wisata terbaik indonesia

Lakukan Ini ! Sebelum Liburan Akhir Tahun

Posted on

Bisa melakukan liburan diakhir tahun merupakan sesuatu hal yang paling sering diimpikan oleh setiap orang. Bahkan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang, dengan tujuan rehat dari gemuruhnya aktifitas yang padat, atau sejenak membuang kepenatan pikiran dari pekerjaan. Untuk bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata mungkin saja dapat membuat kita merasa lebih refresh dan lebih produktif saat kembali bekerja.

Sebelumnya harus kita pahami secara umum, liburan bisa dibedakan menjadi liburan yang sudah kita rencanakan dan liburan yang secara spontan kita lakukan bersama teman kerja atau partner. Untuk memenuhi kebutuhan liburan dengan cara spontan seperti ini sebaiknya kita memanfaatkan dana tabungan sebagai sumber pendanaan.

Dimaksud liburan spontan disini yaitu liburan yang kita lakukan dengan begitu saja disaat muncul ide untuk liburan, tanpa adanya suatu perencanaan. Liburan spontan biasanya sering dilakukan hanya untuk mengisi waktu di akir pekan, dan umumnya hal seperti ini dilakukan oleh kalangan kaum yang masih lajang dan belum berkeluarga.

Namun lain lagi dengan liburan terencana, liburan semacam ini biasanya disambut dengan sukacita karena biasanya waktunya lebih panjang, sehingga tempat-tempat yang dikunjungi bisa lebih banyak. Bulan Desember dan Januari mendatang diperkirakan merupakan salah satu liburan terpanjang tahun ini. Bertepatan dengan libur natal dan tahun baru, banyak orang memutuskan untuk pergi liburan bersama dengan keluarga.

Yang jadi pertanyaan, sudahkah kita merencanakan liburan akhir tahun ini? Jangan sampai waktu liburan anda terbuang sia-sia karena anda tidak mempersiapkannya dengan baik. Jika kita ambil contoh misalnya hari hari libur diwaktu cuti bersama yang menyediakan waktu luang antara 4-5 hari. Seringkali orang memanfaatkan hari-hari semacam ini untuk berlibur ke tempat liburan yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya.

Merencanakan perjalanan untuk berkunjung disuatu tempat yang mungkin bisa untuk melepas lelah dan stres juga terkadang tidak semudah yang kita gambarkan, karena kita harus benar benar mempersiapkan dan merencanakan sebuah perjalanan mulai dari waktu sampai pada anggaran yang diperlukan.Idealnya, liburan akhir tahun sudah Anda rencanakan satu tahun sebelumnya.

Sehingga tabungan pun dapat Anda siapkan secara khusus, dengan menyisihkan pendapatan Anda tiap bulan hingga memenuhi budget yang dibutuhkan. Para financial planner banyak yang menyarankan untuk menyisihkan dana ini dari dana konsumsi atau dana belanja, artinya di luar uang tabungan dan investasi. Untuk lebih jelasnya, mari kita rinci, poin-poin apa saja yang perlu Anda perhatikan terkait dengan dana liburan.  Ada beberapa tips penting merencanakan liburan di akhir tahun yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan wisata tersebut. Sebagian orang menganggap bahwa persiapan-persiapan sebelum perjalanan wisata adalah hal yang tidak penting dan tidak perlu dilakukan.

  1. Rencanakan Perjalanan Anda. Pikirkan dengan baik kemana Anda akan pergi, kapan Anda akan pergi, siapa saja yang berangkat dengan Anda, berapa lama Anda akan pergi berlibur, bagaimana dengan transportasi dan akomodasi, berapa besar uang saku yang Anda butuhkan misalnya untuk belanja, makan dan sebagainya. Sesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Khusus untuk liburan akhir tahun ini, karena waktunya tidak lama lagi, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk berlibur ke kota-kota terdekat yang terkenal dengan pilihan wisatanya. Rencana perjalanan yang matang, dapat menghemat pos transportasi Anda, karena Anda bisa menjelajahi beberapa objek wisata yang lokasinya berdekatan dalam satu waktu tanpa perlu bolak-balik.
  2. Atur Dana Liburan Anda. Selain menabung, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas cicilan 0% untuk paket liburan yang ditawarkan agen-agen perjalanan. Yang perlu Anda ingat, sebaiknya Anda mengambil cicilan sebelum pergi berlibur, sehingga ini terasa seperti menabung. Jangan sampai membayar cicilan setelah Anda selesai berlibur. Jika Anda lebih suka merencanakan liburan Anda sendiri, pilihlah promo-promo penerbangan, restoran serta tempat menginap jauh-jauh hari untuk menghemat pengeluaran selama liburan. Karena tidak dipungkiri akhir tahun merupakan salah salu slot waktu terfavorit bagi orang-orang untuk berlibur. Bahkan seringkali harga-harga untuk akomodasi dan transportasi naik secara drastis. Hal itulah yang terkadang membuat momen liburan menjadi tidak berkesan alias membosankan alias berantakan. Menentukan tujuan merupakan hal penting dalam merencanakan liburan di akhir tahun.
  3. Tentukan akomodasi dan transportasi yang tepat. Kita semua tentu mengetahui momen akhir tahun adalah momen liburan yang ditunggu-tunggu bagi sebagian orang. Menentukan transportasi yang anda pilih dalam merencanakan liburan di akhir tahun merupakan salah satu hal penting. Jika anda memilih transportasi udara, sebaiknya memesan tiket pesawat dari jauh hari. Karena di akhir tahun tarif tiket pesawat biasanya akan terjadi kenaikan yang tentu akan berpengaruh terhadap anggaran yang sudah anda buat. Bagi anda yang ingin liburan bersama keluarga sebaiknya tentukan juga penginapan dan segera booking hotel minimal 2 minggu sebelum keberangkatan.

Hal terakhir yang perlu anda lakukan dalam merencanakan liburan di akhir tahun yaitu membuat daftar barang apa saja yang akan anda bawa selama liburan tersebut. Tips keempat ini memang terlihat sepele, namun dapat berdampak buruk jika terjadi kehilangan barang-barang penting yang anda bawa. Maka buatlah daftar barang bawaan anda demi kelancaran liburan di akhir tahun ini. Hindari juga membawa barang yang berlebihan, hal ini akan merepotkan dan mengganggu asiknya liburan di akhir tahun anda.

Cara lain yang terbilang sederhana namun cukup efektif agar Anda mampu mengendalikan keuangan selama iburan adalah dengan membagi uang Anda ke dalam amplop-amplop sesuai dengan peruntukkan masing-masing. Ada baiknya Anda hanya membawa uang tunai untuk keperluan ini, kartu kredit hanya digunakan untuk mengantisipasi hal-hal yang terjadi di luar dugaan.

Akhir tahun adalah waktu yang paling pas untuk berlibur. Menjelang liburan panjang dihari raya natal dan tahun baru tentu kita sudah mempersiapkan tujuan wisata terbaik bersama keluarga maupun teman-teman. Jika kita ingin mengisi liburan akhir tahun di indonesia saja, ada baiknya kita mencari informasi tujuan wisata terbaik indonesia.

Tujuan wisata yang anda tentukan akan berpengaruh dalam beberapa hal seperti budget, akomodasi, penginapan, bahkan momen yang tentu anda harapkan dapat berkesan dalam liburan tersebut. Sebaiknya hindari daerah rawan macet pada saat liburan tahun baru, seperti daerah puncak, bandung, jakarta, dan sebagainya. Kunjungilah daerah-daerah wisata yang masih bebas dari kemacetan lalu lintas.

Mungkin akan lebih penting lagi jika kita mengumpulkan informasi tentang tempat wisata terbaik sebagai tujuan wisata yang akan kita pilih untuk melaksanakan liburan diakhir tahun ini. Bukan hanya itu karena untuk menentukan tujuan wisata kita harus melihat kondisi keuangan yang akan kita anggarkan, hal ini sangat menentukan bagaimana liburan kita akan berjalan sesuai dengan rencana. Yuk mulai membuat anggaran biaya perjalanan supaya kita punya acuan pengeluaran selama liburan akhir tahun tersebut.

Nah tips diatas mungkin bermanfaat untuk anda. Selamat menikmati liburan akhir tahun dan semoga liburan anda menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *