Pulau Komodo Menjadi Salah Satu Tempat Wisata Terbaik Indonesia

Posted on

Kepulauan Komodo merupakan salah satu tempat wisata terbaik Indonesia yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Sebuah gugusan pulau pulau kecil yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli spesies reptile komodo. Selain salah satu binatang yang sangat langka di dunia, komodo hanya mampu bertahan hidup di beberapa pulau sekitar sini saja, entah kenapa spesies komodo mapu bertahan hidup dan berkembang biak di salah satu pulau Indonesia.

Pulau komodo juga dikenal sebagai Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat Negara Indonesia yang difokuskan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik Indonesia, mengapa demikian?, karena hanya satu-satunya tempat di Dunia yang bisa menjadi perkembangbiakan binatang komodo, jadi tempat inilah yang menjadi konservasi alam untuk melestarikan satu spesies binatang langka di dunia yaitu komodo. Binatang ini merupakan jenis reptil dengan ukuran yang sangat besar jika kita bandingkan dengan reptil yang lain yang pernah ada di Indonesia.

Secara geografis Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, titik lokasi pulau tersebut dipisahkan oleh Selat Sape, jika di tempuh dari pulau jawa dan melalui jalur darat kemudian dilanjutkan dengan perjalanan melalui jalur laut rasanya pergi ke kepulauan komodo sangat jauh sekali, tetapi jika kita tempuh dengan jalur udara mungkin akan terasa lebih dekat, manfaat lain yaitu dapat mempersingkat waktu perjalanan kita untuk berwisata menuju kepulauan komodo.

Secara administratif pulau ini termasuk wilayah yang sangat kecil jika dibandingkan dengan pulau pulau yang lain, yaitu hanya dalam satu wilayah Kecamatan Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Menurut Peta Pulau Komodo berada di ujung barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat, di Pulau ini hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik, hingga saat ini jumlah spesies binatang tersebut terhitung sekitar 1500 ekor.

Jadi inilah salah satu keajaiban alam indonesia yang dikenal di seluruh dunia. Sudah sering sekali para ilmuan datang dari berbagai penjuru dunia hanya untuk mencari tahu tentang keajaiban pulau komodo ini, setelah mereka melakukan riset dengan mengembangkan habitat komodo yang dikembangkan di luar negri ternyata tidak ada satupun yang berhasil untuk melestarikan kehidupan komodo.

Tempat wisata terbaik di NTT dan Flores. Jika kita bepergian ke sana, kita akan tau bahwa sebetulnya habitat komodo tidak berada pada satu pulau saja, habitat komodo juga berada pada pulau pulau di sekitarnya yaitu Pulau Rinca, Motang, dan di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores, jadi Taman Nasional Komodo di identikkan dengan penamaan kepulauan komodo, karena ada pada beberapa pulau, yang menjadi sebuah keajaiban yaitu binatang-binatang komodo ini tidak dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama jika di bawa keluar dari wilayah kepulauan Komodo ini.

Tulisan diatas bersumber dari pengalaman pengunjung.

ANDA WAJIB TAHU KEINDAHAN PULAU FLORES.

MAU LIBURAN AKHIR TAHUN?? WAJIB BACA INI.

CARI TIPS LIBURAN TERBAIK ANDA DISINI!!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *