masakan cina di Bali
masakan cina di Bali

Chinese Food Dalam Wisata Bali

Posted on

Masakan China merupakan salah satu masakan yang paling beragam jumlahnya dan banyak memiliki penggemar di dunia. Hal ini dikarenakan negara China sangat luas, dan memiliki kebudayaan, sejarah masa lalu serta penduduknya yang banyak. Mereka percaya terhadap konsep yin dan yang dari masakan China yang diolah dengan cara tradisional dan mengenal teori lima elemen.

Secara tradisional, terdapat sebuah kompleksitas di belakang masing – masing masakan yang diolah berdasarkan pada hukum alam dan tata krama. Menurut teori, diet yang dilakukan oleh seorang wanita yang disertai dengan menjaga keseimbangan antara yin dan yang adalah diharapkan akan mampu membantu mencegah dan menjaga tubuh terserang penyakit serta terhindar dari permasalahan seseorang mengalami gangguan emosi.

Teori ini percaya bahwa anda harus makan makanan yang bersifat dingin ketika cuaca sedang panas atau pada musim kemarau dan makanan bersifat panas saat cuaca sedang dingin. Teori dasar lainnya dari masakan China (tersebut di atas) adalah mengenal teori lima elemen dimana dijelaskan bahwa semua materi dalam alam semesta ini pada awalnya adalah berasal dari lima elemen yaitu dari api, tanah, logam, air dan kayu. Dari teori ini selanjutnya muncul ide – ide tentang lima rasa, ada rasa pahit, manis, pedas, asin dan asam.

Salah satu karakteristik utama dari masakan tradisional China yang hingga saat ini populer di mancanegara adalah mengaplikasikan teori yin dan yang sebagai pertimbangan dalam mempersiapkan masakan tersebut berawal dari bahan – bahan yang digunakan. Secara singkat, teori yin dan yang menjelaskan bahwa fenomena alam mempunyai sebuah hubungan yang berkebalikan dan saling menutupi antara satu sama lain. Secara garis besar, masakan yang mengandung banyak air disebutkan sebagai sajian yang bersifat dingin atau yin. Sedangkan jenis masakan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus adalah kelompok makanan yang mengandung banyak energi khususnya lemak, disebutkan sebagai masakan yang bersifat panas atau yang. Jenis masakan ini sebagian ada yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar.

Faktor lain juga dipertimbangkan dalam persiapan, seperti memperhatikan karakteristik dari masakan berupa bau, rasa dan secara khusus adalah nilai gizi. Menurut sarjana China Yi Yin dari Dinasti Shang, beliau menghubungkan tentang lima organ utama dari tubuh ( hati, limpa, paru – paru, ginjal dan kantung empedu ) dengan lima rasa yang dipercaya memiliki sebuah hubungan erat bahwa setiap masakan tersebut mengandung properti khusus untuk menjaga kesehatan dan keharmonisan dari tubuh. Sedangkan menurut kebiasaan tradisional China, makanan berhubungan dengan kondisi spiritual dan fisik dari manusia. Hal ini bisa tertuang dari rasa yang terbagi menjadi yin dan yang. Makanan manis dan pedas dianggap sebagai yin, sedangkan masakan pahit, asam dan asin adalah dianggap sebagai yang. Lima elemen ini berkaitan dengan warna merah, kuning, putih, biru dan hijau, yang juga wajib dipertimbangkan saat hendak memilih bahan – bahan masakan.

Ketika berdiskusi tentang duduk dan makan, seperti halnya dunia Barat, orang China memiliki kebiasaan sendiri. Contohnya adalah meja makan mereka pada umumnya selalu berbentuk bulat dengan tempat duduk untuk masing – masing anggota keluarga dan tamu adalah telah ditetapkan. Tamu kehormatan duduk menghadap ke pintu masuk dan berlawanan dengan tuan rumah yang duduk dengan punggung membelakangi pintu ruang makan yang berdekatan dengan dapur. Hal ini dimaksudkan agar bisa memberikan keleluasaan bagi tuan rumah untuk menuju ke dapur sehingga mereka dapat dengan segera membawa makanan ke meja saji. Tamu akan mengambil piring, mangkok, gelas saji dan sumpit terlebih dahulu, tetapi tuan rumah yang dipersilahkan makan duluan. Sumpit buat para tamu terbuat dari kayu, tetapi ada juga yang terbuat dari material lain berupa gading gajah dan perak.

Yang unik lainnya dari acara makan malam ala orang China ini adalah sajian berupa sup tidak dihidangkan sebagai menu makanan pembuka seperti dibelahan dunia barat, tetapi merupakan makanan terakhir. Sendok yang digunakan adalah terbuat dari keramik, dengan bagian punggungnya rata. Perbedaan lainnya, makanan manis ( desert ) bukanlah merupakan kebudayaan China asli, karena masakan manis seperti dari bahan buah – buahan telah dimanfaatkan dalam hidangan utama.

Di balik masing – masing piring makanan China, keseluruhan budaya kearifan leluhur tercermin di dalamnya. Sementara tamu asing tidak diharapkan untuk melihat apalagi mengetahui tentang semua tradisi yang berhubungan dengan masakan China, tetapi mereka tetap menunjukkan keperdulian dari beberapa tradisi yang mudah dimengerti dan menunjukkan rasa hormat kepada tuan rumah.

Erat kaitannya dengan penjelasan kami tersebut di atas, menikmati sajian spesial berupa Chinese Food bisa anda lakukan ketika sedang berlibur ke Pulau Dewata dimana sangat mudah sekali menemukan sajian yang satu ini. Kami bisa membantu memberikan beberapa resto menarik di Kota Denpasar untuk anda singgahi buat menikmati wisata kuliner saat liburan kesini :

  1. Mama San Bali

Tempat makan ini berlokasi di Jalan Raya Kerobokan No. 135 Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali. Mereka khusus menyajikan masakan Asia mulai dari masakan China, Indonesia, Singapura, India, Melayu, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Untuk lebih detail mengenai informasi tempat makan ini, silahkan mengunjungi web site mereka di Mama San Bali pada internet.

  1. Karma Kandara Beach Cabana Restaurant

Karma Kandara Beach Cabana Restaurant adalah restoran yang berlokasi di tepi pantai tersembunyi dari Pulau Dewata. Lokasi restoran tepatnya berada di Karma Kandara Resort, Jalan Villa Kandara, Banjar Wijaya Kusuma, Ungasan. Untuk menuju ke Karma Kandara Beach Cabana Restaurant ini, anda terlebih dahulu harus melewati Restoran De Mare yang juga berlokasi di lingkungan Karma Kandara Resort. Setelah itu anda akan diantar turun, menuruni tebing curam dengan menggunakan elevator untuk mencapai bibir pantai Karma Kandara. Di pantai inilah terletak Karma Kandara Beach Cabana Restaurant. Restoran berukuran besar yang menyediakan masakan Asia, Pizza, dan makanan laut berupa Chinese Food. Kisaran harga makanan dan minuman yang tersedia adalah mulai dari IDR 95.000 – IDR 285.000.

  1. Warung Subak

Tempat makan Warung Subak terletak di Jalan Astasura No. 05 Peguyangan, Denpasar. Mereka menawarkan makanan dengan hidangan seafood yang super enak dengan harga terjangkau, juga tempat makan ini sangat populer di Bali yang menawarkan kenyamanan turis dalam berwisata kuliner Bali untuk sajian Chinese Food ala koki Bali.

Paket Wisata Kuliner Ke Bedugul Bali

Jika anda sedang berencana atau sedang mengikuti paket wisata kuliner Bedugul Bali, pastinya anda akan bertanya tentang informasi beberapa tempat makan favorit turis di Bedugul. Untuk mencari dan menemukan salah satu tempat makan tersebut sebenarnya tidaklah susah. Kawasan wisata Bedugul setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada akhir pekan. Hal ini menyebabkan kawasan wisata Bedugul menjadi salah satu tempat strategis buat membuka peluang usaha menjual makanan dan minuman.

Maka dari itu, di kawasan ini banyak sekali tersedia tempat – tempat makan berupa resto mewah hingga kafe gaul dan warung makan ( terutama warung kaki lima ) yang menjual sajian Nusantara seperti Chinese Food berupa bakso, nasi goreng, mie goreng, ataupun sate ayam sebagai pilihan tempat makan murah meriah di Bedugul. Selain berlibur untuk menikmati agrowisata dengan latarbelakang udara yang sejuk cenderung dingin, anda juga dapat mencoba wisata kuliner Chinese Food ala Pulau Dewata dimana sangat mudah mencari tempat makan enak disini.

Bagi yang beragama Islam, anda dapat mencari tempat makan yang halal Chinese Food dimana diketahui bahwa sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Bedugul ini adalah turis domestik yang beragama Islam. Sehingga hampir sebagian besar rumah makan di Bedugul adalah menyediakan makanan halal untuk bisa anda nikmati dengan tempat makan yang sangat bervariasi, mulai dari warung kaki lima dengan memasang harga murah sampai dengan restoran dengan harga yang terjangkau hingga kelas masakan internasional buat turis asing.

Bagi anda yang membeli paket wisata Bedugul, pada umumnya akan mendapatkan fasilitas tempat makan di restoran. Salah satu restoran yang terekomendasi oleh beberapa perusahaan yang menyediakan usaha perjalanan wisata adalah Mentari Restoran. Anda bisa menuju lokasi restoran ini dengan menggunakan jasa Bali sewa mobil dengan supir, lalu meminta supir anda untuk mengajak anda singgah di Mentari Restoran Bali yang juga menyediakan sajian berupa Chinese Food ala Pulau Dewata. Harga yang ditawarkan perorang adalah kisaran Rp 100.000. Disini juga menyediakan hidangan prasmanan atau buffet, dimana anda bisa menikmati wisata kuliner sepuasnya, mulai dari sup, sajian beragam sayuran, lauk – pauk, desert dan kopi atau teh.

Bagi anda yang ingin mencoba makan di tempat yang lebih sederhana dengan harga yang terjangkau, maka anda dapat mencoba makan di Warung Nyoman yang menyediakan makanan khas Bali yaitu ayam betutu atau Warung Makan Padang dan warung muslim yang lainnya.

Baca Juga “

Kini Fusion Food Menjadi Populer Di Bali

Tempat Makan Enak Di Bondowoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *