Destinasi Wisata Kawah Ijen

Tempat Wisata Di Bondowoso Paling Menakjubkan

Posted on

Wisata Terbaik Gunung Ijen merupakan sebuah gunung berapi yang sampai saat ini masih aktif, dihiasi dengan pemandangan alam yang sangat indah disekeliling jalur pendakian, menjadikan Gunung Ijen sebagai tempat wisata di Bondowoso yang paling ramai pengunjung disetiap akhir pekan tiba.

Namun terkadang gunung Ijen tidak boleh dikunjungi karena keadaan cuaca dan kondisi alam yang kurang bersahabat. Secara teritorial gunung Ijen terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia.

Kawasan wisata gunung Ijen berada pada kawasan teritprial 2 kabupaten pemerintahan di Jawa Timur, yaitu kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Bondowoso. Lokasinya di sebelah bagain timur dari pulau Jawa yang berdekatan dengan wisata pulau Bali. Sampai saat ini Gunung Kawah Ijen masih aktif, perubahan status gunung Ijen juga terjadi secara cepat dan tiba-tiba. Namun hal ini tidak mengurangi minat pengunjung karena keindahan kawah ijen sulit sekali di temukan di tempat lain di dunia ini.

Tempat wisata di Bondowoso yang satu ini memiliki ketinggian antara 2.443 mdpl gunung merapi yang masih aktif ini sangat digemari para pendaki dari luar kota, karena menyimpan berjuta keindahan alam yang mungkin tidak bisa kita dapati dipendakian gunung yang lain. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Telah menjadi fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah belerang yang terletak di puncaknya.

” BACA JUGA “

Kali Pahit Destinasi Tempat Wisata Di Bondowoso Paling Populer

Bukit Teletubies Wisata Alam Tersembunyi Di Bondowoso 

25 Tempat Wisata Di Bondowoso Yang Wajib Anda Ketahui

Tempat Makan Enak Di Bondowoso

Untuk melakukan pendakian menuju puncak gunung Ijen ini bisa mengambil akses dari kabupaten Banyuwangi atau dari kabupaten Bondowoso. Jika melihat pengembangan sektor pariwisata daerah maka akses termudah menuju tempat wisata gunung Ijen adalah dari kabupaten Banyuwangi.

Namun wilayah kawasan wisata terbaik gunung Ijen sebagian besar masuk ke dalam kawasan wisata Bondowoso, tetapi sebagian besar wisatawan memang memilih untuk lewat kabupaten banyuwangi, karena akses pariwisata yang ada di kabupaten Banyuwangi telah lama mendapatkan dukungan dan perhatian untuk pengembangan dari pemerintah setempat.

Kawah Ijen Wisata Terbaik Indonesiasebuah danau kawah yang terletak di kabupaten Bondowoso, danau kawah ini bersifat asam dan bisa kita temui setelah kita melakukan pendakian menuju ke puncak, karena danau kawah ini terletak di puncak Gunung Ijen persisnya pada ketinggian antara 2.443 meter di atas permukaan laut, dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar.

Danau kawah Ijen banyak dikenal sebagai danau air yang memiliki kandungan asam yang sangat tinggi, selain itu juga merupakan penghasil belerang terbesar di dunia. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Gunung Ijen yang masuk kedalam wilayah teritorial kabupaten Bondowoso, inilah satu satunya tempat wisata di Bondowoso yang sangat menakjubkan

Meskipun sedikit dari kawasan pegunungan Ijen masuk kedalam wilayah teritorial Kabupaten Banyuwangi, namun pada dasarnya keseluruhan wilayah puncak danau kawah Ijen adalah milik pemerintah kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia.

Melakukan perjalanan wisata ke kawah ijen merupakan salah satu perjalanan wisata dengan petualangan yang sangat seru, oleh wisatawan lokal maupun dari manca negara hal ini sangat diminati. Namun yang paling dominan adalah wisatawan dari manca negara yang mengunjunginya karena kawah Ijen merupakan jalur overland tour dari Jakarta – Bandung – Yogyakarta – Wisata Bromo – Bali – Lombok. Selain bisa menikmati indahnya danau kawah, salah satu satu yang menjadi daya tarik lebih untuk destinasi wisata kawah Ijen adalah fenomena Api Biru atau Bluefire dan biasa disebut dengan Blueflame. Percikan api yang berasal dari aktivitas belerang yang panas ini menimbulkan warna- warni yang sangat menarik.

Yang paling menarik dan sering diburu oleh para wisatawan dari luar daerah yaitu datang dan menyaksikan blue fire yang muncul disetiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, fenomena blue fire atau api biru ini mungkin sangat langka dan jarang bisa kita temui di tempat lain, sehingga bisa dikategorikan sebagai wisata terbaik Indonesia yang ada di kabupaten Bondowoso.

Pemandangan pesona fenomena alam Blue Fire hanya bisa kita dapati di 2 tempat di seluruh dunia, yaitu hanya ada pegunungan Islandia dan pegunungan Ijen. Dari Kawah Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen, di antaranya adalah puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan sebagainya. ” Berikut Adalah Akses Rute Menuju Kawah Ijen Bondowoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *