Pantai Menjangan

Pantai Menjangan Menjadi Salah Satu Pantai Terindah Di Bali

Posted on

Pantai Menjangan merupakan salah satu pantai indah dengan pemandangan bawah laut yang sangat ciamik, meski letak pantai ini terpisah dari pulau Bali, yaitu di pulau Menjangan, pantai ini masih merupakan bagian dari pulau Bali, tepatnya termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bali Barat, yang berada di Desa Klampok, Kecamatan Grokgrak, Buleleng Bali.

Nama Pantai Menjangan disematkan pada pulau dan pantai ini karena pada saat musim semi, banyak sekali kawanan menjangan yang dalam bahasa Jawa memiliki arti kijang atau rusa, berenang menuju pulau ini untuk melangsungkan musim kawin. Jadi para wisatawan tak hanya akan terhanyut oleh keindahan pantai disini, namun juga dapat menikmati tingkah lucu dari kawanan rusa liar yang sedang berada di pulau ini.

Untuk berkunjung ke Pantai Menjangan, ada banyak sekali akses yang bisa dipilih, jika tengah berada di pulau bali, Taman Nasional Bali Barat telah mengelola layanan penyeberangan menggunakan perahu dari pelabuhan kecil bernama Labuhan Lalang yang berada di Teluk Terima atau wisatawan juga bisa melakukan penyeberangan dari dermaga kecil di Teluk Banyuwedang.

Dari Pulau Bali menuju Pulau Menjangan diperlukan waktu sekitar 30 hingga 40 menit, bergantung dari bagaimana kondisi cuaca dan beban yang harus diangkut oleh perahu tersebut. Jika sedang berada di pulau Jawa, maka penyeberangan dapat dilakukan dari kota Banyuwangi yaitu melalui pantai Grand Watu Dodol, para wisatawan dapat memilih penyeberangan dengan menggunakan jasa kelompok sadar wisata atau menyewa perahu nelayan.

Harga yang dipatok oleh kelompok sadar wisata di pantai Grand Watu Dodol seperti Basring Boat adalah sebesar Rp190.000 per orang termasuk biaya kacamata snorkel, jaket keselamatan, air mineral, makan siang dan akomodasi, untuk sekali angkut, dibutuhkan minimal 10 orang peserta, jika kurang dari 10 orang maka harga yang dikenakan kepada setiap peserta akan bertambah.

Sedangkan jika wisatawan lebih memilih untuk menggunakan kapal nelayan, harga sewa kapal adalah sekitar Rp300.000 untuk maksimal angkut sebanyak 6 orang, biaya sewa tersebut tidak termasuk alat snorkeling dan makan siang, jadi hanya murni untuk penyewaan kapal saja.

Dibutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk mencapai pantai Menjangan dari pantai Grand Watu Dodol. Lamanya perjalanan menyeberangi pantai tidak akan terasa, sebab pemandangan yang disajikan begitu indah, perpaduan antara birunya laut dan gugusan gunung di pulau Jawa yang berdiri kokoh secara samar berpadu memanjakan mata para wisatawan.

Sesampainya di pulau tak berpenghuni ini, kapal akan merapat pada sebuah dermaga kayu yang panjangnya hingga 15 meter dari bibir pantai, di pulau ini tersedia sebuah rumah panggung dan dua buah bale yang dapat digunakan wisatawan untuk beristirahat, tak hanya itu, terdapat pula sebuah pura bernama Pura Segara Giri Dharma Kencana yang konon katanya dibangun untuk melakukan penghormatan terhadap Dang Hyang Siddhimantra atas jasanya membelah pulau Jawa dan pulau Bali hingga menyisakan pulau Menjangan ini.

Dengan total luas sebesar  175 ha, pulau Menjangan memiliki banyak sekali hal yang dapat dinikmati, tak hanya adanya hewan menjangan atau kijang, wisatawan juga bisa menyaksikan burung jalak bali yang berkicau menggemaskan.

Tak cukup indahnya daratan, pulau Menjangan juga menyediakan pemandangan bawah laut, mulai dari berbagai jenis terumbu karang yang mencapai 45 jenis, ikan – ikan karang, moluska laut, dan juga berbagai hewan laut lain yang menjadikan pantai ini rumah karena ketenangan air lautnya, seperti ikan tuna, penyu, bahkan ikan hiu. Pulau Menjangan juga terkenal dengan Mandarine fish-nya yang memiliki warna begitu indah serta gerakan tubuhnya yang bagaikan seorang penari. Disini, terdapat tiga spot untuk melakukan diving dan snorkeling.

snorkeling di pantai menjangan
snorkeling di pantai menjangan

Spot pertama bernama Anchor wreck, dengan kedalaman 45 meter dibawah laut, wisatawan dapat menjelajahi sebuah bangkai kapal, kapal tersebut merupakan kapal para budak yang tenggelam pada abad ke 19, di spot ini, wisatawan dianjurkan untuk sangat berhati – hati, karena ada kemungkinan terdapat hiu yang berenang disekitar lokasi Anchor wreck ini.

Spot kedua bernama Eel gardens, dengan kedalaman 40 meter dibawah laut, spot ini menawarkan berbagai jenis biota dan tumbuhan laut yang indah, Eel gardens merupakan spot diving terbaik di pulau ini. Terakhir, terdapat Secret bay yang merupakan surga bagi para pecinta foto makro atau pembuatan video bawah laut serta para ahli biologi kelautan, hanya dengan kedalaman 9 meter dibawah laut, banyak ditemukan biota laut yang langka dan endemik di spot ini.

Bagi kalian yang tertarik untuk mengunjungi pantai Menjangan dan menikmati indahnya surga alam disini, kalian bisa menyewa berbagai pilihan hotel di pulau Bali ataupun di kota Banyuwangi. Untuk mendapatkan pemandangan bawah laut yang indah, disarankan untuk datang pada bulan April hingga bulan November.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *