http://wisataterbaik.com/candi-prambanan-jogja.html
Candi Prambanan terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta

Candi Prmbanan Tempat Wisata Mengandung Cerita Rakyat

Posted on

Candi Prambanan – Terdapat sebuah bangunan kuno bersejarah yang memiliki nilai seni sangat tinggi. Yaitu sebuah candi yang di dirikan pada abat ke- 10, candi ini berjumlah 1000 candi dan memiliki ketigian 47 meter dari permukaan tanah, sehingga lebih tinggi dari candi Borobudur. Candi Prambanan terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, tempat ini telah lama menjadi kunjungan wajib wisata jogja, dan kondisinya saat ini semakin bagus setelah di bangunnya sebuah taman indah.

Selain para wisatawan yang berkunjung di hari libur, candi prambanan juga kerap di kunjungi oleh mahasiswa dan pelajar pada hari hari aktif belajar, biasanya digunakan sebagai tempat praktek pembelajaran sejarah.Menurut legenda, candi prambanan didirikan oleh seorang laki-laki hindu yang memiliki kadikdaya’an (sakti mandraguna), laki-laki ini bernama Bandung Bondowoso, telah diceritakan secara singkat bahwa Bandung Bondowoso mencintai seorang Putri yang bernama Roro Jonggrang, kemudian dilamarlah seorang putri tersebut.

Karena Roro Jonggrang tidak mencintainya maka Roro Jonggrang mengajukan syarat yang sangat berat untuk di laksanakan, yaitu meminta kepada Bandung Bondowoso untuk membuatkan Candi berjumlah seribu (1000) dalam waktu satu malam. Syarat permintaan itu diterima oleh Bandung Bondowoso, dengan kesungguhan hati dibuatlah candi sesuai permintaan Roro Jonggrang dalam waktu satu malam, setelah sampai pada pembuatan candi yang ke 999, ketersediaan waktu yang di janjikan masih panjang.

Karena Roro jonggrang khawatir jika syarat tersebut terpenuhi, kemudian Roro Jonggrang berbuat curang, mengelabuhi Bondung Bondowoso dengan cara menyuruh masyarakat untuk menumbuk padi dan menyalakan api yang besar, seolah-olah pagi telah tiba, waktu pun habis, akhirnya mengatakan kepada Bandung Bondowoso kalau dia gagal memenuhi syarat tersebut, karena dia hanya berhasil membuat 999 candi.

Dengan murka (penuh kemarahan) Bandung Bondowoso mengetahui kecurangan yang dilakukan Roro Jonggrang, sambil mengutuk Roro Jonggrang, kemudian Bandung Bondowoso menjawab, “iya, aku hanya membuat 999 candi, karena yang satu candi itu adalah kamu. Selain keindahan alam yang bisa kita dapat di tempat wisata candi Prambanan ini kita juga turut mengenang sejarah yang ada di Negri ini.

BACA JUGA TENTANG CANDI BOROBUDUR. Tak kalah seru dengan candi prambanan meskipun candi borobudur tak sebanyak candi prambanan. Namun candi Borobudur juga menyimpan banyak sekali cerita bersejarah. Selanjutnya baca disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *