Monyet Paling KecilDi Dunia

Tempat Konservasi Alam Terbaik Di Sulawesi

Posted on

Taman Nasional Tangkoko,- Merupakan salah Satu Taman Wisata Nasional sekaligus tempat untuk pelaksanaan kegiatan konservasi alam. Taman Nasional Tangkoko merupakan hutan lindung tempat menetapnya beberapa satwa khas Propinsi Sulawesi Utara yang tidak ada di daerah lain, diantara satwanya yaitu seperti primata terkecil dunia monyet mini (tarsius), monyet hitam (Macaca niagra) dan burung rangkong, namun dari sekian binatang yang tergolong sangat sulit di kembang biakkan yaitu Tarsius, dan (kini tarsius rawan punah).

Taman Nasional ini juga sangat sering dikunjungi oleh turis manca negara, karena fauna yang liar sepertinya memberikan daya tarik tersendiri, secara geografis taman ini terletak di kota Bitung. Menurut sejarahnya, Taman Nasional Tangkoko ini sudah menjadi lokasi wisata sejak Indonesia belum merdeka, tepatnya sebelum abad ke-19 dan tempat ini sudah ramai dengan wisatawan yang berkunjung.

Terdapat  3 jenis daratan di sini diantaranya, pantai, pegunungan, dan hutan yang masih liar, fauna yang ada disini adalah Tarsius, hewan yang berasal dari provinsi Sulawesi Utara, yang hampir terancam punah ini merupakan hewan yang dilindungi dan Pemerintah SULUT bermaksud untuk mengembang biakan di Taman Nasional ini.

kadal-terkecil-di-dunia
Kadal Terkecil Di Dunia

Binatang dengan nama latin macaca niagra juga terancam punah, karena itu pihak pemerintah memproyeksikan Taman Nasional Tangkoko untuk menjaga habitatnya dari kepunahan, selain macaca niaigra juga masih banyak hewan unik jenis mamalia yang lain di lestarikan disini.

Taman nasional ini sangat ramai dikunjungi baik oleh para wisatawan domestik dan wisatawan  asing terutama para pribumi asal sulawesi, umumnya pada musim liburan panjang yaitu di bulan Juni hingga Agustus wisata alam tangkoko sangat ramai, hal yang perlu di perhatikan ketika hendak berkunjung ke taman wisata alam tangkoko adalah cuaca, pastikan waktu berkunjung diwaktu musim kemarau, karena pada saat hujan kondisi hutan lembab sehingga ratusan spesies burung yang cantik sangat sulit untuk kita temui.

Taman Nasional gunung Tangkoko Batuangus secara geografis terletak kurang lebih 125°3′ – 125°15′ BT dan 1°30′ – 1°34′ LU. Secara administratif, cagar alam ini terletak di kecamatan Bitung Utara, Kotamadya Bitung dan diperuntukan bagi perlindungan Kera, Maleo, Tarsius, dan lainnya. Adapun di dalam kawasan ini terdapat Taman Wisata Batuputih dan Taman Wisata Alam Batuangus.

Jenis satwa yang terdapat di dalam cagar alam ini diantaranya adalah Kera Hitam Sulawesi (Macaca Tongkeana), Tangkasi (Tarsius Spectrum), Kus-kus (Phalanger Ursinus), Burung Maleo (Macrocephalon Maleo), Burung Rangkong (Rhyti Tceras Cassidix), dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *