traditional dance in bali
traditional dance in bali

Tari Pendet Ini Menjadi Sambutan Selamat Datang Untuk Para Wisatawan

Posted on

Untuk menyambut kedatangan para tamu dan undangan mereka sebagai tuan rumah sangat antusias, para penari cantik dengan ekspresi penuh pesona yang dihiasi taburan bunga bunga wangi telah menjadi ciri khas sambutan wisata Bali.

Tari Pendet namanya, sebuah tarian yang digunakan pada acara ibadah di pura ditujukan sebagai penyambutan terhadap dewa yang turun ke dunia. Tari ini merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan disaat ibadah, konon dikisahkan tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia.

Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengembangkan Tari Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral dan religius. Tari Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara, yang berbeda dengan tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, dewasa maupun gadis.

Tari pendet ini diajarkan sekedar dengan mengikuti gerakan dan jarang dilakukan di banjar-banjar, para gadis muda mengikuti gerakan dari para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik. Seni tari ini memiliki pola gerak yang lebih dinamis daripada seni tari yang lainnya.

Pelestarian budaya di nusantara adalah suatu keharusan bagi kita semua sebagai warga negara yang baik, rasa memiliki dan melestarikan budaya serta tradisi yang telah diwariskan oleh bangsa ini bisa menjadikan kita semua untuk mencintai tanah air secara utuh. Jika kita sedang berkunjung ke Pulau Dewata, jangan lupa untuk nonton atau mencoba ikut latihan tarian model ini, karena sangat mengesankan.

Tari Pendet kini sangat terkenal karena pernah tampil dalam program televisi Enigmatic Malaysia. Sebelumnya Tari Pendet telah lahir sejak tahun 1950 sebelum pada 1961, I Wayan Beratha mengolah kembali tari pendet tersebut dengan pola seperti sekarang, termasuk menambahkan jumlah penarinya menjadi lima orang. Berselang setahun kemudian, I Wayan Beratha dan kawan-kawan menciptakan tari pendet massal dengan jumlah penari tidak kurang dari 800 orang, untuk ditampilkan dalam upacara pembukaan Asian Games di Jakarta. 1967 koreografer bentuk modern Tari Pendet.

Pada tahun 1967 I Wayan Rindi seorang koreografer menciptkan bentuk modern tari Pendet ini adalah 1967, merupakan penari yang dikenal luas sebagai penekun seni tari dengan kemampuan menggubah tari dan melestarikan seni tari Bali melalui pembelajaran pada generasi penerusnya. Semasa hidupnya ia aktif mengajarkan beragam tari Bali, termasuk tari Pendet kepada keturunan keluarganya maupun di luar lingkungan keluarganya. Disamping itu tari Pendet tetap mengandung anasir sakral-religius dengan menyertakan muatan-muatan keagamaan yang kental.

BACA JUGA TENTANG TARI CENDRAWASIH DI BALIPulau dewata memiliki berbagai nilai keindahan baik dari pesona alam yang memukau maupun budaya dan tradisi yang sampai saat ini masih kental terjaga dan menjadi objek tujuan wisata.

3 TARIAN MENARIK DARI PULAU DEWATA. Hingga saat ini beberapa tarian tradisional Bali lebih sering dipentaskan sebagai tarian komersial untuk tujuan mendukung industri pariwisata Bali dalam hal menarik minat dan mendatangkan turis asing menjadi lebih banyak.

Pulau Bali merupakan salah satu destinasi wisata terbaik Indonesia yang banyak ditinggali wisatawan dari berbagai negara, namun masyarakat Pulau Bali sangat terkenal sebagai masyarakat yang mampu mempertahankan tradisi dan budayanya. Terbukti dengan kesenian tradisional maupun tradisi adat yang terus dilestarikan hingga saat ini, bahkan hal tersebut menjadi salah satu daya tarik wisata di sana. Salah satunya adalah Tari Pendet ini. Tarian ini masih terus dilestarikan oleh para seniman dari sanggar-sanggar tari yang ada di Bali dan masih terus ditampilkan di berbagai acara budaya seperti penyambutan, festival budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *