Fenomena Alam di Taman Wisata Nasional Danau Sentarum

Posted on

Danau Sentarum – adalah sebuah kawasan tempat wisata terbaik Indonesia yang secara nasional telah ditetapkan sebagai ekosistem lahan basah, meliputi hutan rawa air tawar dan hutan tropis di wilayah kalimantan barat, danau ini terletak di sebuah cekungan sungai kapuas, tepatnya sekitar 700 km dari muara yang menuju laut cina selatan.

Pulau kalimantan memang dikenal segabai wilayah yang masih sangat hijau, hutan yang masih lebat dan sungai sungai bersih telah menjadikan pemandangan indah yang senantiasa menghiasi daratan pulau borneo ini. Taman wisata nasional danau sentarum merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi di kalimantan barat. Komposisi alam yang sangat indah akan memiliki daya tari kepada wisatawan dari luar daerah.

Terdapat sebuah fenomena alam yang sangat unik di kawasan wisata danau sentarum ini, adanya kawasan hutan di penuhi beberapa tumbuhan khas asli daerah sentarum, diantara tumbuhan yang banyak kita temui disini yaitu tembesu/ tengkawang, jelutung, ramin, meranti, keruing, dan kayu ulin. Sistem perairan dari danau air tawar dan hutan tergenang ini menjadikan Danau Sentarum tidak seperti danau-danau lainnya. Airnya bewarna hitam kemerah-merahan karena mengandung tannin yang berasal dari hutan gambut di sekitarnya.

Danau sentarum sering dikenal sebagai danau musiman yang kaya akan potensi sumber daya alam, pada danau tersebut juga banyak dijadikan sebagai tempat pemukiman masyarakat dari berbagai suku di kapuas hulu, masyarakat yang tinggal di tempat ini berasal dari suku dayak Iban, sontas, punan, sebaruk, dan beberapa suku lainnya di kalimantan.

Perairan di kawasan danau sentarum ini adalah air tawar yang menggenangi hutan, akhirnya menjadikan Danau Sentarum tidak seperti danau-danau pada umumnya. Airnya bewarna hitam kemerah-merahan mengandung tannin yang berasal dari hutan gambut di sekitarnya. Ketika musim hujan, kedalaman air danau sentarum mencapai 6-8 meter dan menyebabkan tergenangnya hutan sekitarnya.

Pada saat musim kemarau ketinggian air di Sungai Kapuas berangsur-angsur turun, air dari Danau Sentarum akan mengalir ke Sungai Kapuas sehingga penambahan air di sungai tersebut lebih stabil. Namun pada saat puncak musim kemarau, keadaan Danau Sentarum dan daerah sekitarnya akan menjadi hamparan tanah yang luas, karena danau mengering.

Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui tentang kawasan wisata danau sentarum ini, selain sebagai tempat wisata juga merupakan kawasan konservasi ekosistem alami yang menjadi ikon disekitar daerah hamparan danau sentarum, selain itu juga merupaka daerah rawan banjir terluas di Indonesia. Jika anda seorang fotografer, petualang, atau wisatawan yang menyukai alam maka sudah selayaknya anda mencoba untuk berkunjung ke danau sentarum.

Sekilas tentang Taman Nasional Danau Sentarum yang mungkin anda jadikan sebagai tujuan berwisata.

Rekomendasi Wisata Terbaik Indonesia :

  1. Destinasi wisata terbaik Indonesia yang menyimpan misteri keajaiban dunia. mengapa demikian?, karena hanya satu-satunya tempat di dunia yang bisa menjadi perkembangbiakan binatang komodo, jadi tempat inilah yang menjadi konservasi alam untuk melestarikan satu spesies binatang langka di dunia yaitu komodo.
  2. Tempat wisata pantai paling digemari turist manca negara. Kepulauan nusa penida tempat wisata bali paling menarik, nusa penida adalah sebuah nama salah satu Kecamatan di kabupaten klungkung yang terdiri dari tiga kepulauan diantaranya pulau nusa penida, pulau lembongan dan pulau ceningan.
  3. Kunjungi Tarian Penyambutan Wisata Bali. sebuah tarian yang digunakan pada acara ibadah di pura ditujukan sebagai penyambutan terhadap dewa yang turun ke dunia. Ini merupakan tradisi dan budaya yang sangat menarik pada wisata bali.
  4. Legian Beach Semakin Dipadati Pengunjung Wisata Bali. Mayoritas penduduk di sini bekerja sebagai petani, hanya sebagian kecil saja penduduk yang menekuni pekerjaan sebagai nelayan, namun di sekitar pantai legian telah menjadi tempat pembelanjaan domestik yang faforit.
  5. Tips Murah Wisata Bali. Anggaran untuk biaya transportasi wisata menuju pulau dewata supaya bisa hemat yaitu dengan menggunakan transportasi ekonomi darat dari Surabaya, bagi yang dari jawa tengah, jawa barat, atau luar jawa (kecuali Lombok dan NTB)

3 thoughts on “Fenomena Alam di Taman Wisata Nasional Danau Sentarum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *