Cara Mengatasi Takut Ketinggian

Posted on

Tips bagi penderita sindrom takut ketinggian, sebelumnya mengaku saja sobat yang takut ketinggian, hal tersebut adalah sesuatu yang wajar ketika kita mengutarakan rasa takut terhadap ketinggian, karena biarpun tidak mengaku yang namanya takut ketinggian orang lain pasti tahu begitu melihat wajah kita yang takut ketinggian. Terkadang hanya untuk naik atap rumah saja kita sudah takut, apalagi jika disuruh memanjat pohon kelapa, pasti bakal gemetaran.

Jadi yang namanya takut ketinggian juga tergolong dalam kategori pobia ketinggian. Ketika Anda sangat merasa takut akan ketinggian, maka itu akan merugikan diri Anda sendiri. Karena selain sulit untuk melakukan pekerjaan tertentu, rasa cemas akan ketinggian akan membahayakan diri Anda sendiri saat ada di tempat-tempat yang tinggi.

Sebelum berbicata tentang tips dan cara mengatasi takut ketinggian, mari kita bahas mengapa pobia ketinggian itu sangat merugikan.

  1. Kita akan kesulitan jika ingin melakukan hal-hal yang berhubungan dengan ketinggian. Suatu missal memperbaiki atap rumah yang bocor, mengganti lampu yang posisinya diatas tiang atau sedang berhadapan dengan sebuah wahana bermain yang memicu undernaline dengan ketinggian.
  2. Kita akan kesulitan disaat kita bekerja di tempat yang berhubungan dengan panjat memanjat atau dalam hal lain misalnya bekerja di dalam pesawat seperti pramugari dan pilot. Jelas kita akan rugi jika kita masih saja takut dengan ketinggian. Jelas kita akan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan-pekerjaan tersebut.
  3. Takut ketinggian juga sangat mengganggu ketenangan kita saat aktifitas kita mengharuskan kita untuk naik diatas sesuatu yang tinggi.

Berikut adalah tips dari kami untuk para penderita pobia ketinggian.

  1. Bersikap santai dan hilangkan pikiran negatif saat memanjat. Kebanyakan orang yang takut ketinggian, pasti akibat berfikir yang macam-macam terlebih dahulu sebelum naik ke tempat yang tinggi. Takut akan jatuh lah, tangga patah lah, eskalator rubuh lah, dan pikiran macam-macam yang lainnya.
  2. Harus yakin tidak akan terjadi apa-apa jika sedang berada di ketinggian maka tidak akan terjadi apa-apa kepada Anda. Dengan demikian, selain membuat pikiran lebih tenang juga membuat Anda akan menjadi orang yang lebih berani menaklukkan ketinggian.
  3. Selalu berdo’a sebelum atau saat berada di ketinggian.Hal yang tak kalah pentingnya untuk melawan rasa takut terhadap ketinggian adalah berdo’a, maka dengan berdo’a kepada Tuhan, serta yakin bahwa Tuhan akan menyelamatkan kita saat terjadi sesuatu.

Sahabat, sebenarnya takut akan ketinggian itu berasal dari pikiran kita sendiri. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk mengontrol pikiran takut tersebut, dengan mengikuti tips yang telah saya berikan ini.

Gimana sobat wisata, apa perlu kembali saya jelaskan bahwa saya sendiri juga penderita takut ketinggian, namun setelah saya terapkan Cara Mengatasi Takut Ketinggian seperti diatas, sampai saat ini saya tidak begitu takut dengan ketinggian meskipun terkadang masih ada rasa takut itu. Semoga tulisan diatas bermanfaat sob.

” BACA JUGA “

Cara Mengatasi Takut Ketinggian Pada Saat Naik Pesawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *