Denpasar Bali Menjadi Kota Tujuan Wisata Terbaik Di Indonesia Paling Diminati

Posted on

Pertumbuhan industri pariwisata di Pulau Bali mendorong Kota Denpasar menjadi pusat kegiatan bisnis, dan menempatkan kota ini sebagai daerah yang memiliki pendapatan per kapita dan pertumbuhan tertinggi di Provinsi Bali. Pemerintah akan mempersiapkan tiga kota sebagai tempat wisata terbaik Indonesia yaitu Medan, Denpasar, dan Makassar sebagai kota metropolitan baru.

Sebelumnya kawasan ini merupakan bagian dari Kerajaan Badung, sebuah kerajaan yang pernah berdiri sejak abad ke-19, sebelum kerajaan tersebut ditundukan oleh Belanda pada tanggal 20 September 1906, dalam sebuah peristiwa heroik yang dikenal dengan Perang Puputan Badung.

Menurut sejarah panjang bangsa ini, kini kota Denpasar menjadi ibu kota dari pemerintah daerah Kabupaten Badung, selanjutnya kota Denpasar juga ditetapkan icon pulau wisata Bali. Perkembangan sektor pariwisata di pulau dewata semakin menambah daya tarik pulau Bali sebagai destinasi wisata terbaik indonesia, disadari atau tidak ini akan memicu perkembangan pembangunan di Kota Denpasar.

Semakin padat jumlah wisatawan asing yang singgah untuk tinggal lebih lama di kota denpasar, bahkan sebagian dari mereka juga banyak yang memilih untuk bisa menjadi warga negara Indonesia dan ingin membuka bisnis disana. Warga negara asing yang memadati kota Denpasar sebagian besar berasal dari Jepang, Australia, Taiwan, Eropa, Inggris, Amerika, Singapura dan Amerika.

Kini kebijakan pemerintah kota Denpasar untuk pengembangan sektor pariwisata di Kota Denpasar menitikberatkan pada pariwasata budaya yang berwawasan lingkungan. Sebagai salah satu sentra pengembangan pariwisata di pulau Bali, Kota Denpasar menjadi barometer bagi kemajuan pariwisata di Bali, hal ini dapat dilihat dengan munculnya berbagai hotel berbintang sebagai sarana menunjang aktifitas pariwisata yang ada di setiap sudut kota Denpasar.

Pantai Sanur merupakan salah satu kawasan wisata pantai yang ramai dikunjungi. Sementara Lapangan Puputan merupakan kawasan ruang terbuka hijau di Kota Denpasar sekaligus berfungsi sebagai paru-paru kota.

Tempat wisata di Denpasar yang memiliki unsur sejarah dan rekreasi diantaranya adalah:

  1. Museum Bali ( tempat ini awalnya adalah tempat berdiamnya keluarga kerajaan )
  2. Lapangan Renon ( pusat aktifitas keluarga dan juga terdapat Monumen Bajra Sandhi yaitu monumen perjuangan rakyat Bali )
  3. Taman Puputan ( tempat pentas seni )
  4. Simpang Dewa Ruci atau Simpang Siur
  5. Ekowisata hutan mangrove atau bakau
  6. Taman Budaya
  7. Desa Budaya Kertalangu
  8. Pasar Burung Satria
  9. Pantai Sindu
  10. Pura Agung Jagatnatha
  11. Pura Sakenan

Kota Denpasar juga banyak dikenal dengan wisata kulinernya. Beberapa tempat kuliner di Denpasar yang sangat dikenal baik oleh turis lokal maupun mancanegara adalah:

  1. Nasi Ayam Kedewatan
  2. Nasi Ikan Mak Beng
  3. Warung Wardana
  4. Bebek Goreng HT
  5. Depot Kepiting Super
  6. Resto Bali Nikmat
  7. Warung Batan Waru
  8. Nyoman Cafe
  9. Menega Cafe
  10. Jebak (Jejak Bali Kuliner)

Beberapa oleh-oleh Bali yang terkenal diantaranya adalah dodol bali, brem, kacang rahayu, pie susu, kacang disco, salak bali, kacang kapri, kerupuk ceker ayam, pia legong dankopi bali. Beberapa tempat khusus yang menjual oleh-oleh diantaranya adalah:

Toko Erlangga

Pasar Kumbasari

Kini kota Denpasar telah resmi menjadi pusat Administratif pulau Bali. seiring dengan perkembangan waktu, pemerintah telah mampu meningkatkan potensi wilayah dalam menyelenggarakan otonomi daerah. Selanjutnya kota Denpasar sudah menjadi pusat tujuan utama para wisata terbaik indonesia dari berbagai penjuru dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *