Ikan Bakar Pantai Senggigi

Menikmati Kuliner Di Pantai Senggigi

Posted on

Setelah anda puas menikmati keindahan natural dari Pantai Senggigi, jangan lupa untuk tempat kuliner di senggigi, anda tidak perlu mengkhawatirkan harga wisata kuliner di sepanjang Pantai Senggigi sangatlah terjangkau, tersedia dalam berbagai menu – menu pilihan wisata kuliner yang dapat anda nikmati dari harga yang termurah hingga harga yang mahal, tetapi disarankan untuk menikmati kuliner khas Lombok seperti ayam taliwang dan plecing kangkung yang sudah melegenda hingga ke mancanegara.

Ada juga beberuk terong merupakan jenis kuliner di senggigi yang paling populer, lalapan khas orang sasak yang menjadi teman santapan nasi pulen hangat dengan ayam taliwang dan sayur plecing kangkung. Beberuk terbuat dari terong ungu, terong Bali dan buah tomat mentah yang dipotong dadu lalu dicampur bumbu halus yang terdiri dari cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kencur bakar, terasi bakar, gula pasir, garam dan minyak goreng.

Untuk andalan menu kuliner di senggigi dengan sambal dibuat kental lalu disiram di atas terong dengan tambahan perasan jeruk limau di atasnya. Rasanya ramai, sangat pedas, manis, asam dan segar. Menggiurkan bukan, jika anda santap pada waktu siang hari bersama dengan segelas es kelapa muda.

Pulau Lombok juga terkenal sebagai wisata kuliner dengan menyajikan menu – menu andalan berupa masakan Nusantara bernama sate, ada sate Tanjung, sate Rembiga, dan sate Bulayag. Nikmat disantap bersama sepiring nasi hangat atau ketupat. Temukan menu menu terbaik disaat wisata kuliner di senggigi.

Ikan Bakar Pantai Senggigi
Ikan bakar paling populer untuk wisata kuliner di Senggigi

Anda juga harus merasakan sepiring Nasi Balap Puyung yang berasa sangat pedas, disinilah tempat makan di Lombok yang membuat banyak orang ketagihan. Makanan ini sudah merambah hingga ke pasar – pasar mancanegara dan bisa dimasukkan ke dalam daftar sajian kuliner khas Lombok yang wajib anda cicipi. Secara tampilan, menu Nasi Balap Puyung tampak biasa saja.

Hanya berisi suwiran daging ayam kampung yang diolah bersama dengan baluran sambal tomat pedas, taburan kacang kedelai goreng, taburan udang kering, abon serta belut goreng dan sambal terasi. Keistimewaan makanan ini adalah terletak pada rasa pedas sambal terasinya yang sederhana tapi menyengat di lidah.

Tempat yang terkenal untuk menyantap Nasi Balap Puyung selain di resto hotel adalah desa wisata di Puyung, Lombok Tengah yang populer dengan masakan spesialnya berupa Nasi Balap Puyung cap Inaq Esun apalagi jika menyantapnya pada waktu malam hari, warung makan Inaq Esun semakin ramai dikunjungi oleh pembeli. Keistimewaan dari nasi milik Inaq Esun ini terletak pada masakannya yang diolah tanpa menggunakan bahan pengawet alias bahan – bahannya alami dan diproses dengan memakai bumbu tradisional khas suku Sasak. Pedasnya nasi ini berasa sangat nendang di lidah yang akan membuat tubuh anda berkeringat karena menahan rasa pedas.

 Kuliner masakan khas Lombok lainnya yang patut anda coba adalah soup bernama Bebalung yang diolah dengan memakai bahan utama dari tulang iga sapi atau kerbau. Bebalung merupakan makanan favorit masyarakat Lombok seperti halnya di Bali dimana warung – warung makan yang menyediakan menu ini selalu ramai dikunjungi oleh penduduk lokal dan turis domestik hingga wisatawan mancanegara terutama turis Jepang.

Bebalung khas Pantai Senggigi terkenal karena daging tulang iganya yang sangat lunak sehingga mudah digigit dan terlepas dari tulang – tulangnya. Lalu campuran bumbu – bumbu dari rempah seperti lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih dan bawang merah, jeruk limau, batang sere dan lombok panjang atau cabe rawit, menjadikan makanan ini terasa sempurna di lidah. Bebalung biasa disajikan dalam mangkok dan diberi taburan bawang goreng di atasnya untuk teman makan nasi atau ketupat / bulayak. Bulayak merupakan lontong yang dibungkus dengan memakai daun enau atau daun aren sehingga rasa ketupat ini unik yaitu gurih dan harum karena pengaruh dari aroma daun enau yang dikukus dengan kompor tradisional memakai kayu bakar. Nikmatnya wisata kuliner di senggigi sambil menyaksikan keindahan alam pantai yang mempesona

Cara makan ketupat ini adalah lontong dibungkus dengan daun enau yang dibuat membentuk panjang seperti spiral, untuk membukanya haruslah diputar pembungkusnya. Biasanya pedagang bebalung dan sate khas Lombok mudah dijumpai di pinggiran kawasan wisata Pantai Senggigi atau beberapa tempat wisata di Lombok lainnya seperti Taman Narmada dan lain sebagainya.Untuk sajian penutup, anda bisa memilih untuk mencoba sepotong kue basah khas orang Lombok bernama jaje tujak tetel yang dimakan bersama dengan poteng atau tape dari ketan berwarna hijau muda dari campuran santan daun suji dan pandan wangi. Makanan ini harus dihidangkan dalam 2 paket sekaligus yaitu poteng / tapai ketan dan jaje tujak tetel.

Cara makan ketupat ini adalah lontong dibungkus dengan daun enau yang dibuat membentuk panjang seperti spiral, untuk membukanya haruslah diputar pembungkusnya. Biasanya pedagang bebalung dan sate khas Lombok mudah dijumpai di pinggiran kawasan wisata Pantai Senggigi atau beberapa tempat wisata di Lombok lainnya seperti Taman Narmada dan lain sebagainya.

Untuk sajian penutup, anda bisa memilih untuk mencoba sepotong kue basah khas orang Lombok bernama jaje tujak tetel yang dimakan bersama dengan poteng atau tape dari ketan berwarna hijau muda dari campuran santan daun suji dan pandan wangi. Makanan ini harus dihidangkan dalam 2 paket sekaligus yaitu poteng / tapai ketan dan jaje tujak tetel.

3 ARTIKEL MENARIK TENTANG TEMPAT WISATA PANTAI SENGGIGI

Indahnya Alam Disekitar Kawasan Wisata Pantai Senggigi.

Saksikan Indahnya Terumbu Karang Masih Perawan Di Senggigi.

Rasakan Pesona Panorama Alam Pantai Senggigi.

Jajanan khas Lombok lainnya yang cocok dijadikan sajian penutup adalah iwel merupakan ketan hitam yang biasanya disajikan pada upacara adat masyarakat setempat. Rasa Iwel ini adalah legit dan sangat manis. Selain disuguhkan sebagai sajian penutup, biasanya poteng jaje tujak tetel dan iwel selalu tersedia di saat hari raya Lebaran, meskipun saat ini bisa dengan mudah anda temui setiap hari di pasar – pasar tradisional tanpa harus ada upacara adat atau Lebaran.

Jajanan lainnya yang bisa dijadikan sebagai sajian penutup adalah aneka dodol buah seperti dodol rumput laut, dodol nangka, dodol pisang, dodol durian, atau dodol sirsak yang dikemas cantik dalam bungkus plastik atau kotak – kotak berlabel rumah produksi makanan atau minuman khas Lombok sebagai oleh – oleh turis yang melancong ke tempat ini.

Untuk sajian penutup, anda bisa memilih untuk mencoba sepotong kue basah khas orang Lombok bernama jaje tujak tetel yang dimakan bersama dengan poteng atau tape dari ketan berwarna hijau muda dari campuran santan daun suji dan pandan wangi. Makanan ini harus dihidangkan dalam 2 paket sekaligus yaitu poteng / tapai ketan dan jaje tujak tetel. Jangan lewatkan untuk menikmati kuliner di senggigi saat wisata ke lombok

One thought on “Menikmati Kuliner Di Pantai Senggigi

  1. Seru mas, lombok yang terkenal dengan wisata pesisisr pantai dan snorkelingnya. Rupanya kulinernya juga Nanang

    Membaca postingan tentang kulinernya jadi semakin penasaran untuk mencobanya ke sata suatu saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *