluarga terbaik dan paling populer di karangasem bali. Tak kalah seru dengan objek wisata yang ada di bali, tempat wisata yang satu inimenawarkan nuansa alami yang mungkin bisa dijadikan tempat bersantai bagi para penikmat suasana alam yang menyempatkan diri untuk berkunjung kesini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *