Wisata Terbaik Di Bondowoso

Tempat Wisata Di Bondowoso Ini Sangat Bagus Dan Unik

Posted on

Kali Pahit merupakan sebuah sungai yang sangat unik di kabupaten Bondowoso yang kini menjadi tempat wisata di Bondowoso paling faforit, dengan arus yang deras namun air yang mengalir disini tidak begitu besar, tetapi hanya saja melintas menelusuri liku liku bebatuan.

Jika kita lihat sungai kali pahit ini pastinya kita akan menilai bahwa inilah tempat wisata di Bondowoso yang paling unik, ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Bondowoso, kerena bentuk sungainya curam dan arus air yang kencang tetapi air yang mengalir sedikit, warna airnya dipengaruhi oleh kadar belerang sehingga seperti memberikan efek berbusa.

Satu tempat wisata di Bondowoso yang sangat cocok untuk ambil gambar dengan photo, kini semakin banyak pengunjung yang ingin membuktikan keunikan sungai kali pahit ini sebagai destinasi wisata terbaik di Bondowoso, atau biasanya tanpa disengaja para wisatawan kawah ijen akan singgah sejenak untuk mengambil dokumentasi photo di kali pahit, karena letak kali pahit berada tepat pada jalur perlintasan menuju tempat wisata kawah ijen.

Bondowoso terkenal sebagai Kota Tape, karena hanya di Bondowoso yang bisa membuat Tape paling enak di dunia, konon katanya pohong sebagai bahan dasar yang digunakan untuk proses peragian tape hanya bisa didapat di Bondowoso saja, dan jenis pohong ini tidak ditemukan didaerah lain. Tetapi memang benar kata orang yang sudah pernah berwisata di Bondowoso, ternyata Bondowoso adalah Kota kecil yang menyimpan banyak sekali tempat tempat wisata terbaik.

Sering menjadi persoalan pada perjalanan ini adalah jarak tempuh menuju ke tempat wisata di bondowoso masih belum ada transportasi yang memadai, sehingga sangat sulit untuk mencapai lokasi kawasan wisata kawah Ijen, kemudian dari Sempol menuju Paltuding lumayan jauh, ongkos ojek menuju kesana relatif mahal. Namun yang paling sering dilakukan para pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, setelah tiba di terminal Bondowoso biasanya mereka meminta rekomendasi kepada petugas di terminal untuk mencarikan transportasi dari terminal, ini akan lebih murah tarifnya. Biasanya nanti akan dicarikan jasa antar dengan mobil elf  kemudian siap antar sampai di kecamatan Sempol. Sementara jarak Desa Sempol dengan pos Paltuding cukup jauh, kira-kira 15 kilometer dengan medan naik-turun, namun jalan sudah beraspal mulus.

Rute Dari Luar Kota Menuju Kali Pahit Dan Kawah Ijen Bondowoso

Jika Anda dari arah luar kota Bondowoso Anda bisa mengambil jalur dari Kota Bondowoso menuju Kota Situbondo, transportasi terakhir dari terminal Bondowoso menuju desa Sempol. Anda bisa menggunakan jasa angkutan dengan mobil elf. Setelah menempuh perjalanan sejauh lebih kurang 10 kilometer dari desa Sempol, Anda dapat menyaksikan banyak orang berjalan menuju sebuah bukit, ternya pada bukit tersebut ada air terjun yang indah, disinilah letak wisata terbaik yang merupakan salah satu fenomena alam di Bondowoso.

Terlihat cukup banyak wisatawan yang menyinggahi lokasi ini sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju pos Paltuding sebelum menuju kawasan wisata gunung Ijen, kawasan wisata kali pahit ini terbukti mampu menghipnotis parawisatawan gunung ijen untuk singgah sejenak sebelum mereka melanjutkan perjalanan wisata menuju kawah gunung Ijen.

Panorama alam sekitar air terjun kecil ini sangat indah, namun tempat wisata yang satu ini sepertinya membutuhkan perawatan lebih, karena sarana yang tersedia terlihat belum memadai. Setelah anda sampai di sini anda bisa mencoba untuk naik lebih tinggi menuju bagian atas bukit. Beberapa wisatawan sengaja menampung airnya ke dalam jerigen plastik.

Kali Pahit adalah sebuah sungai dengan aliran air deras yang memiliki kandungan belerang. Unsur belerang itulah yang menyebabkan rasa pahit pada air, mungkin pengaruh rembesan Kawah Ijen. Bila diperhatikan, cucuran air terjun mini ini memang berwarna putih, sedikit hijau kekuningan. Meski demikian tetap tak mengurangi minat para wisatawan untuk mengunjunginya.

Potensi wisata alam ini perlu sentuhan dan perlu dibangunnya fasilitas berupa pos persinggahan sebelum ke Paltuding untuk duduk-duduk santai di sana. Karena air terjun ini juga berpotensi sebagai tempat wisata di Bondowoso selain kawah Gunung Ijen yang menghipnosis itu. Terlihat cukup banyak wisatawan yang menyinggahi lokasi ini sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju pos Paltuding.

Kali Pahit Bondowoso
Kali Pahit Bondowoso

Penasaran ingin melihat lebih jauh seperti apa aliran arus air disini. Beberapa wisatawan sengaja menampung airnya ke dalam jerigen plastik, yang katanya air tersebut bisa dijadikan obat berbagai macam penyakit kulit. Potensi wisata alam ini perlu sentuhan dan perlu dibangunnya fasilitas berupa pos persinggahan sebelum ke Paltuding untuk duduk-duduk santai di sana.

Tempat wisata di Bondowoso kali ini merupakan sungai yang eksotis dengan aliran air yang berasal dari Kawah Ijen, eksotisme alam menampilakan indahnya air mengalir deras ke lereng gunung, dari aliran tersebut disekitar Kawah Ijen terdapat tiga air terjun yang juga merupakan tempat wisata terbaik di jawa timur yang perlu Anda ketahui, ketiga air terjun tersebut sangat mudah dikunjungi ketika Anda sudah berada di kawasan wisata gunung Ijen, karena letak air terjun tersebut sangat dekat dengan kawasan wisata gunung Ijen. Silahkan mencoba untuk pergi wisata ke tempat tempat wisata alam tersembunyi di Bondowoso.

BACA JUGA “
Wisata Bondowoso Yang Mirip Bukit Teletubies
3 Wisata Alam Tersembunyi Di Bondowoso
25 Tempat Wisata Di Bondowoso Paling Populer
Tempat Wisata Di Bondowoso Paling Menakjubkan
Tempat Makan Enak Di Bondowoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *