25 Tempat Wisata Di Bondowoso Paling Populer

Posted on

Hai sobat Bondowoso, setelah merasakan jenuh dan bosan karena aktifitas dan rutinitas yang padat, pasti semua orang menginginkan untuk berlibur dan berkunjung ke sejumlah tempat tempat wisata di Bondowoso. liburan asik dan menyenangkan ketika kita merasa sukses refreshing dan menyegarkan otak di tempat tempat wisata terbaik, supaya kita bisa lebih semangat untuk kembali ke rutinitas biasanya. Ngobrol tentang wisata Bondowoso, ternyata banyak sekali keindahan wisata alam tersembunyi di Bondowoso.

Percaya emang kekayaan alam serta keindahan diseluruh wilayah indonesia merupakan keindahan alam yang diakui sebagai keindahan alam terbaik di Dunia, seperti beberapa destinasi wisata alam tersembunyi di Bondowoso, alam dengan mayoritas keindahan yang sangat eksotis sehingga dapat dijadikan sebagai tempat wista bagi para wisatawan dari berbagai negara.

Hampir di semua daerah yang ada di Indonesia memiliki tempat atau destinasi wisata yang layak dikunjungi. Kususnya di Jawa Timur, kini telah gencar untuk pengembangan sector pariwisata, terdapat salah satu kabupaten kecil di Jawa Timur yang menyimpan banyak sekali tempat wisata terbaik yang mungkin pantas untuk Anda kunungi.

Sekian banyak keindahan alam yang menjadi tempat wisata di Bondowoso. Kota kecil yang menyimpan sejuta tempat wisata terbaik di Jawa Timur. Bondowoso adalah sebuah kota kecil yang secara geografis berada di daerah pegunungan, perbukitan sampai dengan dataran rendah.

Tidak heran jika banyak sekali ditemukan tempat tempat wisata di Bondowoso dan mayoritas layak untuk dikunjungi, kebayang gak sih jika sobat berlibur ke Bondowoso? Mungkin ini yang menjadi lebih penasaran.

Ternyata tempat tempat wisata di Bondowoso mayoritas memang layak untuk dikunjungi. Jika Anda bosan dengan liburan dibeberapa kota wisata, maka eksplorasi kabupaten Bondowoso bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda berlibur.

Apa saja 25 tempat tempat wisata di Bondowoso Terbaik & Terpopuler?
  1. Kawasan Wisata Terbaik Kawah Ijen. Gunung Ijen memiliki ketinggian antara 2.443 mdpl gunung merapi yang masih aktif ini sangat digemari para pendaki dari luar kota sebagai tempat wisata di Bondowoso paling faforit, karena menyimpan berjuta keindahan alam yang mungkin tidak bisa kita dapati dipendakian gunung yang lain. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Telah menjadi fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah belerang yang terletak di puncaknya. Berikut rute terbaik wisata Bondowoso menuju kawah ijen “
  2. Destinasi Wisata Kawah Wurung. Kawah wurung salah satu tempat wisata di Bondowoso yang saat ini populer. Sebuah tempat wisata terbaik Indonesia yang berada di kabupaten Bondowoso ini sangat unik, disini terdapat sebuah hamparan daratan perbukitan yang unik seperti sebuah kawah namun terisi rumput rumput dan padang ilalang.
  3. Wisata Kali Pahit Bondowoso. Kali Pahit merupakan sebuah sungai yang sangat unik dengan dihiasi nuansa aliran air yang mungkin belum pernah Anda lihat di sekitar Anda, tempat wisata di Bondowoso yang satu ini menjadi destinasi wisata paling faforit, dengan arus air yang deras namun air yang mengalir disini tidak begitu besar, tetapi hanya saja melintas menelusuri liku liku bebatuan.
  4. Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso. Tempat wisata di Bondowoso Jawa Timur ini berlokasi di desa Andongsari, kecamatan Pakem. Jika Anda dari kota Bondowoso akan menempuh jarak kurang lebih 25 km ke arah barat. Apa yang menarik dari air terjun tancak kembar ini adalah eksotisme alam dengan ketinggian air terjun utamanya setinggi 77 meter yang memiliki debit air yang sangat deras, sedangkan air terjun kembarannya kurang lebih dengan ketinggian 50 meter dengan debit air yang relative kecil. Bertempatan juga di hutan lindung dengan ketinggian 900 mdpl sehingga menjadikan tempat ini memiliki suhu lumayan dingin, sejuk, dan menyegarkan. Tak hanya untuk tempat rekreasi saja namun air terjun ini juga dimanfaatkan oleh masarakat setempat sebagai sarana irigasi pertanian disekitar.
  5. Air Terjun Niagara Mini Bondowoso. Salah satu tempat wisata di Bondowoso paling populer. Wisata Air terjun Niagara Mini Bondowoso , adalah salah satu tempat wisata alam terbaik yang berada di desa watu capil, kecamatan sempol, kabupaten bondowoso. Wisata air terjun niagara mini Bondowoso adalah tempat wisata terbaik dan paling ramai pengunjung pada hari hari biasa, pastinya sobat wisata terbaik Indonesia disini pada penasaran. Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana bahagia.
  6. Air Terjun Suco Bondowoso. Air terjun ini terletak di desa Suco, kecamatan Maesan, kabupaten Bondowoso. Salah satu tempat wisata di Bondowoso dengan keunikan Air terjun ini sepanjang jalan menuju destinasi wisata air terjun suco Anda akan banyak menjumpai benda-benda peninggalan pra-sejarah, seperti kuburan batu, batu yang berbentuk lesung, dst.
  7. Air Terjun Polo Agung Bondowoso. memiliki ketinggian sekira 4 kali pohon kelapa. Ia berada di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringinl, sekitar 40 Km dari pusat kota Bondowoso. Keberadaanya tersembunyi di tengah perkebunan kopi milik warga. Jika kalian berkunjung saat musim panen, kalian bisa menjumpai warga yang sedang asyik memetik kopi.
  8. Air Terjun Gedong Plampang Bondowoso. Kecamatan Sumber wringin. Sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Gedong, kalian akan disuguhi hamparan sawah dengan latar Gunung Raung yang gagah berdiri, cocok menjadi tempat wisata di bondowoso paling diminati.
  9. Air Terjun Pelangi Bondowoso. Masih di Kecamatan Sumber wringin, tepatnya di Desa Suko Sawah atau masyarakat sering menyebutnya dengan (Kosabeh), terdapat salah satu tempat wisata di Bondowoso yang wajib dikunjungi. Jika Anda berkunjung ke air terjun Pelangi, pastinya Anda Butuhkan perjuangan dan tekad yang kuat untuk menuju tempat ini karena beratnya medan.
  10. Air Terjun Blawan Dengan Legenda Damar Wulan. Tempat wisata di Bondowoso yang satu ini Tidak jauh dari Air terjun Niagara mini kira-kira sekitar 1 km disana ada satu air terjun yang sama-sama berasal dari aliran sungai Kali Pahit yaitu Air terjun Blawan. Di air terjun ini kita tak bisa mandi di bawahnya karena debit airnya cukup deras. Namun kita masih dapat bersantai di pemandian air hangat yang sekaligus menjadi terapi bagi tubuh kita. Selain itu ada juga telaga pemandian Damar Wulan dan Goa Kapur yang konon dulunya adalah tempat pertapaan Damar Wulan ketika melawan minak jinggo.
  11. Air Terjun Gantongan Bondowoso. Air terjun ini Berasal dari air belerang kawah Ijen kemudian bertemu dengan aliran air terjun Niagara mini. Air terjun ini dinamakan gantongan karena air terjun ini menggantung diantara tebing cadas. Aliran air terjun gantongan berwarna agak kekuningan karena salah satu air terjun dari aliran kali pahit yang mengandung belerang.
  12. Air terjun Antokan Bondowoso. Inilah air terjun yang tak begitu tinggi, hanya sekitar 5 meter. Meski tidak begitu tinggi, air terjun ini memiliki kubangan air yang dapat kita pakai untuk berenang.
  13. Oase Tersembunyi Di Bondowoso Ini Disebut Air Terjun Solor. Terdapat satu tempat wisata di Bondowoso dengan pancaran keindahan alam yang patut Anda kunjungi. Air terjun Solor namanya, salah satu air terjun yang satu paket dengan Wisata Batu Megalitikum Solor.
  14. Air Terjun Polo Agung Bondowoso. Destinasi wisata ini terletak di desa sukorejo kecamatan sumber wringin, ± 40 km sebelah timur Kota Bondowoso. Air terjun ini terletak di areal perkebunan milik masyarakat, ini adalah tempat wisata yang yang baru dibuat dan dibangun pada tahun 2003 dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya kemudian dijadikan sebagai tempat wisata di Bondowoso.
  15. Bosamba Rafting Bondowoso. Arum jeram Bosamba merupakan tempat wisata di Bondowoso dengan objek pemandangan alam yang berada di kecamatan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso. Bosamba merupakan singkatan dari Bondowoso – Sampean Baru, bosamba rafting atau arum jeram disini bukan hanya dinikmati oleh masyarakat Bondowoso saja, akan tetapi dinikmati juga oleh para pecinta olah raga arum jeram dari daerah lainnya bahkan manca negara.
  16. Pemandangan Alam Arak Arak Bondowoso. Tempat wisata di Bondowoso yang satu ini merupakan obyek wisata alam yang terletak di jalur antara Surabaya – Bondowoso, tepatnya di desa Sumber Canting kecamatan Wringin dengan ketinggian ± 345 mdpl. Wisatawan dapat menikmati udara segar serta dapat melihat panorama alam yang menakjubkan. Wisatawan disini bisa singgah meskipun hanya menggunakan transportasi umum. Jika Anda yang melintasi jalur Surabaya – Bondowoso akan disuguhi satu pemandangan yang sangat menawan dengan udara yang segar dan nyaman.
  17. Pemandian Air Panas Damar Wulan Ternyata Ada Di Bondowoso. Pemandian air panas dan pemandian Damar Wulan ini terletak di desa Kalianyar, kecamatan Sempol yang berdekatan dengan air terjun Blawan dan pemandian air panas. Untuk mendatangi lokasi ketiga objek wisata itu dari patulding kawah ijen kurang lebih 30 menit perjalanan.
  18. Taman Pemandian Tasnan Bondowoso. Taman pemandian Tasnan terletak di desa Taman, kecamatan Grujugan tepatnya berjarak ± 8km dari kota Bondowoso. Pemandian ini memiliki keunggulan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung, selain itu juga mudah dikunjungi dengan menggunakan transportasi umum. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa sarana antara lain shelter, ruang ganti, musholla, panggung hiburan dan taman tempat beristirahat.
  19. Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit Bondowoso. Perkebunan kopi arabika Jampit merupakan agro wisata di Bondowoso yang dikelolah oleh PTP Nusantara VII Kalista Jampit. Perkebunan ini terletak 74 Km kearah timur kabupaten Bondowoso. Perkebunan ini memiliki luas 4000 hektar dan terletak pada ketinggian 900 M dari permukaan laut. Tempat wisata ini selain menawarkan suasana hijau dan sejuk, setiap pengunjung yang datang juga bisa menyaksikan secara langsung proses penggilingan hingga pengemasan kopi arabika sampai akan dipasarkannya.
  20. Wisata Alam Gunung Raung Bondowoso. Gunung Raung terletak di tiga wilayah kabupaten Bondowoso. Gunung ini terletak di ujung timur pulau Jawa ini memiliki ketinggian 3.332 mdpl dan memiliki kaldera dengan kedalaman 500 meter. Gunung Raung merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, kadang gunung ini mengeluarkan asap atau bahkan menyemburkan api sesekali. Letusan terbesar terjadi pada tahun 1638. Keeksotisan gunung ini terlihat dari Bali, tepatnya bila kita melihat di Pantai Lovina, Singaraja. Gunung Raung merupakan bagian dari komplek pegunungan Ijen dimana terdapat gunung Suket, gunung Pendil, gunung Rante, gunung Merapi dan Kawah Ijen.
  21. Kawasan Wisata Pegunungan Hyang Biasa Disebut Sebagai Puncak Gunung Argopuro. Gunung Argopura (bahasa Jawa gunung yang panjang) merupakan salah satu puncak tertinggi (3.008 mdpl) yang termasuk di dalam deretan pegunungan Hyang, yang terletak di kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Pegunungan Hyang berada diantara dua gunung besar lainnya yang ada di Jawa Timur, yakni gunung Raung disisi timur serta gunung Semeru di sisi barat. Pegunungan Hyang mempunyai kawasan hutan yang heterogen, terdiri dari hutan dipterokarp bukit, hutan dipterokarp atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.
  22. Bendungan Sampeyan Baru Bondowoso. Tempat wisata di Bondowoso yang satu ini bernama Bendungan sampean baru, terletak di desa tapen, kecamatan Tapen, termasuk bangunan kuno. Dibangun sejak tahun 1983, sampai saat ini bendungan masih berfungsi dengan baik. Untuk sampai ke bendungan Sampean Baru, hanya butuh 20 menit dari pusat kota dengan menempuh jarak sekitar 17 km melalui jalan raya menuju arah Situbondo. Jalan masuk menuju bendungan cukup membuat mata segar. Pasalnya hamparan lahan sawah dan perkebunan menghiasi sepanjang area masuk. Terlebih ketika sampai di lokasi DAM, tidak cukup dengan mengutarakan kata indah. Suasana sejuk, melihat aliran air sungai yang tenang, membuat otak dan badan jadi relaks.
  23. Situs Megalitikum Bondowoso. Sarkofagus adalah salah satu dari situs megalitikum yang lebih dikenal dengan nama keranda yang dibuat dari batu atau sejenis batu cadas. Berbentuk lesung atau palung, tetapi ada tutupnya. Fungsinya sama dengan kuburan batu/ dolmen. Sarkopage terdapat di beberapa desa antara lain desa Glinseran, kecamatan Wringin. Tepatnya ± 19 km kearah barat kota Bondowoso.
  24. Objek Wisata Taman Krocok. Taman Krocok merupakan wilayah kecamatan yang berada di utara kota Bondowoso. Hampir 50% wilayahnya terdiri dari perbukitan dan pegunungan. Pemandangan pegunungan merupakan salah satu kelebihan dari kecamatan Taman Krocok, keindahan pegunungannya bisa dijadikan alternatif pilihan objek wisata panorama alam selain wisata lainnya seperti Arung Jeram Bosamba (Bosamba Rafting).
  25. Desa Wisata Pertanian Organik Lombok Kulon Bondowoso. Sejak dimulai delapan tahun silam, kerja keras petani berbuah manis. Beras organik mereka disenangi eksportir. Bahkan, pertanian organik di desa itu dijadikan salah satu wisata di Bondowoso.

2 thoughts on “25 Tempat Wisata Di Bondowoso Paling Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *