pantai amed wisata terbaik indonesia
pantai amed wisata terbaik indonesia

Pantai Amed Menyimpan Sejuta Keindahan Alam Bawah Laut

Posted on

Sebuah tantangan yang paling seru di tempat wisata bali yang satu ini, bagi para penikmat olahraga air diving dan snorkeling untuk mencoba tempat wisata pantai amed di bali, di tempat wisata yang satu ini ternyata menyimpan keindahan alam bawah laut yang sangat luar biasa keindahannya. Obyek wisata alam bawah laut yang sangat fenomenal dan memiliki daya tarik yang tinggi bagi wisatawan.

Sebagian besar tempat wisata di karangasem berupa pantai, namun pantai amed memiliki air yang sangat jernih sehingga sangat mendukung untuk diving dan menyelam, didukung dengan panorama matahari terbit yang pas sehigga terlihat sangat indah, ibarat sebuah danau yang biasanya dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai seperti memancing ikan atau latihan menyelam bagi para pemula.

Biasanya penyelam domestik dan mancanegara lebih suka menyelam di pantai amed dari pada di pantai yang lain disekitar karangasem Bali, karena pantai amed kaya akan karang laut atau terumbu karang yang sangat cantik dipenuhi oleh ikan ikan hias yang jinak dan biota laut atau kehidupan laut lainnya, didukung oleh pasir yang bersih dan berwarna hitam mengkilat disaat terkena sinar matahari diwaktu pagi hari. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk berkunjung kesini buat berlibur.

Jika anda tidak suka dengan kegiatan wisata berat seperti snorkeling dan diving, maka di pantai amed bali, anda dapat melakukan kegiatan lain. Biasanya para travelers mengagendakan para tamu mereka untuk menyambut sunrise, atau jika anda ingn mengeksplorasi liburan anda lebih jauh menjadi berkesan dan penuh kenangan, anda dapat jalan jalan di sekitar pantai di depan hotel atau menikmati wisata alam ke desa Jemeluk.

Di desa wisata Jemeluk, sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian sebagai petani sayur dan nelayan tradisional atau ahli membuat garam ala orang bali. Aktivitas ini jarang dijumpai di pantai pantai lainnya di bali. Bagi wisatawan mancanegara, hal ini merupakan sesuatu yang sangat menarik dan tergolong sebagai obyek wisata baru untuk turis asing dimana anda bisa mengabadikan kegiatan nelayan nelayan tradisional ketika mereka sedang berkelompok dalam membuat garam dengan bidikan kamera kesayangan anda.

Sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah selain bekerja sebagai petani, juga banyak yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Namun seiring berkembangnya waktu dan obyek wisata Amed di Bali menjadi semakin maju, mulailah dibangun hotel – hotel di sekitar pantai Amed dan dari sini pekerjaan sebagian besar penduduknya beralih menjadi pekerja di sektor pariwisata seperti menjadi pegawai hotel, pemandu diving, tukang pijat profesional / tradisional di pantai, pedagang acung atau sopir. Kini pantai amed menjadi tempat wisata di bali yang paling populer dikalangan penikmat diving.

amed beach wisata terbaik Indonesia
amed beach wisata terbaik Indonesia

Baca Juga Surganya Tempat Surfing Paling Menantang Di Bali 

Lalu bagaimana dengan akomodasi di pantai Amed, Bali ? Fasilitas yang ditawarkan di kawasan wisata pantai amed bali ini cukup lengkap dan memadai. Terdapat banyak hotel dan bungalow tersedia dengan beragam tarif yaitu kisaran antara Rp. 350.000 – Rp. 2 juta per malam yang dapat anda pilih sesuka hati untuk dapat tinggal disana lebih lama.

Akses untuk mencapai desa amed di bali adalah sangat mudah yaitu dengan memakai kendaraan roda dua maupun empat. Perjalanan pertama akan melewati desa Jemeluk dimana anda akan disapa oleh suasana pedesaan yang masih sangat kental akan keramahtamahannya karena belum begitu populer apalagi terjamah oleh pengaruh asing.

Pantai amed berlokasi di desa amed, kecamatan abang, kabupaten karangasem. Dari pusat kota karangasem, pantai ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 30 menit. Jika anda memulai perjalanan wisata dari arah kota denpasar, jarak yang harus ditempuh sekitar 78 km dan bisa anda jangkau dalam perjalanan selama 2,5 jam. Jika anda pertama kali datang ke pulau bali, disarankan anda menyewa mobil saja dengan seorang driver sekaligus menjadi petunjuk jalan atau tur guide dengan tarif rata – rata Rp. 500.000 per hari.

Obyek yang paling menyenangkan untuk anda lakukan dalam perjalanan menuju ke pantai amed adalah menjepret banyak objek dengan kamera seperti hewan liar semacam rusa dan babi hutan atau kupu – kupu dan burung, pemandangan alam, dan pura – pura dengan arsitektur cantiknya yang menawan hati.

Jika anda adalah seorang remaja yang gemar berpetualang, anda bisa menyewa motor dengan tarif yang sangat murah yaitu sekitar Rp. 50.000 per hari dengan berbekal peta dan kompas atau memakai google maps. Anda juga bisa naik angkutan umum seperti bus atau bemo dengan memilih rute naik bus dari denpasar terminal batubulan ke kota amlapura karangasem yaitu membutuhkan waktu sekitar 2 jam, sedangkan naik bemo ke amed memerlukan waktu sekitar 30 menit. Jangan lupa, disini anda harus bisa bersikap ramah kepada para penduduk setempat karena merekalah yang akan membantu anda untuk menuju ke pantai amed dengan selamat.

Kecintaan masyarakat desa Jemeluk terhadap kelestarian alam telah mampu membuahkan perkembangan yang sangat pesat terhadap keindahan panorama alam di desa tersebut dimana hasilnya mampu memberikan keuntungan terhadap kehidupan masyarakat di sekitar desa. Dalam semangat  mencintai dan menghargai kekayaan alam sudah ditanamkan sejak dulu kala oleh para nenek moyang mereka seperti halnya masyarakat lain di seluruh daerah di Indonesia, sangat penting menjaga keindahan kekayaan alam di darat dan laut agar alam memberi keuntungan balik untuk mencintai dan menghargai manusia.

Kearifan masyarakat adat di desa Jemeluk dalam upaya mereka menjaga kelestarian alamnya telah membuahkan hasil berupa keindahan alam sebagai obyek wisata alam yang mampu menarik minat turis domestik dan asing untuk berkunjung kesini dimana setiap tahunnya mencapai angka yang sangat memuaskan, bisa sekitar 8.640 pengunjung dari tahun 2014 hingga sekarang (khusus untuk turis Jepang dan Eropa), belum termasuk wisatawan dari seluruh nusantara.

Dengan perkembangan sektor pariwisata kini Pantai Amed menjadi tempat wisata mterbaik untuk enyelam di Bali, tepatnya di desa amed yang semakin maju, diharapkan sangat membantu perekonomian masyarakat di desa ini menjadi semakin maju.

Rekomendasi Baca :

  1. 3 Tempat wisata populer yang wajib dikunjungi di kuta baliSebuah kawasan wisata yang sangat menarik dan paling populer di sepanjang masa, dimana tempat tujuan utama wisata bali yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun manca negara. Di kawasan wisata kuta bali terdapat sebuah pantai yang indah dan cocok sekali untuk menikmati sunset.
  2. Eksotika Kuta Beach Bali. Pantai Kuta sering juga disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach), karena posisi pantai menghadap ke barat dan memiliki pemandangan yang tepat untuk menikmati sunset.
  3. Eksotika Legian Beach Bali. Jika anda sedang berwisata di pantai kuta bali pastinya anda akan sekaligus mengunjungi sebuah pantai tetangga yang penuh dengan sensasi wisatawan yang dihiasi dengan keindahan alam, yaitu legian beach bali.
  4. Tips Murah Liburan Ke Bali. Semakin banyaknya pengunjuk dari manca negara akan semakin memperkuat tingkat perekonomian masyarakat di bali, namun jika segala sesuatu disana mahal tentunya akan membuat kita berfikir berkali kali untuk berlibur kesana.
  5. Kunjungi Tarian Penyambutan Wisata Bali. sebuah tarian yang digunakan pada acara ibadah di pura ditujukan sebagai penyambutan terhadap dewa yang turun ke dunia. Ini merupakan tradisi dan budaya yang sangat menarik pada wisata bali.

One thought on “Pantai Amed Menyimpan Sejuta Keindahan Alam Bawah Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *