Tempat Wisata Di Bandung Paling Populer

Posted on

Tempat Wisata Di Bandung,- Melancong ke jawa barat menuju puncak gunung tangkuban perahu. Tempat penanjakan di jawa barat yang paling sering dikunjungi para backpacker muda di jawa timur. Puncak gunung yang satu ini merupakan wisata alam yang menjadi incaran para pemuda dan pelajar, untuk dijadikan sebagai tempat tujuan dalam mengisi waktu libur, dengan semakin banyaknya peminat wisata alam kini gunung tangkuban perahu telah menjadi pilihan bagi mayoritas masyarakat di jawa barat kususnya masyarakat kota bandung.

Kawasan wisata terbaik gunung tangkuban perahu telah berhasil menjadi ikon pariwisata di kota bandung, selain karena sudah dikenal sebagai tempat wisata yang menyimpan sejarah legenda Sangkuriang, gunung tangkuban perahu memang memiliki pemandangan yang sangat Indah dan mempesona.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang berada di jawa barat, jika dari kota bandung berjarak sekitar kurang dari 25 km, tepatnya berapa di sebelah utara kota bandung, situasi alam yang rimbun akan keberadaan pohon pinus serta hamparan hijau perkebunan teh di sekitarnya mampu menciptakan suasana sejuk dan hening bagi setiap pengunjung, gunung tangkuban parahu memiliki ketinggian kurang lebihnya antara 2.084 meter dari permukaan laut.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan Stratovulcano sebagai pusat erupsi yang selalu berpindah dari arah timur ke barat. Jenis dari bebatuan yang paling sering dikeluarkan dari letusan gunung tangkuban perahu kebanyakan adalah lava, sulfur, dan mineral obsidian, tetapi yang paling banyak banyak dikeluarkan adalah pada saat gunung tidak aktif adalah uap dari belerang saja.

Sejarah Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Tangkuban Parahu termasuk gunung berapi yang masih aktif dan sampai saat ini masih terus di pantau oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya masih menunjukkan tanda tanda keaktifan gunung ini. Di antara tanda aktivitas gunung berapi ini adalah munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, di antaranya adalah di kasawan Ciater, Subang.

Jika hendak berkunjung ke puncak gunung tangkuban perahu sebaiknya menggunakan Rute yang sering di gunakan wisatawan domestic, yaitu melewati tol Pasteur, kemudian dilanjutkan menuju ke Jl. Dr. Djunjunan, ambil arah ke Pasir kaliki dengan melewati Sukajadi, Setiabudi, dan Lembang, kemudian kita akan sampai di lokasi gerbang atas tangkuban parahu. Arah keluar atau pulang dari tempat wisata ini kita bisa lewat jalan tol Padalarang kemudian ambil arah Cimahi, dan masuk ke Jl. Kolonel Masturi, setelah itu sampai di kecamatan Cisarua dan kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat.

Lembang memang tujuan yang pas untuk berwisata akir pekan dengan keluarga, sebagai kawasan wisata terbaik di Bandung bahkan bukan hanya di Gunung Tangkuban Perahu saja yang bisa kita kunjungi, masih ada beberapa tempat wisata terbaik dan menarik dan masih banyak lagi yang mungkin tidak kami sebutkan disini.

BACA JUGA

WISATA TERBAIK DI BANDUNG PALING POPULER.

5 TEMPAT WISATA TERBAIK INDONESIA

KUMPULAN TIPS WISATA TERBAIK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *